Tips Ampuh Agar Anak Mau Makan Sayur

by Ummi on July 12, 2015

Biasanya anak-anak akan susah-susah gampang dalam urusan makan. Ada anak yang suka pilih-pilih makanan, atau ada anak yang hanya suka satu jenis makanan saja. Kebanyakan anak lebih suka makanan olahan seperti nugget, sosis, Kentucky, atau keju. Padahal, kamu juga perlu memberikan tambahan asupan sayuran yang bermanfaat bagi tumbuh kembang dan kesehatannya. Sayuran menawarkan berbagai nutrisi penting seperti asam folat, vitamin A, vit C, potassium dan serat. Jika kamu selama ini sudah membujuk dan melakukan segala cara agar anak mau makan sayur, namun mereka tetap menolak dan bersikukuh dengan makanan favoritnya, maka jangan menyerah! Masih mungkin bagi si kecil untuk belajar agar menyukai sayuran. Masih ragu? Simak tips trik berikut ini dan anakmu akan segera mengerti bahwa brokoli bisa seenak ayam nugget :

tips agar anak mau makan sayur

Blender sayurannya

Blender tidak hanya berguna untuk membuat smoothies sehat dan lezat saja. Kamu bisa gunakan blender atau food processor untuk mencampur minuman berbahan sayuran yang enak. Kamu bisa menggunakan sayur brokoli, bayam, timun, seledri atau sawi sebagai bahan bakunya. Jika rasanya terlalu kuat dan agak getir, kamu bisa tambahkan 1 sdm selai kacang dan madu kedalamnya.

Buat sayuran tersebut menjadi lebih menarik

Selain kamu bisa membuat pancake yang berbentuk mickey mouse untuk menu sarapan, kamu juga bisa membentuk sayuran menjadi hal yang menyenangkan. Biarkan anak membantu membentuk menu sayuran mereka sendiri dengan beragam bentuk yang menarik seperti tokoh kartun favorit, hewan lucu dan yang lainnya.

Sembunyikan sayurannya

Buat makanan favorit anakmu lalu selipkan sayuran di dalamnya. Misalnya saja, wortel dan kentang ke dalam omelet telur, puree sayuran ke dalam macaroni panggang plus keju atau beragam jenis paprika dan bawang Bombay ke dalam pizza kesukaannya.

Lakukan eksperimen dengan produk sayuran

Terkadang, olahan sayuran yang monoton bisa membuat bosan. Coba eksperimen baru seperti mengganti kentang tumbuk dengan kembang kol tumbuk, timun suri (zucchini) goreng sebagai ganti kentang goreng, dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa mencoba untuk memanggang sayuran untuk mengubah cita rasanya.

Libatkan anak selama proses memasak

Biarkan anakmu untuk ikut berpartisipasi dalam mempersiapkan dan memilih menu makanan. Dengan cara ini, mereka akan lebih tertarik untuk memakan apa yang telah mereka masak. Ajak anak ke swalayan untuk memilih jenis sayuran untuk menu makan malam. Bantu mereka untuk memotong sayuran untuk salad atau makanan pendamping. Pasti mereka mau makan kreasi mereka sendiri!

Coba, coba dan coba lagi

Indra perasa anak akan terus berubah seiring tumbuh kembang mereka, jadi terus dorong anakmu agar mau merasakan sayuran, meski mereka pikir mereka tidak akan menyukainya. Coba pula untuk menambahkan variasi pada cara penyajian sayuran, dengan mencampurnya dengan bahan lain agar rasanya lebih enak.

Jadilah panutan yang baik

Ini berarti jadilah contoh bagi anakmu dan kamu juga harus mau memakan berbagai sayuran juga. Jika anak-anak melihatmu memakan sayuran, mereka juga akan lebih suka melakukannya. Dan selalu ucapkan hal positif tentang sayuran. Jangan pernah berkata : “Kamu mungkin tidak akan suka sayur wortel, tapi cobalah sedikit saja.” Namun berkatalah, “Wortel ini rasanya sangat enak dan bermanfaat bagi kesehatan matamu. Rasanya tidak kalah lezat dengan sosis kesukaanmu.”