≡ Menu
werno-werno.com

Tersenyum, gerakan kecil yang berdampak besar

Sudahkah Anda tersenyum hari ini? Sebagai orang Indonesia yang terkenal akan keramah tamahannya, tersenyum merupakan suatu rutinitas yang dilakukan sehari-hari. Secara umum, senyum bisa dikategorikan menjadi dua jenis. Pertama, senyuman standar yang hanya menggunakan otot-otot di sekitar mulut, dan ke dua, senyuman asli atau istilahnya senyum duchene yang melibatkan tidak hanya otot mulut saja, tapi juga otot di sekitar mata.

Manfaat senyum untuk kecantikan & kesehatan

Tersenyum, bukan hanya menunjukkan sifat ramah sang pemiliknya, namun juga dapat memberikan efek bagi tubuh kita, terutama bagi kecantikan. Berikut ini adalah beberapa fakta menarik dibalik senyuman:

  • Dengan tersenyum, bisa meredakan stress

Stress yang dialami seseorang, bisa terpancar jelas melalui penampilan wajahnya. Tapi, dengan kita tersenyum, maka akan mampu mencegah wajah kita terlihat lelah dan letih. Maka dari itu, jika Anda sedang mengalami stress, maka ambillah nafas sejenak, dan tersenyumlah! Dengan begitu, stress akan berkurang dan Anda akan lebih mampu untuk mengendalikan pikiran dan mengambil tindakan selanjutnya.

  • Tersenyum bisa meningkatkan kekebalan tubuh

Tahukah Anda? saat kita tersenyum, maka fungsi imun dalam tubuh akan meningkat. Hal ini akan membuat kita merasa rileks dan bahagia, dan pastinya terhindar dari berbagai penyakit.

  • Senyum bisa menurunkan tekanan darah

Tidak percaya? Untuk dapat membuktikannya, maka cobalah cara berikut ini. Ukurlah tekanan darah saat duduk dirumah sambil membaca buku. Setelah itu, tersenyumlah selama 1 menit, dan ukur kembali tekanan darah Anda. Maka Anda akan merasakan perbedaannya. Menurunnya tekanan darah dapat memberi rasa rileks dan nyaman pada kulti kita.

  • Tersenyum bisa membuat kita tampak lebih muda

Tersenyum, bisa membuat kita merasa lebih muda dan lebih baik. Sebuah penelitian di Belanda yang melibatkan 481 peserta yang membuat pose dalam berbagai bentuk wajah untuk mengekspresikan emosi yang berbeda telah membuktikan, bahwa peserta yang berusia diatas 40 tahun, terlihat lebih muda dari usianya jika mereka tersenyum. Hal ini disebabkan karena otot-otot yang digunakan untuk tersenyum, bisa membantu mengangkat wajah sehingga membuat seseorang tampak lebih muda.

  • Tersenyum bisa menambah daya tarik seorang wanita

Berdasarkan sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Emotion pada tahun 2011 yang lalu dilaporkan, bahwa kaum lelaki lebih menyukai foto-foto wanita yang sedanag dalam keadaa tersenyum dibanding foto-foto dengan ekspresi yang lain. Tapi sebaliknya, kaum wanita lebih suka gambar pria yang berekspresi kaku dan cool, daripada pria yang memasang ekspresi tersenyum.

Itu tadi beberapa manfaat senyum bagi kesehatan dan kecantikan kita. So, tunggu apa lagi! Seperti yang Caesar bilang, Yuk Keep Smile :). Namun, ketika kamu sedih dan harus menangis, maka menagislah, karena menangis juga memilki manfaat, selengkapnya baca artikel 7 Manfaat Menangis..

1 comment… add one
  • termotivasi untuk selalu tersenyum karna artikel ini… naiz info! 😀

Leave a Comment