Tanda peringatan serangan jantung yang tidak boleh diabaikan

by Ummi on January 4, 2015

Kamu perlu tahu, bahwa setiap sekitar 34 detik, penduduk Amerika Serikat terkena serangan jantung, berdasarkan laporan dari Asosiasi Jantung Amerika (AHA). Banyak orang bisa selamat dari kejadian tersebut dan bisa kembali bekerja serta menikmati kehidupan yang normal. Namun di sisi lain, fakta bahwa serangan jantung adalah salah satu penyebab umum dari kematian mendadak di setiap tahunnya, juga tidak bisa kita anggap enteng.

Tanda peringatan serangan jantung yang tidak boleh diabaikan

Serangan jantung akan terjadi saat aliran darah ke jantung berhenti mengalir dengan semestinya, sehingga otot-otot jantung menjadi terluka akibat tidak menerima pasokan oksigen yang cukup. Ada beberapa tanda peringatan dari serangan jantung yang bisa kamu gunakan untuk membantu mencegah kerusakan yang lebih parah, diantaranya sebagai berikut :

  1. Nyeri dada secara tiba-tiba

Seseorang mungkin mengalami nyeri dada secara mendadak atau rasa tidak nyaman yang terjadi terutama di bagian tengah atau sisi kiri dari dada. Rasa nyeri atau tidak nyaman tersebut biasanya akan berlangsung selama beberapa menit atau terasa datang dan pergi. Mungkin juga ada orang yang merasa dadanya seperti di tekan, sesak, atau di remas. Seringkali orang-orang mengira bahwa apa yang sedang mereka alami adalah mulas/ gangguan pencernaan.

  1. Rasa tidak nyaman di tubuh bagian atas

Beberapa orang mungkin merasakan semacam ketidak nyamanan di tubuh bagian atas. Mungkin akan terasa nyeri di salah satu atau kedua lengan, punggung, bahu, leher, atau perut bagian atas.

  1. Nafas pendek (tersengal-sengal)

Beberapa yang lainnya bahkan akan merasa kesulitan bernafas atau nafasnya pendek-pendek akibat perasaan sesak atau sempit di bagian dada. Ini mungkin akan terjadi sebelum atau besamaan dengan rasa nyeri di dada, baik saat sedang istirahat atau melakukan aktivitas fisik.

  1. Pusing

Ada juga yang mungkin akan mengalami pusing atau sakit kepala yang hebat.

  1. Keringat dingin

Bisa juga seseorang akan mengeluarkan keringat dingin tanpa ada alasan yang jelas.

Tanda-tanda kemungkinan lainnya dari serangan jantung adalah seperti merasa lelah tanpa ada alasan, mual, muntah, kecemasan yang intens, gelisah, perasaan takut mati,  atau perasaan yang umum dirasakan orang yang tidak sehat. Tanda-tanda peringatan tersebut bisa berbeda-beda antara satu orang dengan orang yang lain. Faktanya, tanda-tanda tersebut bisa bervariasi, sehingga banyak orang bahkan tidak menyadari bahwa mereka menderita gejala serangan jantung. Di samping itu, nyeri dada mungkin bukanlah satu-satunya gejala yang paling kentara bagi wanita. Karena justru kebanyakan wanita lebih banyak mengalami gejala lain seperti ketidak nyamaan pada perut seperti gangguan pencernaan, kegelisahan yang tidak wajar, tekanan atau nyeri di leher, bahu, atau punggung bagian atas, dan lainnya.

Beberapa orang akan berada pada resiko terkena serangan / penyakit jantung yang lebih tinggi jika mereka mempunyai beberapa faktor berikut ini :

  • usia lanjut
  • tingkat darah yang abnormal
  • tekanan darah tinggi
  • konsumsi alcohol yang berlebihan
  • menggunakan kokain atau amphetamine
  • diabetes
  • obesitas
  • penyakit ginjal yang kronis
  • kurang olahraga
  • merokok

Ada baiknya jika kamu mengalami gejala-gejala di atas untuk segera konsultasi ke dokter ahli. dan jangan lupa, makan makanan yang menyehatkan bagi jantung.

.