Tips agar tidak tertipu membeli kosmetik palsu

by Ummi on October 9, 2014

Saat ini, banyak sekali beredar di pasaran kosmetik palsu yang mengandung bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi kulit wajah, bahkan sampai menyebabkan kanker kulit. Alih-alih wajah menjadi cantik, malah menjadi rusak karena salah dalam membeli kosmetik. Oleh karena itu, kita harus jeli dan teliti terlebih dahulu sebelum membeli kosmetik. Berikut ini adalah beberapa tips agar kamu tidak salah pilih dalam membeli kosmetik dan menyesal dikemudian hari:

Tips agar tidak tertipu membeli kosmetik palsu

>Perhatikan harga jual yang ditawarkan. Kosmetik yang harganya murah atau bahkan terlalu murah dibandingkan produk kosmetik sejenisnya, perlu diwaspadai. Bisa-bisa itu merupakan trik agar kamu tertarik untuk membeli kosmetik palsu.

>Perhatikan juga apakah produk tersebut sudah terdaftar dan memiliki nomor Registrasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) atau tidak. Setiap produk obat, makanan, ataupun kosmetik yang beredar di pasaran harus mencantumkan nomor izin dari BPOM untuk menjamin bahwa produk tersebut asli dan aman untuk konsumen.

>Teliti kandungan yang tercantum pada produk. Kamu harus mengenali setiap bahan kosmetik yang menjadi komposisi dari produk tersebut. Bahan yang dilarang dipakai pada kosmetik oleh BPOM antara lain Mercuri, Hidroquinon, asam retinoat/ tretinoine acid, dan Rhodamin B. jika ada produk yang mengandung bahan berbahaya tersebut, maka jangan dibeli.

>Cek kemasan dari produk tersebut. Bisaanya, produk palsu menggunakan kemasan yang berbeda dari produk aslinya. Misal, jika produk asli menggunakan bahan kaca, maka produk palsu diganti dengan bahan plastik.

>Beli kosmetik di tempat terpercaya. Usahakan membeli produk kosmetik di toko atau gerai resminya, agar terjamin keasliannya. Jangan tergiur oleh tawaran kosmetik yang bisa dijajakan di pasar atau di pinggir jalan.

Kesimpulan; kamu harus waspada dengan kosmetik palsu, terutama penawaran yang menggiurkan baik dari segi harga atau khasiat yang tidak sewajarnya. Jadi teliti sebelum membeli, agar tidak menyesal di kemudian hari..