Tips Agar Potongan Rambut Bertahan Lebih Lama

by Ummi on July 18, 2016

Kita semua pasti sibuk dengan segala aktivitas dan pekerjaan masing-masing, hingga tak sempat memikirkan tentang model potongan rambut yang kita idamkan. Namun, begitu kita memutuskan untuk merubah model gaya rambut dan memotong rambut kita, tentu kita ingin potongan rambut baru tersebut terlihat bagus dan bertahan lama. Nah, untuk menghemat waktu dan uang kita yang berharga, maka berikut akan kami ulas tentang bagaimana tips membuat potongan rambut baru tetap terlihat bagus dan tahan lama hingga beberapa minggu kemudian ;

Pilih gaya potongan rambut sesuai budget dan jenis rambut

Idealnya, gaya potongan rambut yang bagus akan tetap bertahan pada bentuknya lebih lama dan tumbuh menjadi gaya rambut lain yang juga keren. Penata rambutmu seharusnya juga menggunakan teknik memotong rambut yang tepat sesuai dengan jenis rambutmu, ujar Vanessa Alcala, seorang stylist di salon Marie Robinson.

Dia merekomendasikan : potongan model Blunt dengan layering minimal akan tetap berada pada bentuknya lebih lama bagi mereka yang memiliki jenis rambut lurus dan halus, sedangkan orang yang memiliki jenis rambut dengan tekstur medium, umumnya dapat memakai sebagian besar model potongan rambut. Untuk orang yang memiliki rambut yang lebih tebal, maka rambut mereka lebih butuh untuk di beri sentuhan tekstur (dipotong menjadi beberapa layer yang bisa menyingkirkan bobot rambut) sehingga rambut bisa tumbuh tanpa terlalu kelihatan tebal.

Dan yang harus selalu diingat : semakin pendek rambutmu, maka semakin sering kamu harus memangkas ujungnya. “Gaya rambut Blunt yang lebih pendek seperti model Bob, Bangs, atau Pixie, membutuhkan pemangkasan setiap 6-8 minggu, sementara gaya rambut blunt yang lebih panjang, potongan yang berlayer, bisa bertahan selama 12 minggu diantara setiap pemangkasan,” ujar stylist Tanya Pact.

Jangan terlalu sering mencuci rambut

Untuk mempertahankan potongan rambut baru agar lebih awet, maka jangan terlalu sering mencuci rambutmu (keramas). Kehebohan potongan rambut barumu akan berakhir, sehingga akan menarikmu kembali ke kursi penata rambut lebih dini. Tergantung pada tekstur rambutmu, pilihlah untuk keramas setiap dua hari sekali atau setiap beberapa hari sekali, dan jaga gaya rambutmu tetap segar dengan cara menyemprotkan spray texturizing di setiap hari.

Gunakan peralatan yang tepat

Saat berbicara soal perawatan rambut yang sukses, maka ada baiknya jika kamu menambahkan beberapa dana ekstra untuk membeli peralatan yang tidak akan menyakiti rambutmu. Sebelum menata rambut, sebaiknya semprotkan dulu detangler (cairan pengurai kusut) pada rambut yang basah sebelum menggunakan sisir bergigi lebar untuk mengurangi patah dan peregangan rambut yang berlebihan. Dan untuk blow drying,  pilih produk blow dryer yang berkualitas, dengan menggunakan sikat  bulu babi untuk membantu melembutkan kutikula.

Istirahatkan rambutmu

Sesekali, jangan gunakan blow dryer untuk mengeringkan rambut. “Menerapkan blow drying pada rambut bisa membuat stress ujung rambut, yang merupakan area terlemah dari rambut.” ujar Murray. Jadi, sesekali keringkan rambutmu menggunakan udara.

Buatlah penyamaran

Mengusapkan minyak kelapa (coconut oil) ke ujung rambut sebelum keramas dapat menjaga rambut tetap berkilau dan melindunginya dari kekeringan lebih jauh. Gaya rambut yang lebih pendek bisa menyamarkan kebutuhan untuk pemotongan lagi dengan cara membalik atau memindah bagian rambutnya, dan gaya rambut yang lebih panjang bisa sesekali di tata dengan kepang sebelah model French, atau kepang ekor ikan yang berantakan. Murray juga merekomendasikan menggunakan curling iron, untuk menambah gelombang atau ikal, menciptakan tekstur berantakan dan kusut yang menyamarkan bentuk rambut yang mulai berubah.