≡ Menu
werno-werno.com

Tidur larut malam bisa tingkatkan risiko terkena diabetes

Jika kamu suka begadang hingga larut malam, maka dengarlah!. Berdasarkan studi terbaru yang terbit di Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, orang yang biasa tidur larut malam bisa lebih cenderung terkena berbagai isu kesehatan.

Tidur larut malam bisa tingkatkan risiko terkena diabetes

Para peneliti menanyai sekelompok orang yang berjumlah 1.620 dengan rata-rata usia 47-59 tahun mengenai durasi tidur, kebiasaan kesehatan, kualitas tidur dan yang lain. Berdasarkan respon dan sampel darah mereka, tim peneliti menemukan bahwa orang yang suka begadang tercatat memiliki resiko dua kali lebih tinggi terkena diabetes tipe 2. orang yang tidur larut malam 1,7 kali lebih mungkin terkena diabetes tipe 2 dan sindrom metabolik, yang terdiri dari serangkaian gejala seperti tekanan darah tinggi, kadar gula tinggi, terlalu banyak lemak di perut, dan kadar kolesterol yang tidak normal. Dimana penyakit tersebut bisa terjadi secara bersamaan dan meningkatkan resiko seseorang terjangkit penyakit kardiovaskular.

Penemuan yang terjadi juga menunjukkan bahwa tidur telat terbukti lebih tidak menyehatkan secara signifikan dibandingkan dengan tidur lebih awal dan bangun pagi-pagi, meski durasi waktu tidurnya adalah sama dengan yang tidur larut malam.

Saat ditentukan berdasarkan gender, pria memiliki risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2, dan wanita berisiko lebih besar terkena sindrom metabolik dan lemak perut yang menumpuk.

Sedangkan alasan mengapa ada hubungan antara orang yang tidur larut dengan diabetes tipe 2 adalah mereka yang tidur larut malam umumnya cenderung memiliki kebiasaan yang tidak sehat, seperti merokok [Baca; bahaya merokok bagi kecantikan], ngemil larut malam, dan gaya hidup yang tidak aktif.

Penulis senior studi tersebut, dr. Nan Hee Kim menunjukkan bahwa jam biologis seseorang bisa dipengaruhi oleh jenis kelamin, faktor genetik, dan lingkungan sekitar mereka. Namun, hal ini bisa dirubah dengan mengguankan teknik tidur teretntu dan konsistensi dalam menjaga kesehatan.

Untuk itu, mengingat tidur malam sangat rentan terkena penyakit diabetes dimana penyakit ini adalah sumber dari berbagai penyakit, maka sebaiknya hindari atau setidaknya kurangi. Jika perlu, makan 8 makanan penangkal diabetes.

0 comments… add one

Leave a Comment