Tips Makeup Sempurna Untuk Sesi Foto

by Ummi on November 15, 2016

Entah kamu sedang berencana untuk membuat foto pre-wedding, foto keluarga, atau foto sampul majalah, maka kamu harus benar-benar siap utnuk selalu bagus tampil di depan kamera dari waktu ke waktu. Namun faktanya, makeup yang tampak sempurna dalam kehidupan nyata tidak selalu juga bagus di depan kamera. Nah untuk itu, simak tips dan trik makeup berikut ini agar kamu bisa terlihat fotogenik di depan kamera:

tips makeup untuk sesi foto

Gunakan mouisturizer bebas SPF

Apakah kamu pernah melihat foto dirimu di mana wajahmu terlihat putih seperti hantu namun bagian tubuhmu yang lain terlihat normal? Maka itu pasti gara-gara kamu sedang getol melakukan perawatan kulit dan menggunakan SPF. Masalahnya adalah, SPF tidak tahu perbedaan antara lampu flash kamera dengan sinar matahari. Jadi, semburat warna putih tersebut hanyalah karena SPF merefleksikan kamera sebagai ‘matahari’. Maka inilah saat di mana kamu harus melewatkan SPF. Tapi tentu kamu masih ingin memakai pelembab untuk menyegarkan kulit dan memungkinkan makeup agar bisa diterapkan dengan lancar, jadi cobalah memakai mouisturizer yang kaya dan bebas SPF.

Putihkan gigimu

Memang seorang fotografer professional akan dengan senang hati mencoba membuat gigimu terlihat putih di foto. Namun kamu akan tersenyum lebih lebar jika gigimu memang lebih putih aslinya. Untuk tujuan tersebut, kunyahlah strip pemutih 30-60 menit menjelang pemotretan sembari kamu di rias atau sedang di tata rambutnya, dan dijamin kamu akan memiliki senyum yang lebih mempesona saat kamu melangkah untuk sesi pemotretan.

Mata yang terang

Lampu kamera di atas kepala, pepohonan, bangunan, dan sejenisnya kerap memantulkan bayangan yang lebih gelap di hasil foto daripada yang biasanya. Untuk itu, sedikit pencerahan ekstra di area bawah mata akan menjaga penampilan matamu tetap terbuka lebar dan segar (tidak sayu seperti baru bangun tidur). Oleskan krim concealer ringan dalam warna yang dua atau tiga tingkat lebih cerah dari warna kulitmu dalam area segitiga terbalik di bawah area mata.

Jangan lewatkan alis matamu

Meski kamu tidak pernah melukis alis mata, namun kamu akan senang jika melakukannya untuk sesi pemotretan. Memakai sedikit bedak pengisi alis seperti Clinique Brow Shaper, akan membantu menegaskan bentuk alismu, dan memastikan alismu akan mengarah ke lampu flash kamera dan tidak menjadi tak kasat mata (tidak kelihatan jelas). Fokuskan sebagian besar penegasan alis pada ujung ekor alis karena mereka seringkali menghilang di foto.

Bebaskan wajahmu dari kilap

Saat kamu perlu untuk melakukan touch up di tengah-tengah proses pemotretan, maka jangan gunakan compact powder untuk melapisi riasan yang sudah ada. Yang kamu perlu lakukan hanyalah menyerap minyak dari permukaan kulitmu. Kertas penyerap minyak (blotting paper) akan sangat sempurna untuk ini. Sediakan selalu blotting paper di tasmu, dan kamu akan selalu siap untuk menghapus kilap dari wajahmu.

Pakai makeup anti minyak

Tak ada orang yang ingin kelihatan mengkilap atau berminyak di foto mereka. Jadi pastikan kamu sudah men-set makeup mu dengan bedak transparan (translucent powder) yang berbentuk loose powder. Dan ketika menyapukan bedak, ingatlah untuk menggunakan gerakan yang ringan karena terlalu banyak bedak akan tertangkap di kamera.

Garislah bibirmu

Menegaskan bentuk bibir selalu penting, terutama untuk sesi foto. Lip liner tidak hanya membantu menambahkan dimensi, tetapi juga membantu agar warna bibirmu tetap awet di sepanjang proses pemotretan. Plus, lip liner tidak akan lengket seperti saat memakai lip gloss.

Lakukan contouring dan highlighting

Saat di potret di bawah cahaya yang terang atau di luar ruangan, terkadang semua cahaya itu bisa melumpuhkan dimensi tepat pada wajahmu. Jadi, disarankan untuk melakukan sedikit contouring dan highlighting. Pahat struktur rahangmu dengan menggunakan contouring palette sederhana. Menambahkan bayangan di bawah tulang pipi juga akan membuat perbedaan besar di fotomu, membuat wajahmu terlihat lebih tirus dan ramping.

Jangan ada zona kilau di wajah

Ketika kamu berada di depan kamera, hal apapun dengan kerlip atau kilauan akan menonjolkan tekstur, seperti kerutan atau jaringan parut. Kilau juga dapat terpotret sebagai bintik-bintik putih terang. Gunakan semua warna eye shadow matte pada mata untuk menjaga perhatian tetap tertuju pada mata indahmu, tidak pada keriputmu.