Tips Agar Foundation Awet dan Tahan Lama

by Ummi on August 14, 2017

Bila kamu menerapkan foundation pagi ini, maka itu akan tampak bersinar, segar, dan tanpa cela. Namun saat hari beranjak siang, maka semua berubah layaknya proyek seni yang belepotan. Jadi apa yang terjadi? Kulit berminyak dan dehidrasi merupakan gejala yang banyak dialami kita di bulan-bulan yang lebih dingin, dan tentu saja dapat membahayakan cakupan foundationmu – bahkan bagi orang yang tidak memiliki masalah kulit, masih saja memiliki masa sulit untuk menjaga kulit kita tetap segar sepanjang hari. Berikut ini akan kami ulas tentang beberapa langkah, tip, dan trik untuk menjaga agar foundationmu tetap awet mulai dari fajar sampai senja, dan sampai malam hari.

tips memakai foundation

Lakukan eksfoliasi

Ini adalah langkah pertama, dan itu penting. Dengan wajah yang penuh foundation, kulitmu akan terasa mengering sepanjang hari. Langkah pertama untuk menghindari kekacauan adalah melakukan eksfoliasi dengan baik. Eksfoliasi fisik (menggunakan kain lap, atau pembersih dengan scrub) tidak begitu hebat, karena bisa membuat robekan mikro di kulit Anda, yang menyebabkan jerawat dan penuaan dini, yaitu kerutan. Sebagai gantinya, pilih eksfoliasi kimiawi. Cara ini mudah – temukan produk eksfoliator yang mengandung AHA (alfa-hidroksil-asam) dan gunakan beberapa kali dalam seminggu atau lebih sering lagi, jika kulitmu tidak terlalu sensitif.

Lembabkan kulitmu

Langkah ini sangat penting! Melembabkan penting tidak hanya untuk foundation yang tahan lama, tapi juga untuk kulit yang tampak sehat selama bertahun-tahun. Tanpa pelembab, kulit Anda bisa menjadi dehidrasi, yang bisa menyebabkan pengelupasan dan kelebihan minyak. Keduanya merupakan penyebab umum untuk cakupan alas bedak yang kurang sempurna. Oleskan pelembab yang sesuai untuk kebutuhan kulitmu, dan biarkan meresap beberapa saat sebelum beralih ke primer atau makeup.

Gunakan Primer

Ini adalah langkah ‘persiapan’ terakhir sebelum penerapan foundation yang sebenarnya, dan ini adalah rahasia grail dari banyak guru makeup. Primer hadir dalam bentuk krim, gel, atau bedak, dan biasanya dioleskan di atas pelembab. Ini membantu memuluskan ketidaksempurnaan, dan juga menciptakan basis yang membuat makeup bisa melekat kuat. Primer juga memerangi minyak, yang sering menjadi alasan bahwa foundation nampaknya bisa berlarian ke mana-mana di selain tempat yang seharusnya.

Gunakan aplikator yang tepat

Ada banyak cara untuk menerapkan alas bedak, dan tidak ada metode yang “salah”. Mari kita mulai dengan yang paling dasar: aplikasikan dengan tanganmu. Cara ini bagus karena kamu tidak akan menyia-nyiakan foundation, namun cakupannya seringkali tidak terlalu mulus atau merata. Beberapa orang lebih memilih kuas untuk aplikasi, dan ini bisa jadi hit atau miss dalam hal seberapa merata tampilannya, dimana jarak jangkau setiap orang mungkin berbeda. Metode aplikasi yang paling populer akhir-akhir ini adalah menggunakan beauty blender : sebuah spons kecil yang bias menerapkan cakupan secara merata, dan menyerap foundation berlebih (yang merupakan hal yang baik, karena foundation berlebih bida menyebabkan minyak dan ).

Lebih sedikit lebih baik

Di sini, kamu bisa merujuk kembali ke langkah 4 – foundation berlebih tidak ideal. Memiliki terlalu banyak produk pada kulit akan menyebabkan kelenjar minyakmu menghasilkan lebih banyak minyak, dan cakupannya akan menjadi tidak merata. Jika kulit Anda kering, maka akan terlihat ‘berlumuran’. Para ahli menyarankan untuk menerapkan foundation ke bagian tengah wajah, yang biasanya merupakan cakupan yang paling dibutuhkan – dan baurkan ke arah luar. Ini akan memastikan kulitmu tetap terlihat alami di daerah yang membutuhkan sedikit riasan, dan wajah akan terlihat lebih segar.

Tetapkan dengan bedak

Sekarang setelah kamu puas dengan aplikasi foundationmu – inilah pekerjaan berat yang sebenarnya! Pertama, kamu perlu men-set riasanmu. Menambahkan loose powder atau bedak padat dengan kuas lembut adalah cara yang bagus untuk memastikan foundation tetap berada tepat di tempat yang seharusnya. Setting powder sangat baik untuk kulit berminyak, karena itu member efek mattifying. Menerapkan setting powder di zona T wajah (di dahi, hidung, pipi dalam, dan dagumu) adalah cara yang bagus untuk memastikan bahwa hanya area wajah yang rentan terhadap minyaklah yang dibedaki. Sisa wajahmu yang lain bisa menjaga adanya kilap tersebut!

Lakukan pelapisan (layering)

Pelapisan bukanlah langkah yang diperlukan untuk semua orang, karena kita semua tahu bahwa lebih sedikit lebih baik. Namun, jika kamu tidak bermasalah dengan jerawat, layering mungkin menjadi jawaban atas permintaan foundationmu. Intinya, layering melibatkan pengulangan langkah 5 dan 6, sampai cakupan penuh tercapai. Mudah bukan? Tambahkan sedikit foundation ke area bermasalah, atur dengan bedak, dan ulangi sampai kamu terlihat dan merasa flawless tanpa cela.

Beri setting spray

Oke – jika kamu telah melakukan eksfoliasi, memakai pelembab, primer, mengoleskan foundation, men-set bedak, dan melakukan pelapisan – maka kamu bisa memiliki foundation cantik selama berjam-jam yang diinginkan hatimu. Sekarang, jika kamu kebetulan berencana menari sampai larut pagi, mungkin tidak ada salahnya menggunakan setting spray darurat. Ini akan memperkuat semua kerja mu tetap di tempatnya, dan akan memberimu sedikit tambahan cahaya.

Jangan sentuh

Kami tahu, tentu kamu berpikir tidak ingin melakukannya. Tapi Anda mungkin tak sengaja melakukannya, karena sangat mudah untuk lupa sepanjang hari. Bahkan hidung bisa menjadi sangat gatal pada saat yang paling tidak tepat. Yang paling penting sekalipun, cobalah untuk menghindari meletakkan tanganmu di atas wajahmu – ini untuk menghindari penyebaran bakteri pada kulit, mencegah keriput, dan tidak akan mencoreng kerja keras yang kamu berikan ke foundationmu.

Pilih produk foundation yang tepat untukmu

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda – kering, berminyak, kombinasi, dan lain-lain. Ada banyak foundation yang berbeda yang berfokus pada masalah yang berbeda, namun ini adalah yang paling penting untuk memastikan bahwa kamu memiliki warna, bayangan, dan formula alas bedak yang tepat untuk warna kulitmu. Cara terbaik untuk mengetahuinya adalah dengan mengunjungi griya rias atau department store lokal, dan mintalah bantuan profesional untuk membantu memilihkan yang sesuai dengan kulit Anda.