≡ Menu
werno-werno.com

Tips Agar Wajah Selalu Bersih Bebas Jerawat

Berhadapan dengan masalah jerawat bukanlah sesuatu yang menyenangkan. Untungnya, ada banyak cara efektif agar wajahmu bisa selalu bersih dan bebas dari jerawat seperti yang akan diulas pada artikel berikut ini :

tips wajah selalu bersih

Rajinlah mencuci wajah secara rutin

Tak peduli apakah jenis kulitmu kering, berminyak, atau diantara keduanya, penting bagimu untuk mencuci wajah di pagi dan malam hari. Hal ini terutama sangat benar bagi orang yang memiliki kulit cenderung berjerawat, karena jika lupa membersihkan minyak, debu, dan bakteri yang menumpuk sepanjang hari bisa menyebabkan munculnya jerawat di esok harinya, ujar Dr. Joel Schlessinger, seorang dermatologis bersertifikat.

Lakukan aktifitas bersih-bersih badan dasar setiap hari

Mandi dapat memainkan peranan penting dalam kulit yang sehat. Ketika mandi, pastikan untuk menggunakan air hangat. Air dingin tidak akan bisa membuka pori-pori, dan air panas bisa membuat kulit kering.

Lakukan pat dry setelah mandi

Untuk menghindari iritasi kulit, disarankan untuk melakukan pat dry (mengeringkan dengan cara menepuk-nepuk kulit), bukannya menggosok dengan kasar setelah mandi.

Atasi jerawat yang sudah ada

Oleskan benzoyl peroksida atau asam salisilat ke area yang terkena jerawat untuk segera menghilangkannya. Benzoyl peroksida adalah sebuah agen antibacterial yang akan memusnahkan bakteri penyebab jerawat  yang ada didalam pori-pori, sementara asam salisilat adalah termasuk beta hydroxy acid yang akan mengelupas sel kulit mati untuk membuka pori-pori dan melembutkan kulit.

Rajin melakukan eksfoliasi

Perawatan mikrodermabrasi atau hydrafacial yang dilakukan oleh dermatologis professional bisa menghilangkan tumpukan sel kulit mati. Scrub eksfoliasi yang lembut juga bisa digunakan untuk mengelupas sel kulit mati pada wajah di rumah.

Lembabkan kulit setiap hari

Bahkan jenis kulit berminyak sekalipun, masih memerlukan kelembaban, sehingga kulit tidak berlebihan mengimbangi kekeringan dengan memproduksi lebih banyak minyak. Para ahli merekomendasikan untuk menggunakan pelembab dengan formula berat di musim dingin dan produk pelembab ringan di musim panas.

Terapkan makeup menggunakan kuas

Jangan gunakan jari-jari untuk mengaplikasikan foundation dan concealer, atau makeup yang lain. Menyentuh wajah dengan tangan bisa mentransfer baketeri baru dari jari ke jerawat, sehingga membuat jerawat semakin parah.

Bersihkan kuas makeup secara rutin

Kuas makeup menyimpan banyak bakteri yang dapat menyebabkan iritasi kulit. Untuk mencegah hal ini terjadi, bersihkan kuas makeupmu setidaknya satu kali seminggu.

Gunakan makeup non comedogenic

Jika kamu perlu untuk menutupi noda di wajah, maka pilihlah foundation dan concealer yang berlabel non-comedogenic. non-comedogenic berarti formula dari produk tersebut tidak akan menyumbat pori-pori atau memperburuk jerawat.

Jangan memencet atau mencungkil jerawat

Jika dibiarkan utuh, kepala jerawat akan menjaga bakteri tetap terkandung pada satu daerah saja dan jerawat biasanya akan sembuh dengan sendiri dalam beberapa hari. Memencet jerawat bisa memaksa bakteri dan debu kotoran merata lebih dalam ke dalam kulit, membuat noda tersebut semakin bertambah buruk. Mencungkil jerawat juga merupakan penyebab paling umum dari membekasnya jerawat.

Minum banyak air putih

Untuk mempertahankan tampilan wajah yang awet muda, kamu terlebih dulu harus mempertahankan gaya hidup yang sehat. Minum 8 gelas air sehari akan membantu tubuhmu tetap sehat dan mencegah munculnya jerawat. Selain itu, menjalankan diet dengan banyak buah dan sayuran juga akan membantu kulitmu tetap bersih.

Cuci dan ganti seprei sesering mungkin

Seprei dan sarung bantal sebaiknya dicuci satu minggu sekali untuk menghilangkan kotoran dan kuman yang mungkin tersembunyi didalamnya. Jadi, ide bagus jika kamu selalu menyiapkan lebih dari satu seprei sehingga kamu bisa menggantinya secara berkala untuk dicuci.

0 comments… add one

Leave a Comment