Tanda-tanda Kamu Memiliki Alergi Makanan

by Ummi on March 10, 2017

Jika kamu adalah salah satu dari anak-anak yang beruntung berhasil melewati masa kanak-kanaknya tanpa alergi makanan, maka kamu mungkin merasa bahwa kamu sudah aman sekarang karena kamu sudah dewasa. Meskipun sebagian besar alergi makanan mulai terjadi di masa kecil, itu tidak biasa bagi orang dewasa untuk tiba-tiba bereaksi terhadap makanan yang sebelumnya mereka makan tanpa ada masalah. Namun jangan salah ! : Salah satu studi menemukan bahwa setidaknya 15% dari orang-orang dengan alergi makanan mengembangkan mereka untuk pertama kalinya antara usia 18 dan 86 tahun.

Sementara itu, kelaziman alergi makanan pada orang dewasa tampaknya menjadi meningkat. “Kami tidak benar-benar memahami mekanismenya, tetapi ada sesuatu yang memicu sistem kekebalan tubuh untuk memiliki reaksi abnormal terhadap satu atau lebih protein dalam makanan,” kata Sujan Patel, MD, asisten profesor penyakit menular dan imunologi dan pediatri di NYU Langone Medical Center.

Ketika sistem kekebalan tubuh merespon dengan cara ini, gejalanya biasanya menyerang dengan cepat, seringkali dalam beberapa menit setelah makan makanan yang memicu alergi(kerang dan pohon kacang-kacangan adalah pemicu yang paling umum pada orang dewasa), meskipun mereka kadang-kadang memakan waktu hingga dua jam untuk berkembang. Tanda yang paling terkenal dari alergi makanan adalah ruam dan gatal, tetapi menurut Patel sering ada konstelasi gejala lain yang dapat terjadi di seluruh tubuh. Berikut adalah gejala-gejala lain dari alergi yang perlu diwaspadai :

Masalah pencernaan

Setelah kamu terkena protein makanan yang mana sistem kekebalan tubuhmu secara keliru berpikir bahwa itu berbahaya, maka ia akan melepaskan antibodi dan zat kimia lain yang disebut antihistamin untuk membantu mengusir “penyerbu” dari tubuhmu. Gejala yang kamu alami tergantung pada tempat di mana tubuhmu melepaskan histamin. Jika itu dilepaskan di kulit, misalnya, maka kamu dapat mengalami gatal-gatal, kemerahan, bengkak, atau ruam. Jika itu dirilis pada saluran pencernaan, hal ini dapat menyebabkan gejala seperti mual, diare, sakit perut, dan muntah.

Ketika gejala masalah pencernaan terjadi, itu dapat mudah disalah artikan bahwa mereka adalah gejala flu atau keracunan makanan, kata Patel. Salah satu tip untuk mengetahui jika itu alergi makanan : Muntah atau kram sering juga disertai dengan gejala non pencernaan lain yang terkait, seperti tenggorokan gatal atau pembengkakan bibir. Jika kamu mencurigai kamu mungkin mengalami gejala alergi makanan, maka penting untuk mencari perawatan medis. Bahkan meski jika gejala yang kamu alami relatif ringan, kamu tidak dapat memprediksi apakah mereka akan menjadi lebih parah atau berpotensi mengancam jiwa selama episode berikutnya. Plus, ada beberapa bukti bahwa reaksi alergi pada orang dewasa cenderung lebih parah.

Bersin dan hidung tersumbat

Hal itu mungkin diduga tampak seperti kamu akan mengalami pilek, tapi bersin, hidung meler, dan hidung tersumbat yang tampaknya datang setelah makan makanan tertentu dapat memberi sinyal alergi makanan. Alasannya sederhana : Histamin sedang dirilis di saluran pernapasanmu. Lidahmu mungkin juga membengkak, atau kamu mungkin melihat adanya rasa logam di mulutmu.

Mulut dan tenggorokan yang gatal dan menggelitik

Jadi gejala yang disebut “oral allergy symptom” ini terjadi ketika seseorang yang alergi terhadap serbuk sari memakan buah atau sayuran yang mengandung protein yang serupa. Ini adalah jenis yang paling umum dari alergi makanan dewasa, dan gejalanya cenderung terbatas pada mulut dan tenggorokan, kata Wayne G. Shreffler, MD, PhD, direktur pusat alergi makanan di Rumah Sakit Umum Massachusetts. Misalnya, orang yang alergi terhadap serbuk sari birch dapat mengembangkan reaksi kepada sekelompok kacang-kacangan dan buah-buahan terkait seperti almond, hazelnut, apel, dan buah yang berbintik-bintik. Mereka yang alergi terhadap ragweed sering mengalami kesulitan makan melon dan pisang.

Gejala dari “oral allergy symptom”, yang umumnya berbentuk ringan, biasanya muncul segera setelah makan buah atau sayuran mentah. Kabar baiknya adalah bahwa makanan yang sama biasanya akan baik-baik saja untuk dimakan ketika itu dimasak karena panas dapat memecahkan protein yang bermasalah.

Syok anafilaksis

Merupakan wujud yang paling parah dari alergi makanan, syok anafilaksis adalah reaksi yang mengancam jiwa yang membutuhkan perawatan darurat. “Anafilaksis adalah kombinasi dari gejala yang melibatkan sistem tubuh yang berbeda, termasuk pernapasan dan saluran pencernaan, kulit, dan sistem kardiovaskular,” jelas Patel. Gejala termasuk kesulitan bernapas, pembengkakan tenggorokan bagian atas dan / atau lidah, denyut jantung sangat cepat atau tidak teratur, tekanan darah rendah, atau jantung berhenti (ketika jantung berhenti berdetak).