Tips Agar Makeup Tak Cepat Luntur Di Cuaca Panas

by Ummi on August 11, 2017

Di hari dengan cuaca yang panas dan cerah adalah sesuatu yang sangat menyenangkan, namun hal ini juga bisa membuat jengkel saat terik matahari yang panas membuat makeup mulai meluntur. Tentu saja kamu bisa berhenti memakai make-up sama sekali di musim panas, tapi banyak orang yang merasa tidak nyaman melakukan hal itu. Nahh, agar makeup mu tidak mudah luntur dan awet selama musim panas, berikut adalah beberapa tips bagus tentang cara mengatur  riasan saat cuaca panas ;

rahasia makeup tak cepat luntur

Gunakan riasan yang ringan dan sederhana

Tips pertama dan yang paling pasti, adalah mengurangi jumlah riasan yang Anda gunakan. Kamu benar-benar tidak membutuhkan banyak makeup di musim panas, karena sinar matahari akan membuat wajahmu terlihat lebih cerah lagi, jadi kurangi jumlah makeup yang kamu gunakan, pilih riasan yang ringan, dan jaga agar tetap rapi. Lebih sedikit sudah pasti akan menjadi yang terbaik selama musim panas, dan kamu akan merasa jauh lebih nyaman juga.

Hindari makeup yang berbasis minyak

Jauhi produk makeup yang berbasis minyak karena akan menjadi makeup yang pertama luntur dalam cuaca panas. Itu berarti foundation, pelembab dan hal lainnya. Produk berbasis minyak akan membuat wajahmu berkeringat dan itu akan membuatmu merasa tidak nyaman dan akan membuat riasanmu meleleh lebih cepat.

Gunakan Toner sebelum menerapkan make up apapun

Salah satu cara terbaik untuk menghentikan krisis make up adalah dengan mempersiapkan wajah dengan benar, bahkan sebelum kamu menerapkan makeup apapun. Sebelum menggunakan tabir surya, primer atau pelembab sama sekali, gunakan toner yang telah dirancang sesuai untuk jenis kulit Anda dan kemudian hapus kelebihannya dengan tisu. Jika kamu melakukan itu, maka kamu tidak akan menerapkan makeup di atas kelebihan minyak yang sudah ada pada kulitmu.

Dinginkan dengan es

Pada hari-hari yang sangat panas, jika kamu menggosokkan dengan lembut es batu di atas wajah sebelum kamu menerapkan makeup Anda, itu akan mendinginkan kulitmu dan menutup pori-pori Anda. Itu akan memungkinkan makeup berjalan lebih mulus dan bertahan lebih lama. Cukup gosokkan es batu di atas kulit selama beberapa detik dan kemudian blot wajah Anda sampai benar-benar kering.

Gunakan primer bebas minyak

Sepertinya tidak masuk akal menambahkan lapisan makeup lagi saat cuaca panas, tapi primer benar-benar membantu menghentikan pelelehan makeup. Penerapan primer menciptakan dasar yang halus dan solid dimana produk makeup lainnya akan duduk. Ini membantu makeup lebih baik menempel pada kulit dan jadi berhenti luntur saat Anda merasa panas.

Gunakan make up tahan air

Bukan hanya panas yang membuat make up meleleh; Kelembaban dan keringatmu sendiri lah yang akan membuat makeup meluncur di wajahmu. Anda biasanya hanya mengaitkan formula tahan air dengan riasan mata, tapi jika kamu melihat-lihat, kamu juga bisa menemukan semua jenis makeup tahan air dan ini pasti akan membantu menghentikan makeup Anda saat hari-hari panas.

Gunakan semprotan finishing

Makeup artist menggunakan finishing spray untuk membantu menahan makeup pada tempatnya. Mereka menggunakannya setelah menerapkan concealer dan foundation, tapi sebelum mereka menerapkan bronzer, blush, eyeshadow atau lipstik. Mereka melakukannya dalam urutan itu karena, ketika keadaan memanas, hal pertama yang akan meleleh adalah foundation, jika kamu menyemprotkan finishing spray di tempat, ini akan membantu menghentikan sisa makeup yang lain agar tidak ikut terkena dampak panas dan keringat.

Hindari make up berbentuk liquid

Anda juga harus menghindari penggunaan makeup cair (liquid) dan beralih ke makeup berbasis bubuk selama musim panas. Bubuk akan menyerap beberapa keringat dan minyak di kulit Anda, sedangkan makeup cair hanya akan menjadi lebih encer dan mulai luntur. Sebaiknya hindari juga makeup berbasis krim sebisa mungkin, karena itu akan melakukan hal yang sama seperti makeup cair.

Gunakan lembaran penyerap minyak

Bila kamu berkeringat di siang hari, atau wajahmu sedikit berminyak, jangan membuat kesalahan yang banyak orang buat dengan mencoba menutupi kilap dengan lebih banyak make up. Jika kamu mengoleskan bedak di atas riasan makeup, itu hanya akan membuatnya terlihat lebih buruk. Sebagai gantinya, bersihkan wajahmu dengan selembar blotting sheet untuk menghilangkan kelembapan berlebih. Ini akan menghilangkan kilap tanpa mengganggu riasanmu.

Gunakan facial mist

Terakhir, semprotan cepat dengan facial spray akan membuatmu dan riasanmu tetap dingin di siang hari. Kamu tidak perlu menggunakan banyak, hanya semprotan yang sangat halus akan membuat Anda merasa sejuk dan segar dan ini akan menghentikan makeupmu terlalu panas dan meleleh. Anda bisa membeli facial mist di toko kosmetik, atau Anda bisa menggunakan sesuatu yang sederhana seperti air mawar.