Segudang Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan

by Ummi on August 21, 2015

Siapa yang tak suka dengan buah yang memiliki rasa eksotis dan berwarna hijau cerah ini? Selain rasanya yang enak, kamu juga bisa mendapatkan banyak manfaat kesehatan dari buah yang masuk kedalam keluarga berry ini. Mulai dari meningkatkan kekebalan tubuh, melancarkan pencernaan, hingga mencegah kerusakan DNA yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil & janin. Setelah kamu tahu apa saja kandungan gizi dari buah kiwi, alangkah baiknya kamu juga mengetahui segudang manfaat kesehatan dari buah kiwi pada ulasan berikut ini :

manfaat memakan buah kiwi

  • Membantu Sistem Pencernaan dengan Enzyme

Buah kiwi segar mengandung Actinadin, enzim pemecah protein yang bisa membantu mencerna makanan yang fungsinya mirip seperti enzim Papain yang terdapat pada Pepaya atau enzim Bromelain yang terdapat pada buah nanas.

  • Membantu mengatur tekanan darah

Kadar potasium yang tinggi pada kiwi bisa membantu menjaga elektrolit kita tetap seimbang dengan cara meredam efek dari sodium (garam).

  • Melindungi DNA dari kerusakan

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Collins, Horska dan Hotten menunjukkan bahwa kombinasi unik dari antioksidan yang terdapat pada buah kiwi membantu melindungi sel DNA dari kerusakan oksiditif. Bahkan beberapa ahli menyimpulkan kiwi juga bisa untuk mencegah kanker. Maka dari itu, buah Kiwi termasuk salah satu buah yang bermanfaat bagi nutrisi ibu hamil & janin.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah kiwi serta senyawa antioksidan lainnya, telah terbukti mampu meningkatkan sistem daya tahan tubuh.

  • Karbohidrat baik untuk menurunkan berat badan

Indeks kadar glikemik yang rendah dan kandungan seratnya yang tinggi, membuat Kiwi sangat ideal untuk menurunkan berat badan, karena tidak akan menciptakan lonjakan insulin yang tiba-tiba seperti halnya buah dengan kandungan gula tinggi yang lain. Sehingga, tubuh tidak akan meresponnya dengan menyimpannya sebagai lemak.

  • Meaikkan kesehatan pencernaan

Berhubung buah Kiwi merupakan sumber serat yang baik, memakan buah kiwi akan mencegah konstipasi (susah BAB), sembelit, dan masalah perut yang lain.

  • Membantu membersihkan racun

Kandungan serat dalam buah kiwi akan membantu mengikat dan menyingkirkan racun dari saluran pencernaan.

  • Membantu memerangi penyakit jantung

Memakan 2-3 buah kiwi sehari telah terbukti mampu mengurangi potensi pengentalan darah sebanyak 18 % dan mengurangi kadar triglesirida sebanyak 15 %. Banyak orang meminum aspirin untuk mengurangi pengentalan darah, namun hal ini akan menyebabkan beberapa efek samping termasuk peradangan dan pendarahan usus. Padahal, buah kiwi memiliki manfaat anti pengentalan darah yang sama dengan tanpa adanya efek samping.

  • Sangat cocok untuk penderita Diabetes

Indeks glikemik pada buah kiwi masuk kedalam kategori ‘rendah’, berarti tidak akan menaikkan kadar gula dalam darah dengan cepat (secara tiba-tiba). Indeks glikemiknya berada pada angka 4, yang berarti aman bagi penderita Diabetes.

  • Melindungi dari penyakit degenerasi makula dan masalah mata yang lain

Degenerasi makula merupakan penyebab utama hilangnya penglihatan pada orang yang sudah lanjut usia. Sebuah studi yang dilakukan pada lebih dari 110.000 pria dan wanita menunjukkan bahwa memakan 3 atau lebih sajian buah kiwi setiap hari terbukti mengurangi degenerasi makula hingga sebanyak 36 %. Hal ini mungkin terkait dengan buah kiwi memiliki kadar Lutein dan Zeaxanthin yang tinggi, yang keduanya merupakan senyawa alami yang juga ditemukan pada mata manusia.

  • Sangat bagus bagi kulit

Kiwi juga merupakan sumber vitamin E yang bagus, sebuah antioksidan yang diketahui mampu melindungi kulit dari degenerasi atau penuaan.

  • Menciptakan keseimbangan alkali

Buah kiwi termasuk kategori buah yang paling banyak mengandung ‘alkali’, yang berarti ia memiliki pasokan mineral yang kaya yang berfungsi untuk mengganti kelebihan makanan asam yang banyak dikonsumsi orang-orang. Manfaat lain dari tubuh yang memiliki kadar alkali yang seimbang  adalah: kulit yang tetap muda, tidur yang lebih nyenyak, energi fisik yang melimpah, jarang terserang flu, memiliki sedikit kemungkinan terserang asam urat, dan osteoporosis yang berkurang.

  • Memiliki rasa dan tampilan menarik untuk variasi makanan

Bukan rasanya saja yang enak, namun penampilan buah kiwi juga sangat cantik. Tak heran jika semua orang menyukainya, bahkan anak-anak juga, karena bentuknya sangat berbeda dari buah yang lain. Untuk mendapatkan keseimbangan gizi, sangat baik jika kita memakan berbagai macam variasi makanan. Setiap makanan memiliki keunikan dan kekuatan sendiri-sendiri.

  • Benar-benar alami dan organik

Buah kiwi masuk kedalam daftar buah yang secara umum aman dari banyaknya residu pestisida. Di tahun 2012 yang lalu, kiwi masuk dalam jajaran ‘10 makanan teraman’.