Tips Diet Sukses Tanpa Merasa Lapar

by Ummi on January 9, 2017

Apa cara terbaik yang bisa digunakan untuk menurunkan berat badan? Banyak sekali penelitian yang menunjukkan bahwa kunci untuk bisa melangsingkan tubuh adalah menjaga kalorimu tetap terus terbakar melalui banyak latihan harian dan aktifitas fisik serta makan kalori yang berkualitas untuk memberi bahan bakar aktivitas tersebut dengan benar. Secara keseluruhan, meminimalkan makanan yang diproses dapat menyediakan energi yang kamu butuhkan sementara juga membantu mengatur nafsu makan dan mengurangi tingkat kelaparan, yang akan memacu penurunan berat badan.

Para peneliti obesitas menamakan pendekatan pengaturan berat badan ini dengan ‘high energy flux’. Istilah ilmiah tersebut berarti bahwa kamu harus berusaha untuk membakar sejumlah kalori yang tinggi sembari juga makan sejumlah besar kalori yang berkualitas. Berikut adalah bagaimana cara agar kamu dapat menerapkan diet yang sukses tanpa harus merasa lapar :

Jadilah serba alami

Secara keseluruhan, makanan alami, seperti sayuran, buah, kacang-kacangan, dan whole grain, tinggi akan kandungan serat. Makanan tinggi serat akan memenuhi perutmu dan membantumuu merasa kenyang lebih lama. Serat larut (yang banyak terdapat dalam kacang-kacangan dan buah) akan memperlambat pengosongan perut dan menstabilkan kadar gula darah, menjauhkanmu dari rasa lapar. Makanan tinggi serat juga mengandung prebiotik, sari pati spesial yang berttindak sebagai makanan bagi probiotik, atau bakteri menyehatkan dalam saluran cerna.

Trik : makanlah setidaknya tiga mangkuk sayuran dan tiga iris buah setiap hari, disertai dengan beberapa sajian kaya serat dari ubi jalar, kacang-kacangan, dan whole grain.

Makanlah lebih banyak produk susu

Ada ribuan strain bakteri (seperti probiotik yang sudah disebutkan di atas) dalam saluran cernamu. Banyak ulasan studi yang menemukan bahwa strain tertentu tersebut mempengaruhi obesitas. Beberapa bakteri bisa mempengaruhi jumlah energi yang di ekstrak dari makanan dan mengirimkan sinyal yang mempengaruhi metabolisme. Salah satu strain bakteri yang umum, disebut bifidobacteria, membantu dalam proses menurunkan berat badan dan memperkecil gejala yang terkait dengan obesitas, seperti peningkatan penanda inflamasi. Produk olahan susu seperti kefir, buttermilk, yogurt, dan keju, sangat kaya akan bifidobacteria.

Trik : usahakan untuk paling tidak untuk makan satu sajian dari produk olahan susu (dan makanan probiotik lain, seperti miso, tempe) setiap hari.

Makanlah makanan pembakar kalori

Banyak studi menunjukkan bahwa capsaicin, senyawa yang terdapat dalam cabe rawit, dapat membantu meningkatkan pembakaran kalori, mengurangi nafsu makan, dan membantu mengendalikan berat badan. Hal itulah yang menjadikan cabe kering atau segar, bubuk cabe, dan kulit cabe menjadi tambahan yang cerdas untuk dietmu. Teh hijau yang juga memiliki polifenol special yang disebut katekin, juga dapat membantu meningkatkan pembakaran kalori dan mengurangi tingkat kelaparan.

Trik : ganti dua cangkir kopimu dengan teh hijau. Dan tambahkan taburan kulit cabe atau bubuk cabe ke dalam sup atau saus pasta.

Kecilkan ukuran piringmu

Sebuah studi baru dari Cornell University menunjukkan bahwa 92% orang menandaskan piringnya. Itu tidak terlalu buruk jika yang kamu makan adalah salad, namun itu bisa berarti membludaknya kalori jika yang kamu makan adalah es krim, keripik, kukis, dan makanan enak lainnya. Jangan mengelak bahwa dirimu tidak suka hidangan itu, cukup buat sedikit trik untuk dirimu dengan cara memodifikasi apa yang kamu lihat.

Trik : sajikanklah keripik dalam mangkuk berukuran kecil dan gunakan peralatan makan dengan ukuran yang lebih kecil dan piring yang lebih kecil juga, yang akan membuat porsi makanmu yang lebih sedikit, menjadi tampak lebih besar.

Ganti jenis olahragamu

Pertahankan jarak tempuh lari atau olahraga yang biasa kamu lakukan, tapi coba untuk melakukan kegiatan baru. Dengan melakukan hal ini akan menggunakan otot yang tidak begitu terlatih dan membuat perubahan adaptif pada tingkat mikroskopis, seperti membangun protein otot baru dan kompartemen selular sehingga membantu membakar lebih banyak kalori.

Tingkatkan aktivitas ekstra

Olahraga bukanlah satu-satunya cara untuk membakar kalori. Tugas sehari-hari seperti berjalan, berdiri, dan bersih-bersih dapat memiliki dampak besar pada total kalori yang terbakar dan menjadi ujung keseimbangan berat badan yang menguntungkanmu. Lihatlah sekitar lingkungan kerja dan rumahmu untuk mencari cara agar kamu dapat membuat dirimu menjadi lebih aktif.

Trik : Jangan duduk selama lebih dari 30 menit dalam posisi yang sama. Atur timer untuk mengingatkanmu untuk berdiri. Tonton TV sambil berdiri dan melipat pakaian. Jika bosmu menawarkan, mintalah meja berdiri di tempat kerja, dan naiklah tangga daripada menggunakan lift.