≡ Menu
werno-werno.com

Segudang Manfaat & Khasiat Pare Bagi Kesehatan

Pernah makan yang namanya sayur pare? Kalau iya, tentu sensasi yang dirasakan saat memakannya adalah sangat pahit dan getir bukan? Tapi jangan keburu ogah dulu untuk makan sayur pare. Karena nutrisi yang terkandung pada sayuran berwarna hijua satu ini sangatlah banyak, termasuk protein, karbohidrat, kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, mangan, folat, vitamin A & C, dan beberapa jenis vitamin B.

manfaat pare

Selain itu, pare juga mengandung jumlah serat makanan yang cukup banyak dan rendah kalori. Pare juga memiliki asam linoleat (asam lemak omega-6) dan asam oleat (lemak tak jenuh). Pare biasanya diolah dengan cara ditumis, dijadikan sayur, dijadikan jus atau smoothie, atau dibuat kare. Bahkan ada juga yang kreatif dengan menjadikannya sebagai keripik pare goreng.

Apalagi, dibalik rasanya yang pahit dan getir, ternyata ada segudang manfaat yang bisa kita ambil dari buah pare, diantaramya sebagai berikut :

Mengontrol Diabetes

Pare bisa membantu mengontrol diabetes karena memiliki efek untuk menurunkan glukosa darah. Pare memiliki tiga bahan aktif dengan properti anti-diabetik, meliputi charantin, vicine, dan polypeptide-p. Ketiga bahan ini akan membantu meningkatkan sekresi insulin pancreas dan mencegah resistensi insulin, membuat sayur yang juga disebut dengan bitter melon sangat bermanfaat untuk diet penderita Diabetes baik tipe 1 atau 2.

Menurut penelitian yang diterbitkan pada tahun 2011 di Journal of Ethnopharmacology, mengonsumsi pare sebanyak 2000 mg per hari secara signifikan mengurangi kadar glukosa darah dikalangan penderita Diabetes tipe 2. Untuk itu, kamu bias meminum ½ hingga 1 gelas jus sayur pare pada saat perut masih kosong setiap pagi. Kamu juga bisa menyertakan salah satu resep yang terbuat dari pare dalam menu makanan sehari-harimu.

Catatan : jangan lupa untuk tetap meminum obat-obatan diabetes seperti yang telah diarahkan oleh dokter, dan selalu pantau kadar gula darahmu.

Memurnikan darah

Pare juga bias bekerja sebagai pemurni darah alami. Darah kotor bisa menyebabkan munculnya beberapa gejala seperti sakit kepala yang terus-terusan, alergi, kelelahan, dan lemahnya system kekebalan tubuh. Sayur pare membantu membersihkan atau mendetoksifikasi ketidakmurnian dalam darah. Hal ini akan membantu dalam proses pengobatan penyakit gangguan darah seperti bisul berdarah dan gatal-gatal akibat pengaruh toksemia. Dan bahkan menanamkan efek ‘berkilau’ pada kulit dan menjaga kulit terbebas dari masalah seperti jerawat, psoriasis, dan eksim. Tambahkan sedikit perasan lemon dan madu ke dalam segelas jus pare segar. Teguk dengan perlahan pada saat perut masih kosong setiap hari selama 6 bulan.

Mendukung kesehatan liver

Pare juga memiliki khasiat hepatik, yang membuatnya sangat bermanfaat bagi kesehatan liver. Pare akan meningkatkan fungsi penyaringan dari liver (hati), sehingga membantu membersihkan darah kotor, dan membantu menghilangkan toksin / racun berbahaya dari hati. Liver yang berfungsi dengan baik akan mengurangi resiko obesitas, penyakit kardiovaskular, kelelahan kronis, sakit kepala, masalah pencernaan, dan masalah kesehatan yang lain. Minumlah segelas jus pare setidaknya satu kali sehari untuk menjaga livermu tetap sehat.

Menurunkan kolesterol

Sayuran yang menyehatkan ini juga bisa membantu menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat). Selain itu, kandungan fitonutrien dan antioksidannya membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik) dan meningkatkan rasio LDL/ HDL mu. Kadar kolesterol jahat yang rendah, secara otomatis akan mengurangi resiko serangan jantung, penyakit jantung, dan stroke. Sertakan sayur pare dalam menu makananmu atau minum suplemen pare setelah berkonsultasi dulu dengan dokter.

Meningkatkan system imun

Asupan teratur dari pare juga bisa membantu memperkuat system kekebalan tubuhmu dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan penyakit. Sifat antioksidannya bekerja sebagai mekanisme pertahanan yang kuat dalam melawan penyakit. Pare juga bahkan mampu melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas yang mengganggu system imun tubuh.

Untuk itu, selalu sertakan pare dalam menu makananmu untuk mencegah dari terkena penyakit serius. Kamu juga bias meminum 1-2 gelas teh pare setiap hari untuk meningkatkan system kekebalanmu. Untuk membuatnya, seduh 4-5 irisan pare ke dalam air panas selama 5 menit.

Melindungi dari kanker

Manfaat kesehatan lain dari sayur pare berasal dari sifat anti kankernya. Antioksidan didalamnya membantu melawan kerusakan radikal bebas yang bisa menyebabkan berbagai jenis kanker. Pare juga berguna untuk membantu mengurangi resiko kanker servik, prostat, dan payudara. Para peneliti telah menganalisa adanya aktivitas anti tumor dari pare dalam sebuah studi di tahun 2010 yang terbit di jurnal Pharmaceutical Research.

Mereka menyimpulkan bahwa produk yang terkait dengan pare bisa menginduksi penangkapan siklus sel dan apoptosis tanpa mempengaruhi pertumbuhan sel yang normal. Hal ini akan membantu penyembuhan berbagai jenis kanker yang berbeda. Untuk itu, rajinlah mengkonsumsi makanan yang berbahan pare atau minum jus pare secara teratur.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

1 comment… add one

Leave a Comment