Tips Make Up Untuk Wanita Berkulit Gelap (Hitam Manis)

by Ummi on May 3, 2014

Kebanyakan perempuan Indonesia memiliki warna kulit yang gelap seperti mayoritas wanita Asia pada umumnya. Untuk bisa tampil cantik dan menawan, berikut adalah tips make-up bagi wanita berkulit gelap yang bisa kamu simak;

1. Melembabkan wajah

Bagi mereka yang berkulit gelap, kerap bermasalah dengan kekeringan, dan akan terlihat kusam berdebu jika tidak dilembabkan dengan benar. Untuk itu, pastikan kamu memakai pelembab yang baik setiap habis mandi untuk menjaga kelembaban wajah dan tubuhmu. Hal ini akan membuat wajah gelapmu tampak bersih, dan bercahaya.

Tips Make Up Untuk Wanita Berkulit Gelap (Hitam Manis)

2. Jerawat dan bekas jerawat

Kulit gelap lebih rentan terkena jerawat atau bekas jerawat. Jangan menekan jerawat ataupun ruam kulit yang lain, karena justru itu akan membuat mereka muncul lebih banyak lagi dibandingkan dengan orang yang memiliki kulit berwarna lebih cerah.

3. Pilih foundation yang tepat

Saat memilih foundation yang tepat bagi warna kulit gelap, tempat terbaik untuk mencobanya adalah dengan mengoleskannya pada dahi dan tepat diatas rahang, bukan punggung telapak tangan. Hati-hatilah saat memilih warna, karena warna apapun yang lebih terang dari kulitmu, akhirnya akan membuatmu tampak keabu-abuan.

4. Eyeshadow

Warna-warna gelap ataupun metalik seperti hijsu, tembaga, merah anggur (burgundy), ungu dan coklat akan tampak mengesankan dipadu dengan kulit gelapmu, apalagi jika dikenakan pada saat malam hari. Jika ingin gunakan eyeshadow warna-warni, pastikan kamu tahu tips memakai eyeshadow yang tepat

5. Make-up mata

Smoky eyes akan terlihat sangat baik pada mereka yang memiliki kulit lebih gelap. Pastikan kamu telah membaurkannya dengan baik, dan jika kamu ingin efek ekstra, tambahkan warna pop disekitar sudut mata bagian dalam. Jika kamu ingin mencampur dua warna, pastikan keduanya dari golongan warna yang sama dan bisa melengkapi satu sama lain. Gunakan warna yang lebih terang mulai dari tengah mata hingga ke kelopak mata, dan warna yang lebih gelap di bagian luar.

6. Lipstick

Memilih warna lipstick yang tepat bagi orang berkulit gelap merupakan ujian yang berat. Pilih warna lipstick seperti beige, kopi, cokelat, burgundy, pink lembut, plum, berry dan emas. Hindari memilih lipstick yang memberikan efek frosty (es beku) atau yang terlalu glossy (berkilau).

7. Perona pipi

Warna blush-on seperti peach gelap, perunggu, deep orange, coral, wine, rose, emas, dan warna perona pipi yang lebih gelap lainnya akan melengkapi penampilanmu.

8. Jenis foundation

Foundation berbentuk cair akan bekerja lebih baik daripada yang berbentuk krim atau bubuk karena akan membuat kulitmu tampak bercahaya. Encerkan foundation dengan sedikit air agar lebih melekat pada kulit.

9. Tabir surya

Hanya karena kulitmu sudah berwarna gelap, bukan berarti tidak akan terkena efek berbahaya dari sengatan sinar ultraviolet. Hal ini merupakan anggapan yang keliru. Pilihlah tabir surya tergantung pada jenis kulitmu.

10. Gunakan bedak

Kulit gelap akan segera mudah tampak berminyak dan mengkilap, jadi dianjurkan untuk selalu memakai bedak dengan warna yang paling mendekati dan sesuai dengan warna kulit..