Tanda Dan Gejala Tubuhmu Dihinggapi Cacing Parasit

by Ummi on December 27, 2016

Membayangkan ada parasit yang melekat di tubuh saja sudah cukup menakutkan, namun anehnya, banyak orang memiliki parasit di tubuh mereka namun mereka tidak menyadarinya. Parasit adalah mikroorganisme yang hidup menumpang di organisme yang lain. Dan setiap orang bisa saja di hinggapi parasit, dan itu jauh lebih umum daripada yang kamu pikir selama ini.

Beberapa parasit dapat menyebabkan penyakit secara langsung, sementara yang lain menyebabkan penyakit melalui racun yang mereka hasilkan. Ada beberapa jenis parasit yang hidup di dan makan dari tubuhmu. Beberapa diantaranya menggantungkan hidup pada makanan yang kamu konsumsi, beberapa yang lain melahap sel darah merah dan beberapa yang lain bahkan hingga bertelur dalam tubuhmu.

Beberapa jenis parasit yang umum dapat menghinggapi tubuhmu adalah cacing kremi, lambia, cacing tambang, cacing pita, trichinella, dan fragilis dientamoeba.

Mereka biasanya memasuki tubuh melalui kulit atau mulut. Seseorang bisa dihinggapi parasit karena beberapa alasan, termasuk paparan di daerah yang memiliki parasit, bepergian ke tempat-tempat yang memiliki infestasi parasit, asupan air atau makanan yang terkontaminasi, sanitasi yang buruk, kebersihan yang buruk dan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Kontak terlalu dekat dengan hewan peliharaan juga dapat menyebabkan hinggapnya parasit. Berhubung parasit memiliki rupa, bentuk dan ukuran yang berbeda, mereka menyebabkan tanda-tanda dan gejala dengan rentang yang sangat luas.

Berikut adalah tanda dan gejala tubuhmu dihinggapi cacing parasit :

Masalah pencernaan kronis

Hinggapnya parasit usus dapat menyebabkan peradangan dan menghancurkan dinding saluran usus dari saluran cerna, yang menyebabkan diare kronis. Sebuah studi 2015 yang diterbitkan dalam Journal of Biology, Agriculture and Healthcare menekankan pentingnya skrining parasit usus rutin untuk meningkatkan tingkat diagnostik diare parasit dan meningkatkan strategi pengobatan dan pencegahan diare pada anak-anak dengan gizi buruk akut.

Bahkan limbah beracun yang dihasilkan oleh parasit dapat menyebabkan sembelit kronis, gas, kembung, mual dan sensasi terbakar di perut. Jika kamu sudah makan makanan tinggi serat dan makanan yang sangat alkali setiap hari dan masih mengalami diare atau masalah pencernaan lainnya, pertimbangkan untuk melakukan pembersihan parasit.

Sakit perut

Masalah perut lain yang disebabkan oleh parasit adalah sakit perut. Parasit yang berada di wilayah atas usus kecil menyebabkan peradangan dan iritasi di daerah ini. Hal ini menyebabkan perasaan kembung dan nyeri di perut. Plus, parasit bahkan dapat menghambat aliran dari produk limbah keluar dari tubuh, yang dapat menyebabkan nyeri di daerah perut bagian atas.

Sakit perut utamanya terkait dengan hinggapnya cacing gelang, cacing kremi, cacing tambang atau cacing pita di usus. Sebuah studi 1986 yang diterbitkan dalam Singapore Medical Journal menemukan bahwa infestasi cacing tambang merupakan penyebab utama perut tidak nyaman, terutama di kalangan orang dewasa yang baru saja bepergian ke luar negeri. Jika kamu memiliki sakit perut mendadak yang parah dari waktu ke waktu, maka biarkan dirimu diperiksa oleh dokter.

Anus gatal

Gatal di sekitar anus adalah tanda lain dari infeksi parasit. Utamanya mereka yang menderita cacing kremi sering mengeluh gatal-gatal atau ketidaknyamanan di daerah dubur. Gatal di sekitar anus sering terjadi di malam hari ketika cacing kremi betina bertelur.

Rasa gatal tersebut disebabkan oleh cacing kremi betina yang bermigrasi untuk bertelur di sekitar anus. Baik cacing kremi betina yang bermigrasi serta gumpalan telurnya, sama-sama menjengkelkan dan menyebabkan gatal-gatal, sensasi geli atau bahkan nyeri akut. Jika orang yang terkena cacing kremi menggores daerah tersebut, maka kulit bisa robek dan meningkatkan risiko infeksi bakteri sekunder.

Karena gatal biasanya terjadi pada malam hari, hal itu mengakibatkan gangguan tidur dan rasa gelisah. Jika kamu merasakan gatal di sekitar anus pada malam hari selama lebih dari dua minggu dan tanpa ada tanda-tanda ruam, konsultasikan dengan dokter.

Lelah & lesu

Kelelahan juga bisa menjadi gejala dari hinggapnya parasit. Hal ini terutama terkait dengan cacingan yang menguras nutrisi penting tubuh dengan cara melahap makanan yang kamu makan. Malabsorpsi (kegagalan penyerapan) vitamin, mineral, lemak dan karbohidrat dapat membuat tubuh menjadi lemah, membuatmu merasa lesu, lelah, tertekan dan dengan perasaan apatis umum. Hal ini dapat menyebabkan kelelahan pada tingkat mental, fisik dan emosional.

Plus, kelebihan sisa metabolisme beracun yang dihasilkan oleh parasit menyebabkan organ agar bekerja lebih keras untuk menghilangkan produk-produk limbah ini. Hal ini juga menyebabkan kelelahan, energi rendah, lesu dan lemah berlebihan. Jika kamu mengalami kelelahan tak henti-hentinya bahkan setelah makan dan tidur dengan baik, berkonsultasilah dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Perubahan dalam selera makan dan turunnya berat badan

Jika kamu melihat adanya perubahan mendadak dalam nafsu makan, terutama peningkatan nafsu makan, mungkin karena adanya parasit dalam tubuhmu. Bahkan, nafsu makan meningkat dikombinasikan dengan penurunan berat badan sering terlihat pada kasus menempelnya cacing pita atau cacing kremi.

Hal ini terjadi karena parasit mengkonsumsi sejumlah besar makanan yang dimakan oleh orang yang terinfeksi, sehingga membuat orang tersebut merasa lapar lebih sering dari biasanya. Juga, orang yang terinfeksi mungkin melihat rasa lapar di pagi hari yang kuat dan mungkin tidak pernah merasa puas atau kenyang setelah makan makan. Jika kamu mengalami penurunan berat badan dengan peningkatan nafsu makan, konsultasikan dengan doktermu.

Stres mental

Hinggapnya parasit bahkan dapat menyebabkan perubahan suasana hati, depresi, kecemasan dan juga halusinasi visual. Seringkali, gejala-gejala ini dipasangkan dengan masalah pencernaan. Usus mengandung baik neuron dan neurotransmiter (khusus serotonin), yang penting untuk sistem saraf enterik yang sehat.

Racun sisa metabolisme yang dihasilkan oleh parasit yang berada dalam usus dapat menyerang neuron dan neurotransmiter, menyebabkan kegelisahan, kecemasan, perubahan suasana hati dan bahkan depresi. Juga, para ilmuwan percaya bahwa peradangan dalam usus dapat menyebabkan peradangan di otak dan sebaliknya. Jika kamu tiba-tiba memiliki perubahan suasana hati atau perasaan tertekan, konsultasikan dengan dokter untuk menyingkirkan kemungkinan adanya parasit.