Tipas Agar Lipstik Awet & Tahan Lama

by Ummi on August 13, 2016

Apakah kamu pernah merasa lipstikmu selalu mudah pudar dan tidak awet? Ingin lipstikmu bertahan sedikit lebih lama? Sebenarnya, rahasia dibalik lipstik yang tahan lama, tidaklah begitu rumit. Ini merupakan kombinasi anatar persiapan (prep), pengaplikasian, dan pilihan produk yang digunakan.

tips agar lipstik awet

Berikut adalah langkah-langkah mudah untuk mengunci lipstick tetap pada tempatnya:

  • Untuk memastikan lipstikmu bertahan lama, kamu tentu ingin memastikan bahwa tidak ada serpihan dari sel kulit mati yang menghalangi bibirmu. Untuk itu, gunakan scrub khusus eksfoliasi bibir seperti e.l.f Lip Exfoliator atau Bliss Fabulips .
  • Selanjutnya, terapkan lip balm yang memiliki kemampuan menghidrasi (hydrating), dan tidak berminyak (non-oily). Merek lip balm dengan konsistensi yang berlilin lebih baik dipilih daripada yang bertekstur licin yang akan menyebabkan warna lipstik mudah pudar.
  • Tepuk-tepukkan sedikit foundation atau concealer di bibir. Jangan sepenuhnya menutupi mulutmu dengan foundation, tetapi hanya sekedar untuk menyamarkan warna merah muda alami bibirmu sehingga rona warna lipstikmu yang sebenarnya bisa tampak. Ini juga bisa memberikan sedikit sesuatu yang ekstra agar lipstick bisa melekat. Jika kamu memiliki warna kulit gelap, ini juga bisa membantu meningkatkan warna lipstik yang sebenarnya.
  • Jika kamu mengenakan warna lipstik yang berani, perjelas garis tepi luar bibirmu dengan concealer atau NYX Magic Pencil yang akan menciptakan sebuah penghalang untuk mencegah belepotan. Hal ini pada dasarnya seperti memasang sebuah pagar untuk lipstik Anda! Garis dan tekan dengan lembut menggunakan jarimu untuk membaurkan.
  • Sekarang, ambil lip liner dan garis bibirmu, serta isi bibirmu dengan lip liner juga. Pensil bibir lebih kering daripada lipstik dan berfungsi sebagai lapisan warna yang dijadikan pegangan lipstikmu.
  • Mulailah menerapkan warna lipstikmu dengan selektif, bukan hanya menggosokkan di seluruh bibir. Hal ini akan membuat aplikasi lipstik yang merata, dan terkendali.
  • Ratakan lipstik ke seluruh bagian bibir.
  • Ambil tisu dan pisahkan menjadi dua bagian. Tempatkan satu lembar tisu pada bibirmuĀ  dan sapukan bedak transparan (translucent powder ) seperti Make Up For Ever HD Powder di atas bibir, melalui tisu. Ini adalah trik yang akan kamu lihat dari seniman makeup yang melakukannya di belakang panggung fashion show. Sekarang kamu tidak akan khawatir bahwa itu termasuk perlakuan penyiksaan pada model. Ini berguna untuk menetapkan warna, tanpa harus memberikan lapisan bedak pada bibir.
  • Terapkan lagi sedikit lipstik secara ringan di bagian atas bibir, dan tersenyumlah! Warna lipstikmu siap untuk bertahan dalam waktu yang lama.

Yang perlu kamu tahu :

  • Tidak ada yang namanya lip gloss yang bisa awet seharian penuh. Jika kamu ingin nuansa glossy, kamu harus kembali menerapkannya sepanjang hari. Atau letakkan lip gloss di tengah bibir, dan bukan di seluruh bibir.
  • Formula matte akan bisa bertahan lebih lama namun bisa menjadi kering, sehingga jangan sampai lewatkan prep.
  • Menggunakan lip liner akan selalu membuat warna lipstikmu bertahan lebih lama. Pastikan kamu tidak hanya menggariskannya di tepi bibir, namun juga mengisinya di bibirmu seluruhnya.
  • Untuk aplikasi yang lebih akurat, kamu bisa gunakan kuas khusus lipstik.