≡ Menu
werno-werno.com

Tanda Dan Gejala Kanker Paru-paru

Kanker paru-paru adalah salah satu kanker paling mematikan terbesar di Amerika Serikat dan berbagai Negara lain di dunia. Kanker ini diakibatkan oleh adanya tumor yang tumbuh di paru-paru, sehingga mengurangi kapasitas ruang paru-paru dan mempengaruhi pernafasan. Penyebab utama dari kanker ini adalah merokok, namun juga bisa terjadi akibat dari merokok passif (terkena asap rokok terus menerus) atau terpapar polusi udara.

Kanker paru-paru juga akan muncul sebagai akibat dari kanker dari bagian tubuh lain yang menyebar dan mencapai kelenjar getah bening, sehingga sel-sel kanker menyebar di seluruh tubuh dan menyebabkan tumor di bagian tubuh lain.Sebenarnya ada dua jenis kanker paru-paru, yakni – kanker paru-paru sel kecil, dan kanker paru-paru non-sel kecil. Agar kamu bisa lebih waspada, berikut adalah beberapa tanda dan gejala kanker paru-paru yang paling umum :

Batuk berkepanjangan

Hal pertama kali yang akan kamu perhatikan adalah bahwa kamu tidak akan bisa berhenti batuk. Ini bukan batuk biasa yang mungkin kamu alami bersamaan dengan pilek atau flu, tapi batuk ini adalah batuk yang mendalam, kronis yang datang dari dalam dada. Ini akan terdengar serak dan secara terus menerus akan terjadi. Kamu akan merasa seperti tidak akan terbebas dari batuk, akan terasa kering dan sangat tidak nyaman setiap kali kamu melakukannya. Seiring waktu, hal itu juga dapat membuat nyeri yang menyerang di dada.

Sesak napas

Efek bahwa kanker paru-paru ada pada pernapasanmu, cukup signifikan. Seiring massa tumor terus tumbuh, maka ia akan membatasi jumlah udara yang bisa disimpan di paru-paru – dan juga mempengaruhi kapiler sekitarnya yang mengambil udara dari paru-paru dan menyebarkannya ke seluruh tubuh. Kamu akan mulai merasa sesak napas ketika kamu hanya memaksakan diri sedikit saja, dan dalam beberapa kasus, kamu akan merasa sesak napas bahkan ketika duduk dan santai.

Dalam kasus ekstrim, kamu akan merasa benar-benar terengah-engah setelah mendaki beberapa anak tangga, dan kadang-kadang merasa seperti kamu tidak bisa bernapas sama sekali. Seiring dengan berjalannya waktu, gejala ini akan lebih buruk dan lebih buruk lagi, sehingga penting agar kamu menghubungi dokter segera setelah kamu mulai melihat gejala seperti ini.

Sakit kepala

Tampaknya sedikit aneh bagi sebagian orang, tetapi kanker paru-paru sebenarnya dapat menyebabkan sakit kepala. Dalam beberapa kasus, ini berarti kanker telah menyebar ke otak, tetapi seringkali itu hanya berarti bahwa tumor di paru-paru telah mulai menempatkan tekanan pada vena cava superior. Ini adalah vena yang lebih besar yang bertugas mengambil darah dari jantung ke bagian atas tubuh, termasuk otak. Ketika tumor menempatkan tekanan pada vena ini, maka akan menghilangkan otak dari semua oksigen yang dibutuhkan, menyebabkan migrain dan sakit kepala.

Sakit tulang

Kanker paru-paru, seperti banyak jenis kanker lainnya, dapat menyebabkan rasa sakit pada tulang. Ini tidak selalu berarti bahwa kanker telah menyebar ke tulang, tapi dapat disebabkan oleh peradangan dan tekanan yang ditempatkan pada tulang yang berbeda di seluruh tubuh. Secara khusus, orang-orang dengan kanker paru-paru sering mengeluh nyeri di tulang rusuk, bahu, lengan dan leher. Jika kamu mengalami rasa sakit ini, sangat penting kamu berbicara dengan dokter tentang hal tersebut. Kamu dapat meminum resep obat untuk membantu mengurangi rasa sakit ini bahkan ketika kamu akan melalui pengobatan kanker.

Perubahan berat badan

Ini umum bagi orang dengan kanker paru-paru mengalami perubahan cukup dramatis dalam berat badan mereka. Aturan umum adalah bahwa jika kamu melihat perubahan dalam berat badan lebih dari 10 pound, maka pasti ada sesuatu yang salah. Ini seharusnya tidak terjadi jika kamu tidak merubah diet atau latihan rutin secara signifikan. Perubahan berat badan dapat terjadi sebagai akibat dari cara tubuh menggunakan energi dari makanan. Jika kamu melihat perubahan berat badan yang tampaknya tak bisa dijelaskan, ini bisa menjadi tanda peringatan awal kanker, dan kamu harus berbicara dengan dokter secepat mungkin.

Suara serak

Seperti halnya batuk, kamu mungkin akan menyadari bahwa suaramu menjadi serak. Nada suaramu akan jauh lebih dalam dan berat, dan kamu bahkan mungkin merasa sulit untuk menaikkan suaramu. Tenggorokanmu akan menjadi sakit dan suaramu bisa menjadi pelan. Ini adalah hasil dari tumor yang merusak saraf yang mengontrol kotak suara, yang berarti tidak hanya akan terdengar serak, tapi seluruh suaramu bisa berubah cukup drastis.

Mengi

Puncak dari perjuanganmu untuk bernapas, kamu mungkin mulai mengi. Hal ini akan terjadi karena saluran udaramu menjadi lebih dan lebih terbatas dan terhambat. Dikombinasikan dengan peradangan yang disebabkan oleh kanker itu sendiri, maka menjadi lebih dan lebih sulit untuk bernapas. Mengi terjadi ketika udara seperti melewati lubang ketat yang mulai bersiul ketika kamu bernapas. Gejala ini dapat dilegakan dan mereda dengan menggunakan obat, tetapi pengobatan kanker yang serius akan diperlukan untuk menyingkirkan mengi seluruhnya.

0 comments… add one

Leave a Comment