Tanda Penuaan Dini

by Siti Eka Kurniyati on December 9, 2015

Menjadi tua memang akan menjadi takdir bagi semua orang yang tidak bisa dihindari. Tapia pa jadinya jika kamu tua sebelum waktunya? Maksudnya adalah di usia kamu yang terbilang muda kamu malah terlihat lebih tua?

tanda penuaan dini pada kulit wajahItulah yang dimaksud dengan penuaan dini, dimana di usia muda telah menampakkan tanda-tanda penuaan lebih awal. Apa saja tanda penuaan dini itu? Perhatikan ulasan tanda penuaan dini berikut ini.

Keriput / Kerutan

Hal pertama yang terlintas di pikiranmu saat mendengar kata tua mungkin adalah keriput atau kerutan. Memang benar jika salah satu tanda penuaan dini adalah keriput. Keriput akan Nampak pada bagian bawah mata dan ujung mata serta daerah dahi dan alis juga bagian lainnya. (baca : cara mencegah dan mengurangi keriput)

Pigmentasi Kulit

Pigmentasi kulit bisa berupa berubahnya warna kulitmu menjadi pucat, menghitam atau kusam atau bisa juga dengan munculnya flek hitam di sebagian kulit tubuh terutama wajah. Selain wajah, pigmentasi penuaan dini juga serong terjadi pada daerah dahi, bahu dan tangan. (baca : cara mengatasi pigmentasi kulit)

Mata Panda (Kantung Mata dan Lingkaran Hitam)

Wajahmu akan terlihat kusam dan tua apabila matamu memiliki kantung mata dan lingkaran hitam mata panda. Masalah ini terjadi karena pembuluh kapiler kecil yang bocor sehingga darah mengalami oksidasi dan menjadi gelap. Kulit yang ada di bawah mata memang tipis sehingga warna hitam atau gelap akan tampak jelas di bagian tersebut. (baca : cara menghilangkan kantung mata dan menghilangkan lingkaran hitam pada mata)

Kulit Kering dan Tidak Kenyal (Kendur)

Apabila kamu sudah menggunakan pelembab namum kulitmu tetap kering dan kendur kamu perlu waspada! (baca : tips memilih pelembab yang tepat) Bisa jadi kamu mengalami tanda penuaan dini. (baca : tanda kulit kering dan cara mengatasi kulit kering).

Garis tertawa

Garis tertawa adalah garis yang muncul di sekitar mata dan pipi yang terjadi karena peregangan otot saat kita tertawa. Garis tertawa akan terlihat saat kamu mengernyitkan mata.

Pori-Pori Membesar

Tanda penuaan dini selanjutnya adalah pori yang membesar. Pori yang membesar bisa menyebabkan tertumpuknya sel kulit mati hingga wajah jadi tampak kusam. (baca : cara mengelupas sel kulit mati)

Tumpukan Lemak

Perhatikan daerah lengan dan perutmu, apakah terlihat ada lemak yang menumpuk. Bisa jadi hal tersebut merupakan salah satu tanda penuaan dini. Lemak yang menumpuk terjadi karena proses metabolism yang berjalan lambat sehingga pembakaran lemak menurun. (baca : cara membakar lemak dengan cepat)

Mudah Lelah dan Sering Lupa

Tidak melakukan aktifitas berat namun mudah lelah? Sering lupa menaruh barang atau suatu hal? hal tersebut terjadi karena menurunnya aktifitas otak yang menjadi salah satu penanda penuaan dini.

Itu dia tadi 8 tanda penuaan dini yang perlu kamu waspadai. Jika kamu ingin mencegah penuaan dini, konsumsi makanan yang dapat mencegah penuaan dini, apa saja makanan yang dapat mencegah penuaan dini? Baca disini.