Tanda-tanda & Efek Negatif Akibat Kurang Tidur

by Ummi on February 20, 2014

Banyak pekerjaan, sering lembur, begadang ataupun nonton bola merupakan kegiatan yang tentunya membuat seseorang menjadi kurang tidur. Memang efek negatif dari akibat kurang tidur ini tidak langsung bisa dirasakan. Namun, bila hal ini berjalan terus-terusan akan sangat mengganggu kesehatan, seperti terjadinya penyakit kelelahan dan lainnya. Berikut ini hal-hal yang harus diketahui bagi kamu yang kurang tidur malam sebagaimana dilansir dari blogging.co.id;

Tanda-tanda & Efek Negatif Akibat Kurang Tidur

Akibat Kurang Tidur

  • Terganggunya konsentrasi

Saat kita kurang tidur membuat badan dan mata terasa lelah, akibatnya membuat kita kehilangan daya konsentrasi. Apalagi jika kita sedang bekerja, atau sedang belajar yang membutuhkan konsentrasi tinggi, tentunya hal ini akan sulit dicapai.

  • Menurunnya daya ingat

Hal ini erat kaitannya dengan daya konsentrasi. Ketika kita tidak bisa konsentrasi tentunya otak akan kesulitan mencerna pa yang kita kerjakan atau pelajari sehingga secara otomatis otak tidak bisa merekam dengan sempurna apa yang kita lakukan.

  • Peningkatan berat badan

Orang yang kekurangan tidur, ia pasti akan terasa lapar dan membuat pola makan tidak teratur. Karena yang biasanya tidak makan malam, jadi makan malam akibat sedang lembur atau melakukan aktivitas lainnya. Hal ini bisa berakibat naiknya berat badan atau obesitas karena pola makan tidak terkontrol secara benar.

  • Mudah stres

Orang yang kurang tidur rentan dilanda stres dengan sebab kadang yang tidak jelas. Ia akan mudah marah, murung dan mudah tersinggung. Dengan isitrahat dan tidur yang berkualitas merupakan solusi utama untuk menghilangkan stres.

  • Lingkaran di area mata

Kantung mata, atau sering disebut dengan mata panda biasa muncul bagi seseorang yang kurang tidur. Hal ini karena terjadi kekurangan kelembaban akibat porsi tidur yang tidak cukup

Tanda-tanda Kurang Tidur

Efek dari kurang tidur memang tidak secara langsung bisa diketahui, namun seseorang yang kurang tidur akan terlihat dengan tanda-tanda sebagai berikut;

  • Saat naik sepeda motor atau mobil kehilangan konsentrasi. Tiba2 mengantuk saat naik kendaraan, secara otomatis akan kehilangan konsentrasi.
  • Mudah lupa terhadap sesuatu
  • Tidur panjang di akhir pekan. Ketika tubuh mulai kehilangan daya karena aktivitas hari sebelumnya yang full, maka tubuh akan membutuhkan tidur yang cukup lama.

.