Tips Kecantikan Berbahan Dasar Pepaya

by Ummi on June 10, 2015

Apakah kamu adalah salah satu penggemar setia buah pepaya? Pepaya adalah buah tropis yang biasanya sering kita makan langsung atau dicampurkan ke dalam smoothies, salad, rujak buah ataupun es buah. Pepaya juga sering ditambahkan ke dalam beberapa produk perawatan kulit dan rambut. Namun, banyak dari manfaat pepaya hanya bisa didapatkan dengan menggunakan buahnya secara langsung. Diantaranya manfaat yang berkaitan dengan kecantikan kulit dan wajah. Ingin tahu manfaat buah pepaya bagi perawatan wajah? Simak ulasannya berikut ini:

Tips Kecantikan Berbahan Dasar Pepaya

– Menghaluskan Wajah
Pepaya mengandung senyawa bernama Beta Hydroxy Acid atau BHA. BHA bisa bertindak sebagai bahan eksfoliasi, sehingga pepaya mampu untuk menghilangkan kotoran dan sel kulit mati pada lapisan teratas kulit, menjadikan sel kulit baru yang segar muncul ke permukaan, menghasilkan tampilan yang lebih lembut dan halus. Untuk menggunakannya, cukup terapkan irisan tipis dari buah pepaya ke kulit wajah dan tunggu beberapa menit sebelum dibilas. Manfaat lain pepaya adalah kandungan BHA-nya diduga tidak terlalu mengiritasi kulit jika dibanding dengan Alpha Hidroxy Acid, bahan eksfoliasi lain yang sering digunakan. Namun, pepaya mungkin bisa menyebabkan alergi bagi sebagian orang dan bisa meningkatkan sensitifitas terhadap matahari, jadi gunakan dengan hati-hati.

– Meratakan Warna Kulit
Beberapa orang pernah mengalami perubahan warna kulit yang tidak merata atau noda hitam pada wajah. Pepaya bisa dijadikan sebagai bahan pembuat masker wajah untuk meratakan warna kulit dan menyamarkan noda belang akibat sengatan matahari. Cara membuat masker yang murah meriah ini adalah : Campur 2 Sdm madu dengan ½ cangkir buah pepaya matang yang sudah dihancurkan hingga merata. Terapkan masker ini ke seluruh wajah dan diamkan selama 15-20 menit. Kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan. Setelah itu, gunakan pelembab yang biasa kamu pakai.

– Meningkatkan Kesehatan
Peningkatan dari segi kecantikan bisa datang baik dari perawatan luar dan juga dari meningkatkan kesehatan secara umum. Jika tubuhmu sehat, kulitmu akan terlihat lebih baik dan akan memancarkan energi, membuatmu tampak lebih menarik dibanding saat kamu merasa sakit dan lesu. Pepaya bisa membantu meningkatkan kesehatan secara umum karena kaya akan berbagai jenis nutrisi penting. Universitas Maryland Medical Center menjelaskan bahwa pepaya adalah sumber vit C yang baik. Vit C merupakan antioksidan kuat yang bisa mengurangi kerusakan akibat radikal bebas yang bisa mengakibatkan penuaan dini. Vit C juga berfungsi untuk melindungimu dari asam urat, penyakit jantung dan kanker. Maka dari itu, rajinlah makan buah pepaya segar untuk meningkatkan kesehatanmu.