Tips Makeup Untuk Kulit Berminyak

by Ummi on August 19, 2015

Kalau kita melihat para model di majalah fashion ternama, tentu sangat ingin memiliki wajah cerah berkilau seperti mereka. Namun realitanya, saat kita memakai makeup, saat kilap pada wajah mulai muncul, itu pertanda bahwa minyak berhasil merembes melalui riasan yang kamu kenakan. Jika kamu merasa kilau yang ada di wajahmu bukanlah kilau kecerahan namun lebih kepada kilap akibat banyaknya minyak, maka kamu bisa mengurangi kilap seperti yang kamu mau.

Mengapa kamu bisa memiliki kulit yang berminyak? Kelenjar minyak yang disebut dengan kelenjar sebaseus, bisa menjadi terlalu hiperaktif dengan tugasnya dan memproduksi terlalu banyak sebum, zat berminyak yang terakumulasi pada wajahmu. Stimulant tertentu seperti hormon, produk kosmetik, karakter genetik, dan kulit yang terlalu kering saat cuaca dingin, serta pembersih wajah yang bersifat abrasif, bisa membuat kelenjar minyakmu bekerja berlebihan, sehingga membuat wajahmu terlihat sangat berminyak. Namun, dengan adanya sedikit usaha dan ketelatenan, kamu bisa mengendalikan minyak ini. Kamu bisa menemukan pilihan makeup terbaik untuk kulitmu tanpa khawatir makeupmu akan memperparah minyak di wajahmu. Dan dengan menggunakan beberapa peralatan makeup, jenis makeup, dan metode pembauran make up tertentu, bisa membantumu meningkatkan kilau wajah sehat tanpa menciptakan kilap minyak yang berlebih. Berikut adalah tips untuk menerapkan makeup bagi kulit berminyak ;

tips makeup untuk kulit berminyak

Persiapan untuk menerapkan makeup pada kulit berminyak

Jika kamu memutuskan mau bersahabat dan merawat kulit berminyak, maka waktunya untuk membujuk kulit dan minyakmu ke tahapan yang benar untuk aplikasi makeup. Persiapan ini akan menjaga kulitmu tetap sehat untuk mengendalikan produksi minyak di wajahmu. Pertama-tama, kamu harus membersihkan wajahmu dengan tepat. Hal itu tidak berarti kamu harus menggosoknya hingga bersih. Salah satu kesalahan terbesar yang dibuat oleh orang yang memiliki kulit berminyak adalah mencuci wajah dengan terlalu sering atau terlalu keras. Terlalu banyak abrasi akan mengelupas minyak alami yang baik bagi kulit, menyebabkan kulit berpikir bahwa perlu kelembaban lagi, sehingga justru mendorong kelenjar sebasea untuk memproduksi lebih banyak minyak. Untuk menghindari terjadinya situasi ini, maka cucilah wajahmu dengan lembut dan perlahan, dan jangan mencuci wajahmu lebih dari dua kali sehari. Juga, cobalah untuk menggunakan pembersih wajah yang berbasis air atau gel untuk menghilangkan kotoran, sisa makeup, dan kelebihan minyak tanpa harus mengelupas kulitmu.

Jangan lupa pula untuk mengoleskan lapisan tipis tabir surya atau gunakan foundation yang mengandung minimal SPF 15. Pilih tabir surya yang mengandung Zync oxide atau Titanium dioxide yang bahannya lebih lembut dan lebih aman bagi kulit sensitif dan memiliki sifat anti bakteri dan anti inflamasi. Meski kulitmu sudah berminyak, namun kamu tetap perlu menggunakan pelembab untuk mencegah kulitmu menjadi kering. Ingat, jika kulitmu berpikir bahwa ia menjadi kering, maka akan memproduksi lebih banyak minyak. Untuk itu, gunakan pelembab yang berbahan ringan dan bebas minyak.

 Peralatan aplikasi makeup

Setelah kamu mempersiapkan wajahmu, maka kamu bisa bekerja menciptakan sihir makeup. Untuk melengkapi transformasimu, kamu perlu menggunakan peralatan makeup yang tepat. Makeup artis professional akan membuat efek sihirnya bukan dengan pilihan makeup yang mereka gunakan, tetapi dengan metode dan alat makeup yang mereka gunakan untuk mengaplikasikannya. Kamu pun juga bisa melakukan hal yang sama. Untuk itu, mulailah dengan mempersiapkan tiga alat utama berikut ini :

  • Gunakan kuas eyeshadow, bukan aplikator berupa spon atau kapas untuk menerapkan eyeshadow. Alat ini akan mudah diterapkan bagi kulit sensitif disekitar matamu dan memungkinkanmu untuk menerapkan warna secara presisi/ tepat.
  • Terapkan foundation dengan menggunakan spon atau kuas khusus foundation, bukannya dengan jarimu. Spon bagus untuk mencakup titik-titik tertentu ataupun mencakup semua bagian wajah, sementara kuas foundation sangat bagus untuk memberikan pencakupan penuh. Kedua alat ini akan memungkinkanmu untuk menerapkan makeup secara lembut dan merata.
  • Sama halnya dengan foundation, jangan gunakan jari untuk menerapkan blush on. Untuk mendapatkan kesan pipi yang kemerahan atau kecoklatan alami, kamu harus menemukan kuas blush on yang bagus. Kuas makeup memang didesain untuk bekerja dengan lekukan alami pada wajah tanpa harus menerapkan tekanan yang terlalu banyak.

Meski kamu akan tergoda untuk menerapkan makeup dengan menggunakan jari, namun ingatlah bahwa jari bisa membawa kotoran, kuman, dan minyak yang bisa berpindah ke wajahmu, sehingga menyebabkan iritasi dan jerawat. Ditambah lagi, saat kamu menyentuh makeup dengan jari, kamu akan mentransfer segala jenis hal buruk dari tangan ke makeup.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2 3