≡ Menu
werno-werno.com

Tips Agar Tangan Terlihat Lebih Muda

Tangan merupakan salah satu anggota tubuh yang sangat berperan penting dalam kehidupan kita. Kita makan, menulis, minum, menyetir, hingga memasak dengan menggunakan tangan. Namun seiring bertambahnya usia, tangan kita akan tampak kelihatan kering, kendur, dan pembuluh darahnya terihat sangat menonjol. Agar tanganmu bisa tampak muda kembali, maka simak Tips Agar Tangan Terlihat Lebih Muda berikut ini :

Beralihlah ke SPF

Paparan sinar matahari sebenarnya adalah penyebab utama dibalik warna yang tidak merata. Kerusakan sinar UV menyebabkan bintik-bintik yang tidak berbahaya ini muncul setelah bertahun-tahun, ujar Diane Madfes, MD seorang dermatologis bersertifikat. Bahkan ketika seseorang sudah terbiasa untuk menerapkan tabir surya setiap hari, mereka cenderung mengabaikan bagian tangan mereka, membiarkan area tangan tidak terlindungi, ujarnya. Berikan tanganmu tabir surya dengan SPF untuk mencegah terbentuknya bintik-bintik penuaan yang baru untuk muncul. “kamu sudah menerapkan tabir surya di wajahmu, namun tambahan olesan di tanganmu akan membuat tanganmu awet muda.” ujar Dr.Madfes.

Pakailah sarung tangan untuk mengemudi

Undang-undang lalu lintas mengharuskan kaca depan mobil memiliki kaca laminasi dengan lapisan plastik yang memblokir hampir semua sinar UV. Jendela di pintu, di sisi lain, tidak memiliki persyaratan yang sama, yang berarti sinar yang berbahaya ini bisa datang padamu dari bagian samping. Bahkan jika kamu keluar tidak dalam waktu yang lama, waktu di belakang kemudi bisa meninggalkan tanganmu rentan terhadap bintik-bintik penuaan, kata Zakia Rahman, MD, profesor klinis dermatologi di Stanford University dan anggota dari American Academy of Dermatology.

Untuk menjaga munculnya bintik-bintik usia, ia merekomendasikan untuk memakaikan tanganmu sepasang sarung tangan mengemudi. “Aku dulu menebalkan tabir surya di bagian tangan, tetapi itu akan menempel pada kemudi dan menjijikkan,” kata dia. Sarung tangan kulit tebal bagus untuk musim dingin yang menusuk, dan sepasang sarung tangan yang memberi udara pada tangamu dengan adanya sebuah lubang di telapak tangan akan nyaman dalam cuaca hangat, katanya.

Cobalah menggunakan solusi kimia

Tentu saja, meski perlindungan terhadapa sinar matahari dapat mencegah lebih banyaknya bintik-bintik penuaan untuk muncul, namun mereka tidak akan bisa menghilangkan bintik-bintik yang sudah ada. Krim tangan resep dokter atau yang dijual bebas di pasaran dengan kandungan retinoid, vitamin C, atau antioksidan lain akan membantu mencerahkan kulit, ujar Dr. Madfes. Kamu juga bisa meminta pada dokter kulitmu untuk melakukan chemical peel, yang menggunakan sebuah asam untuk menyingkirkan lapisan terluar dari kulit dan membuat jalan bagi munculnya kulit yang segar dan baru.

Lakukan perawatan laser

Untuk perbaikan cepat bagi bintik-bintik penuaan, laser adalah taruhan terbaikmu. “Pada saat orang memiliki bintik-bintik coklat, maka untuk menyingkirkan mereka kamu perlu sedikit pengobatan yang lebih agresif,” kata Dr Rahman. Seorang dokter kulit dapat menggunakan laser Fraxel atau Q-switch untuk menyingkirkan pigmen, tetapi kamu juga dapat melakukannya sendiri dengan produk laser rumahan seperti Tria Age-Defying Laser, katanya. Laser sangat berguna jika bintik-bintik penuaanmu terlihat lebih menonjol akibat suatu kondisi yang disebut poikiloderma Civatte, yang menyebabkan hilangnya warna di beberapa daerah kulit, sehingga membuat hiperpigmentasi bahkan lebih terlihat, kata Dr Rahman.

Tambahkan sedikit volume

Seiring bertambahnya usia, kamu akan kehilangan lemak. Lemak yang ada di bawah kulit, termasuk tangan akan mulai menghilang, membiarkan pembuluh darah di bawahnya menjadi lebih menonjol dan kulit terlihat lebih kendur. Kamu bisa membawa kembali kadar kolagenmu dengan menggunakan krim tangan yang mengandung factor penumbuh, atau pergilah ke klinik kulit untuk mendapatkan suntikan lemak atau filler, ujar Dr. Madfes. “Sedikit zat pengisi (filler) di antara kulit dan tendon dan pembuluh darah akan memberikan bantalan lebih,” ujarnya.

Pilihlah pelembab yang lebih baik

Jika kamu sudah memakai hand losion tebal namun masih memiliki kulit bersisik dan kering di tanganmu, maka periksa dulu label bahan bakunya. Dr Rahman menyarankan mencari pelembab dengan kandungan dimethicone untuk membantu menyegel air dan asam glikolat untuk menggemukkan kulit. “Pelembab yang membantu menggemukkan kulit dan melembabkan kulit akan membuat kulitmu terlihat lebih baik,” katanya. “Pelembab lain akan melakukan itu untuk sementara, tapi yang ini akan melakukan secara jangka panjang.” Kamu juga bisa mencoba suatu pelembab dengan omega-3 dan asam linoleat, yang merupakan asam lemak yang membuat kulitmu terlihat lebih muda, atau lipid untuk mencegah hilangnya kelembaban alami kulit, kata Dr . Madfes.

Singkirkan kapalan

Gesekan konstan di tanganmu dapat meninggalkan kapalan jelek di tangan, sehingga pakailah sarung tangan selama olahraga untuk mencegah mereka dari pembentukan. Jika kamu sudah terlanjur memiliki kapalan tebal, maka dapatkan plester asam salisilat yang di jual di toko-toko obat atau dengan resep dokter, kata Dr Rahman. “Terapkan ke daerah yang terkena kapalan, dan lepaskan keesokan harinya, dan dengan lembut gosoklah tanganmu dengan batu apung,” kata dia.

Lakukan eksfoliasi lebih sering

Menyingkirkan sel-sel kulit lama menjadi lebih penting saat usia semakin bertambah. “seiring bertambahnya usia kita, pengelupasan kulit kita menjadi melambat,” kata Dr Madfes. Dia merekomendasikan menggunakan chemical peel atau produk retinoid untuk membantu menggantikan sel-sel kulit mati dengan yang baru.

 

0 comments… add one

Leave a Comment