Tips Atasi Rambut Kering Dan Rusak Secara Alami

by Ummi on December 8, 2016

Memiliki tipe rambut yang kering dan rusak akibat terlalu sering di tata atau menggunakan pewarna, memang gampang-gampang susah. Kita harus ekstra hati-hati merawatnya, karena salah-salah malah rambut akan semakin bertambah rusak. Nah, jika kamu ingin melakukan pendekatan alami untuk mengatasi masalah rambut yang satu ini, maka simak ulasan tentang bagaimana cara mengatasi rambut kering dan rusak secara alami berikut ini :

tips atasi rambut rusak

Perbaiki kerusakan rambut dengan Alpukat

Tumbuklah buah alpukat yang matang yang sudah dikupas, dicampur dengan satu butir telur. Lalu terapkan ramuan rumahan ini ke rambutmu yang basah. Alpukat kaya akan vitamin, asam lemak esensial, dan mineral yang akan membantu mengembalikan kembali kelembutan ke rambutmu, ujar Stephen Sanna, seorang colorist ahli di Pierre Michel Salon di New York City. Biarkan selama setidaknya 20 menit, lalu bilas beberapa kali hingga benar-benar bersih. Ulangi setiap seminggu sekali untuk mengatasi rambut yang rusak dan sebulan sekali untuk menjaga kesehatan rambut.

Pijat rambutmu dengan butter

Cobalah ramuan rumahan yang satu ini : atasilah rambut yang rapuh dan kering dengan sejumlah kecil mentega untuk mendapatkan kilau rambut yang bersinar. Pijatkan mentega ke rambut keringmu, lalu tutup rambut dengan shower cap selama sekitar setengah jam. Setelah itu, keramaslah seperti biasa, dan bilas semua mentega hingga bersih.

Pakai kondisioner minyak zaitun

Bawa kembali kelembaban ke rambut keringmu dengan cara menghangatkan 1/2 cangkir minyak zaitun (jangan sampai mendidih), dan kemudian gosokkan ke rambutmu. Tutupi rambut dengan kantong plastik, kemudian bungkus seluruhnya dengan handuk. Biarkan ramuan rumahan ini melakukan hal tersebut selama 45 menit, lalu keramas dan benar-benar bilas hingga bersih.

Bilas dengan air teh

Kamu mungkin berpikir teh hanya sebagai obat sakit tenggorokan, tetapi ternyata kamu juga dapat menggunakannya untuk memberikan rambut sinar yang alami. Gunakan satu liter teh hangat, tanpa gula (teh yang baru diseduh atau teh celup) sebagai bilasan akhir setelah keramas seperti biasa. Teh dapat meningkatkan warna rambut, jadi pastikan untuk menggunakan teh yang bekerja dengan warna rambutmu. Rambut pirang sebaiknya menggunakan teh chamomile; karena teh hitam dapat menggelapkan warnanya. Bagi orang yang berambut cokelat harus menggunakan teh hitam untuk meningkatkan sinar dan memperkaya warna.

Gunakan masker cuka sari apel

Bawa kembali kehidupan ke rambutmu yang lepek atau rusak dengan ramuan rumahan yang hebat ini: gabungkan 1 sendok teh cuka sari apel dengan 2 sendok makan minyak zaitun dan 3 putih telur, kemudian gosokkan campuran tersebut ke rambutmu. Jaga rambutmu tetap tertutup selama sekitar satu setengah jam dengan menggunakan bungkus plastik atau topi mandi (shower cap), lalu keramas dan bilas rambutmu.

Buat shampoo omelet

Campur sebutir telur dengan sedikit shampoo, lalu oleskan ke seluruh rambut rusakmu selama lima menit dan bilas hingga bersih. Perawatan ini akan membantu meningkatkan protein pada rambutmu.

Rawat rambutmu dengan minyak botanical

Banyak tersedia di toko makanan kesehatan, minyak zaitun, jojoba, dan almond manis kesemuanya adalah ramuan yang hebat untuk rambut rusak. Jika rambutmu tebal dan berat, minyak kelapa bisa bekerja dengan baik. Basahi rambutmu dan terapkan sejumlah kecil minyak botani sampai rambutmu benar-benar tertutupi semua. Bungkus dengan shower cap dan handuk hangat selama sekitar 30 menit, kemudian bilas dan keramasi rambutmu.

Cukup bungkus rambut basahmu untuk mengeringkannya

Daripada kamu menggosok rambutmu setelah keramas untuk mengeringkannya, lebih baik bungkus rambut rusakmu dengan handuk katun, dan biarkan helai kainnya menyerap kelembaban selama beberapa menit. Hal ini akan membantu melindungi rambut dari rambut bercabang yang lebih parah.

Gunakan humidifier di malam hari

Panasnya suhu rumahmu, mungkin saja bisa membuat udara menjadi sangat kering, sehingga bisa membuat rambutmu kering. Membawa kembali kelembaban ke udara di sekitar akan membantu rambutmu menjadi bertambah kering dan rusak.

Biarkan rambutmu terurai

Jika kamu biasanya menguncir rambutmu dengan model ekor kuda, maka biarkan rambutmu tergerai selama beberapa jam untuk istirahat. Juga, jangan mencoba mengikat rambutmu terlalu kencang. Dan jangan pernah tidur dengan memakai jenis aksesoris rambut apapun.