≡ Menu
werno-werno.com

Temukan Posisi Tidur Terbaik

Mendapatkan tidur malam yang baik, sangat penting untuk kesehatan, badan, pikiran dan suasana hati kita, terutama semenjak kita akan menghabiskan 1/3 hidup kita untuk tidur. Mengatur posisi tidurmu, bisa memberikan pengaruh bagi kesehatanmu, bahkan dapat membantumu mencegah rasa sakit dan masalah lainnya yang bisa membuatmu terjaga di malam hari. Agar kamu bisa menemukan posisi terbaik sesuai kondisi tubuhmu, temukan posisi mana yang harus kamu lakukan dan hindari pada ulasan berikut ini:

posisi tidur terbaik

Jika kamu memiliki….sakit maag

Berbaringlah di sisi tubuhmu sebelah kiri dengan tangan diistirahatkan dengan nyaman di depanmu. Tekuk lututmu, dan meringkuklah sedikit kea rah tubuh bagian atas dalam posisi semi-janin. Jika sakit maagmu benar-benar buruk, beralihlah tidur telentang dan gunakan beberapa bantal untuk menopang dada dan kepala, atau naikkan kepala tempat tidurmu hingga 6 inchi dengan menyelipkan batu bata di bawah ranjang. Hal ini akan menjaga asam lambung untuk naik ke kerongkongan yang menyebabkan refluks saat kamu tidur.

Jika kamu memiliki…..masalah mendengkur

Jika kamu bermasalah dengan mendengkur atau penyakit sleep apnea, maka tidurlah dengan posisi miring. Hal ini akan mencegah lidahmu dari menghalangi saluran nafas. Untuk menghindari berguling saat tidur, kahitlah sebuah kantung kecil di bagian depan dan belakang baju tidurmu, lalu masukkan bola tennis ke dalamnya.

Jika kamu meiliki…penyakit Sinus

Berbaringlah dengan posisi miring, dengan disangga. Kapan saja kamu merasa hidungmu tersumbat, baik karena alergi, infeksi sinus, atau pilek, hindari untuk tidur dengan telentang. Karena dengan melakukan hal tersebut, berarti mulutmu bisa terbuka sepanjang malam sehingga membuat kering apa yang ingin dikeluarkan tenggorokanmu (lendir yang mengeras bisa membuat hidungmu terus tersumbat). Sebaliknya, tidurlah dalam posisi miring dengan tambahan bantal di bawah kepala dan biarkan gravitasi membantumu dengan drainase (agar lendir bisa mencair). Jangan lupa bahwa ketika kepalamu berada diposisi yang tinggi, maka lenganmu butuh tambahan penopang. Jadi, peluklah bantal. Atur kakimu dalam posisi yang nyaman, dengan berpose sedikit ditekuk.

Jika kamu memiliki….nyeri haid

Saat nyeri haid, tidurlah dalam posisi telentang. Tempatkan bantal di bawah lutut untuk menjaga tulang punggung bagian bawah dari melengkung terlalu banyak yang bisa meningkatkan rasa nyeri di punggung bagian bawah. Jagalah lenganmu tetap dalam posisi netral di bagian samping tubuhmu.

Jika kamu memiliki….sakit bahu

Tidurlah pada posisi miring, dalam posisi ‘memeluk’. Sakit di bagian bahu bisa disebabkan banyak hal, diantaranya membawa tas yang terlalu berat, dan terlalu membungkuk. Banyak orang yang melakukan kesalahan dengan menyelipkan lengan di bawah kepala mereka, yang akan menekan pleksus barakialis, jaringan saraf yang mengendalikan bahu, lengan dan tangan. Ini seperti tidur dengan tambahan berat 10 pon di lenganmy dan akan menjepit sarafmu. Untuk mengatasi sakit bahu, berbaringlah pada bagian sisi tubuh yang tidak sakit,dengan kaki sedikit ditekuk. Rentangkan pangkal lengan tepat di depanmu, lalu tarik ke dalam, menggunakan kedua lengan untuk memeluk sebuah bantal ke arah dadamu. Seperti halnya sakit punggung, hindari untuk melepaskan kakimu ke bagian depan. Jika kedua bahumu terasa sakit semua, beralihlah tidur pada posisi telentang dan jaga lenganmu untuk tetap rileks di bagian samping tubuhmu.

0 comments… add one

Leave a Comment