Tips Gizi Dan Cara Makan Yang Benar Di Bulan Puasa

by Ummi on June 17, 2015

Marhaban Ya Ramadhan…..
Tak terasa, bulan suci Ramadhan sudah ada di depan mata. Selain kita harus mempersiapkan strategi khusus agar bisa tetap fit dan bugar selama bulan puasa, kita juga harus pintar-pintar mengatur asupan makanan di bulan suci ini, agar tubuh kita tetap dalam kondisi prima dan tetap terkontrol berat badannya. Untuk itu, simak tips-tips seputar gizi dan nutrisi di bulan Ramadhan berikut ini:

menu sehat di bulan puasa

>Menu untuk berbuka yang sehat, sebaiknya bisa selaras dengan tradisi dan sunnah Rosul, yang bermula dari 3 biji kurma, lalu segelas air atau susu, baru setelah itu menyantap makanan pembuka dengan menu semangkuk sup hangat atau salad, tentu saja dengan porsi yang tidak berlebihan.

>Memulai makan berbuka dengan sup yang hangat, akan membuat perut terasa nyaman setelah berpuasa, mengisi kembali cairan tubuhmu dan membantu sistem pencernaan untuk siap mencerna makanan yang penuh berkah ini.

>Untuk menu utama, sebaiknya mengandung sumber karbohidrat yang tinggi seperti nasi, pasta dan kentang. Lengkapi pula dengan sumber protein seperti daging ayam/ ikan dan sayur mayur, dengan ukuran 1/4 bagian karbo, 1/4 bagian protein, dan 1/2 bagian sayuran.

>Jangan lupa minum lebih banyak air selama bulan suci Ramadhan, setidaknya 8 gelas air yang dikonsumsi dalam jumlah yang sedikit demi sedikit untuk mencegah terjadinya kembung.

>Untuk mencegah kehausan selama puasa, minumlah banyak air saat jam di luar puasa dan hindari makanan yang terlalu pedas atau asin. Dan konsumsi lebih banyak buah dan sayur yang menyegarkan seperti melon, semangka, wortel dan bayam.

>Sebagian orang akan cenderung malas bergerak saat berpuasa. Jadi, untuk membakar ekstra kalori, pastikan agar kamu tetap aktif, paling tidak dengan pergi jalan-jalan setiap hari, misalnya 2 jam setelah berbuka yang akan memberikan waktu bagi lambung untuk mencerna semua makanan.

>Bagi sebagian orang, akan cenderung makan berlebihann selama Ramdhan. Dan ini bisa menimbulkan kenaikan berat badan. Untuk itu, makanlah menu makanan sehat saat berbuka. Pilih makanan pembuka yang manis dan dalam jumlah yang wajar. Konsumsi lebih banyak buah dan sayur, dan hindari minuman berpemanis buatan. Hal ini akan membantumu untuk mempertahankan berat badan yang ideal dan normal.

>Jangan lupa untuk sahur. Sahur akan memberimu kekuatan dan vitalitas sepanjang hari dan membuat suasana puasa menjadi lebih mudah dan ditoleransi. Pastikan menu sahur adalah makanan karbohidrat yang akan dicerna secara perlahan oleh lambung seperti roti gandum, beras merah atau sereal gandum yang akan membantu mempertahankan kadar gula dalam darah.

>Makanan dan minuman yang serba manis memang sulit untuk ditolak saat Ramadan. Untuk menghindari terlalu banyak kalori, usahakan makan makanan manis dalam porsi yang terkontrol dan sewajarnya. Makanan manis yang dikonsumsi segera setelah waktu berbuka akan meningkatkan ukuran lambung dan menyebabkan penundaan dalam sistem pencernaan dan menyebabkan fluktuasi kadar gula dalam darah, sehingga membuatmu ketagihan dan ingin makan lebih banyak lagi. Itulah mengapa dianjurkan untuk baru makan makanan manis pada 2-3 jam setelah berbuka.

>Pilih kurma, buah kering dan kacang-kacangan sebagai bagian dari dietmu selama Ramadhan. Ini akan memberimu nutrisi yang menyehatkan dan dikemas dengan energi yang akan menjaga vitalitasmu selama bulan suci ini.

>Hindari makanan yang asin, seperti makanan olahan atau kalengan, kacang berbumbu dan asinan, karena ini akan membuatmu menjadi lebih haus selama periode puasa.

Itu tadi beberapa tips seputar gizi dalam menjalani bulan penuh berkah ini. Selamat menunaikan ibadah puasa !