Tips Makan Sehat Di Luar

by Ummi on February 25, 2016

Apakah kamu termasuk tipe orang yang senang makan dan jajan di luar ketimbang masak sendiri di rumah? Meski kelihatannya makan diluar lebih menarik dan menggugah selera, namun awas! Banyak penelitian yang mengaitkan makan di luar dengan masalah makan terlalu berlebihan dan pilihan menu makanan yang tidak sehat. Untuk itu, kali ini kami akan membagikan tips untuk membuat acara makan diluar mu menjadi lebih sehat dan aman bagi kesehatanmu :

tips makan sehat di luar

Baca menunya sebelum kamu masuk ke restoran

Jika kamu masih belum begitu familiar dengan daftar menu yang ada, maka baca  dulu dengan baik-baik sebelum kamu memutuskan untuk memasuki sebuah restoran. Karena, sebagian besar orang akan cenderung memesan pilihan makanan yang kurang sehat ketika mereka sedang dalam keadaan lapar atau tidak tenang.

Pemandangan restoran dan bau sedap makanan bisa membuat keputusan yang sesuai dengan rencana menjadi lebih sulit, terutama jika kamu sedang lapar. Memilih makakan sebelum kamu masuk ke sebuah restoran akan membuat kamu lebih gampang untuk menghindari keputusan yang diambil dalam sekejap, yang bisa mebuatmu menyesal di kemudian hari.

Ngemillah dengan camilan sehat sebelum kamu tiba di restoran

Jika kamu sudah lapar ketika kamu tiba di restoran, maka kamu bisa berakhir dengan makan terlalu banyak. Salah satu cara untuk mencegah hal ini adalah dengan makan cemilan yang sehat sebelum tiba di restoran tadi. Camilan yang rendah kalori dan tinggi protein seperti yogurt adalah contoh makanan yang membuatmu kenyang lebih lama dan membantu mencegah makan terlalu berlebihan.

Minum air putih sebelum dan selama makan

Air putih adalah pilihan fantastis untuk diminum sebelum dan bersamaan dengan makan, terutama jika kamu meminumnya sebagai ganti dari minuman bersoda atau soft drink. Mengganti minuman berpemanis gula dengan air putih bisa membantu mengurangi asupanmu terhadap kalori dan gula tambahan. Salah satu studi menunjukkan bahwa orang yang sedang diet yang minum air putih sekitar 500 ml satu setengah jam sebelum makan besar, akan makan makanan berkalori lebih sedikit dan akan kehilangan berat badan 44% lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak minum air putih.

Periksa bagaimana makanan tersebut dimasak dan disajikan

Bagaimana cara makanan itu dimasak bisa memiliki pengaruh yang sangat signifikan pada jumlah kalori yang terkandung didalamnya. Carilah makanan yang di masak dengan cara di kukus, di bakar, di panggang, atau di rebus. Secara umum, memasak dengan metode ini bisanya lebih sedikit mengandung lemak, karena itu jumlah kalorinya lebih sedikit. Makanan yang dijelaskan di menu sebagai pan-fried, fried, crispy, atau crunchy biasanya akan mengandung lebih banyak lemak dan lebih banyak kalori.

Cobalah makan dengan kondisi sadar

Makan dengan secara sadar (mindful eating) berarti membuat pilihan sadar tentang apa yang kamu konsumsi dan memberikan perhatian penuh untuk proses makan. Luangkan sedikit waktu untuk menikmati aroma dan rasa dari makananmu, begitu pula resapi pemikiran serta perasaan yang timbul ketika kamu makan. Jangan pula makan sambil melakukan aktifitas lain seperti membaca, nonton TV, atau bermain ponsel. Mindful eating telah dikaitkan dengan kemampuan memberikan pilihan makanan yang lebih sehat di restoran-restoran. Hal ini juga bisa membantu meningkatkan kendali dirimu dan mencegahmu untuk makan berlebihan.

Pesan makananmu sebelum orang lain memesan

Orang lain bisa mempengaruhi keputusan kita tanpa kita sadari. Dalam situasi sosial bersama banyak orang, orang akan cenderung untuk meniru satu sama lain tanpa sadar, dan tak terkecuali dalam urusan makan diluar. Pilihan menu yang dipilih orang-orang dan perilaku makan bisa sangat dipengaruhi oleh pilihan orang lainnya yang satu meja. Jika kamu makan bersama grup yang biasanya memesan sesuatu yang tidak sesuai dengan rencana makan sehatmu, maka pastikan jika kamu memesan makanan terlebih dulu agar tidak terpengaruh.

Pesan dua menu makanan pembuka sebagai ganti hidangan utama

Penelitian menunjukkan bahwa orang cenderung akan makan berlebihan jika mereka disajikan porsi makanan yang lebih besar. Jika kamu pergi ke restoran yang porsi makanannya termasuk jumbo, maka coba pesan dua menu makanan pembuka bukannya hidangan utama. Hal ini bisa membantumu merasa kenyang tanpa harus kelebihan kalori.

Makan pelan-pelan dan kunyah dengan baik

Mengunyah makanan dengan seksama dan makan lebih pelan bisa membantumu makan lebih sedikit. Itu juga bisa membuatmu merasa kenyang lebih cepat. Ketika kamu makan, coba hitung jumlah minimal kunyahan setiap satu suapan untuk menghentikan dirimu dari makan terlalu cepat. Menaruh sendok ke piring setiap kali selesai satu suapan juga bisa menjadi cara yang baik untuk memperlambat dan memberikan sinyal rasa kenyang kepada dirimu.