Tips Cara Mengecilkan Pipi Tembem

by Siti Eka Kurniyati on February 17, 2016

Apakah kamu mempunyai pipi tembam atau chubby? Juga dagu yang terlihat tebal? Di artikel sebelumnya, kami telah membagikan bagaimana cara membentuk dagu lancip serta tips make up bagi kamu yang memiliki wajah bulat agar terlihat tirus.

tips cara mengecilkan pipi tembemSebenarnya, ada beberapa faktor penyebab pipi tembam selain karena keturunan sehingga kamu bisa menghindari beberapa faktor tersebut agar pipimu tidak tembam. Lalu, apa saja faktor penyebab pipi tembam dan juga bagaimana cara mengecilkan pipi tembam? Simak ulasannya di bawah ini.

Faktor Penyebab Pipi Tembam atau Chubby

  • Keturunan atau gen. Jika keluargamu memiliki pipi tembam maka bisa jadi pipi tembammu asli karena faktor turunan. Untuk kasus ini, kamu perlu usaha lebih untuk mendapatkan pipi tirus seperti melakukan senam wajah.
  • Obesitas / kegemukan. Kelebihan berat badan tentu akan mempengaruhi kontur wajahmu sehingga terlihat lebih bulat atau chubby. (baca : cara mengatasi obesitas)
  • Kurang tidur juga bisa menjadi salah satu penyebab pipi tembam. (baca : cara mengatasi insomnia)
  • Gaya hidup yang tidak sehat seperti mengkonsumsi minuman beralkohol, merokok dan makan makanan cepat saji.
  • Kurangnya asupan kalsium (baca : pentingnya kalsium bagi tubuh)
  • Jarang berolahraga

Itu dia tadi beberapa faktor yang bisa menyebabkan pipi tembam atau chubby. Nah, sekarang saatnya kita membahas tips bagaimana cara mengecilkan pipi tembam atau chubby. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk mengecilkan pipi chubby.

Permen Karet

Kunyahlah permen karet secara teratur. Kegiatan ini bisa membuat otot wajah bergerak seperti badan kita yang melakukan olahraga. Pipi dan rahang yang terus bergerak saat kita mengunyah permen karet akan membuat lemak-lemak yang ada di pipi menghilang dan pipimu akan mengecil. Selain bisa mengecilkan pipi chubby, mengunyah permen karet juga dapat membersihkan kotoran yang menempel di gigi. Namun perlu kamu ingat agar tidak terlalu sering mengunyah permen karet karena bagi kamu yang memiliki penyakit maag karena permen karet bisa menyebabkan perut kembung. (baca : cara mengatasi maag)

Gerakan X O

Hal ini termasuk seperti gerakan senam wajah yaitu kamu menggerakkan kontur wajah saat mengucapkan huruf X dengan bibir yang ditarik ke samping kemudian menggerakan wajah saat mengucapkan huruf O dengan mendorong bibir ke depan. Lakukan gerakan ini selama 30 detik.

Tersenyum

Selain sebagai ibadah, senyum juga bisa membantumu mengecilkan pipi tembem. Tersenyumlah yang lebar hingga mendekati mata dan lakukan secara berulang.

Konsumsi Kalsium

Sudah disebutkan di atas bahwa salah satu penyebab pipi tembam adalah kekurangan kalsium, maka sebaiknya kamu mengkonsumsi makanan berkalsium lebih. Apa saja bahan makanan yang mengandung banyak kalsium seperti keju, susu atau konsumsi suplemen.

Diet atau Menurunkan Berat Badan

Bagi kamu yang memiliki pipi chubby karena obesitas sebaiknya segera melakukan diet atau penurunan berat badan. Untuk melakukan penurunan berat badan, kami punya tips diet sukses yang bisa kamu terapkan.

Membuka Mulut

Buka mulutmu seperti saat kamu mengucaojan huruf A. Lakukan selama beberapa menit tapi jangan terlalu lebar karena malah akan menyakiti rahangmu.

Fish Lip / Mulut Ikan

Saat sedang selfi, kamu pasti pernah melakukan pose fish lip atau mulut ikan. Ya, mengempotkan pipi dan mengerucutkan bibir dan tahan selama 10 detik. Gerakan ini juga bisa membantumu dalam mengecilkan pipi chubby.

Meniup Pipi / Menggelembungkan Pipi

Isi mulut dengan udara dan gelembungkan pipimu lalu tahan selama 30 detik. Atau kamu bisa memindahkan udara dari pipi kanan ke pipi kiri secara bergantian selama satu menit.

Beristirahat

Selain melakukan metode di atas, beristirahatlah yang cukup agar kamu terhindar dari stress dan juga kelelahan. Tidurlah selama 8 jam dan tidak lebih. Jika melebihi 8 jam maka bisa tambah tembem

Itu dia tadi beberpa tips mengecilkan pipi tembam atau chubby. Terapkan hidup sehat dan istirahat yang cukup juga akan membantumu mengecilkan pipi tembam. Dengan rutin mepraktekkan tips di atas, kamu tidak perlu lagi melakukan operasi plastic yang akan beresiko bagi wajahmu.