≡ Menu
werno-werno.com

Tanda-Tanda Kulit Kering

Kita tidak hanya perlu mengatur dan mengawasi makanan yang masuk ke dalam tubuh kita, namun juga perlu memperhatikan krim dan losion yang kita gunakan untuk melembabkan kulit. Pelembab sangat berguna untuk mengunci kelembaban dan menjaga kulit agar tetap terhidrasi dengan baik. Kulit yang tidak tercukupi cairannya, akan berubah menjadi kering dan kusam, sehingga bisa merusak penampilan kulit cantik kita. Namun, bagaimana cara kita mengetahui jika kulit kita menderita masalah kekeringan dan perlu penanganan yang lebih serius? Untuk mengetahuinya, kamu perlu tahu tentang tanda-tanda dari kulit kering yang akan kami ulas secara lengkap berikut ini;

tanda kulit kering

Tanda-tanda Kulit Kering

Kekakuan kulit

Cara termudah untuk mengidentifikasi bahwa kamu memiliki kulit yang kering adalah merasakan kulit yang kaku. Kamu biasanya akan merasakan hal ini sehabis mandi, melakukan shower, atau berenang. Kulitmu akan kehilangan elastisitasnya dan kamu mungkin akan mengalami kekakuan kulit ketika kamu meregangkan jari-jarimu.

Dehidrasi kulit

Cara lain untuk mengetahui jika kamu mengalami masalah kulit kering adalah ketika kulitmu terlihat kekurangan cairan (kisut). Kamu akan merasa seolah-olah semua cairan dan kelembaban kulit sirna dari kulitmu. Hal ini cukup membuat kita merasa terganggu.

Kulit kasar

Kulit yang kasar juga merupakan pertanda lain dari kulit kering. Kulitmu akan tampak kasar dan kasap. Hal ini biasanya akan bisa terlihat di antara jari jemari, lengan, kaki, tumit, dan pipi.

Kulit kemerahan

Seringkali, kulit yang kering akan menjadi kemerahan. Kemerahan ini biasanya muncul di bagian pipi, dahi, dan dagu dari wajahmu.

Gatal-gatal

Gatal-gatal juga merupakan pertanda umum lain dari kulit kering. Hal ini karena kulitmu menjadi lebih sensitif dan mengakibatkan rasa gatal yang pada suatu waktu bisa terasa sangat intens.

Garis halus

Garis halus di kulit akan muncul ketika kamu memiliki kulit yang kering. Garis ini hampir mirip seperti ruam, namun berwarna putih. Saat kamu menyentuh kulitmu atau menerapkan tekanan yang lembut diatasnya menggunakan jarimu, garis putih akan terlihat dan meninggalkan tanda yang akan bertahan untuk waktu yang lama. Garis inilah yang biasa dikenal dengan garis halus atau fine lines.

Ruam

Ruam adalah tanda kemerahan kecil dan jelek yang akan muncul secara alami ketika kamu memiliki kulit yang kering. Ruam adalah sesuatu yang sangat buruk.  Mereka bisa muncul dan menghilang secara alami, dan terkadang muncul disertai dengan rasa gatal jika situasinya memburuk.

Kulit mengelontok dan bersisik

Ini merupakan situasi dimana kulitmu akan mulai melepaskan sebagian besar lapisan atasnya dengan cara yang sangat tidak merata. Hal ini cenderung akan mengganggumu dan dapat menyebabkan rasa sakit ketika kamu mencoba mengupasnya sekaligus. Kulit mengelontok alias ngglodoki (dalam bahasa Jawa) merupakan salah satu pertanda kulit kering yang sangat buruk dan menyakitkan.

Kulit mengelupas

Ketombe merupakan contoh pengelupasan kulit yang sangat umum. Kulit akan cenderung rontok dari permukaannya menjadi seperti serpihan kecil. Kulit yang mengelupas atau menyerpih tidak hanya terdapat di kepala saja, namun juga bisa terlihat di lengan dan kaki. Hal ini bisa menjadi situasi yang sangat memalukan bagimu.

Kulit pecah-pecah

Hal ini adalah gejala kulit kering yang paling menyakitkan dan terkadang bisa menjadi pertanda kulit kering yang sudah parah. Bahkan, kulit yang pecah-pecah ini juga bisa menyebabkan pendarahan. Kulit yang retak dan pecah-pecah biasanya muncul di bibir, tangan, dan tumit kaki.

Jadi, jika kamu mleihat adanya salah satu pertanda dari kulit kering ini, maka segera mulailah perawatan atau pengobatan untuk mengatasinya. Gejala kulit kering biasanya mudah dihentikan dan dirawat, asalkan kamu menggunakan produk perawatan kulit yang tepat dan berkualitas baik. Jika dengan mneggunakan produk kecantikan masih belum bisa memberikan hasil, maka saatnya untuk berkonsultasi dengan pakar spesialis kulit yang bagus.

2 comments… add one

Leave a Comment