Tips Memakai Softlens Yang Benar

by Siti Eka Kurniyati on January 17, 2016

Mata adalah salah satu bagian vital dari manusia yang juga merupakan organ paling sensitive. Penggunaan softlens sebagai aksesoris maupunĀ  alat bantu penglihatan yang dipakai melekat pada mata membuat alat ini haruslah dipasang dengan dengan hati-hati dan tidak sembarangan.

tips memakai softlens yang benarSoftlens yang tidak dipasang atau digunakan secara tepat bukan malah akan mempercantik tampilan matamu tetapi malah akan membuat matamu memerah bahkan iritasi atau infeksi. Sebelum membeli softlens perhatikan dulu tips membeli softlens yang aman. Nah, bagi kamu yang ingin memulai memakai softlens, perhatikan tips memakai softlens berikut ini :

Periksa Kondisi Mata

Sebelum kamu memutuskan untuk memakai softlens, ada baiknya kamu memeriksakan terlebih dulu kesehatan matamu ke dokter. Ini dilakukan untuk mencegar iritasi atau masalah lainnya apabila mata kamu alergi terhadap suatu zat.

Tangan yang Bersih

Sebelum kamu memakai softlens, sebaiknya tanganmu steril dari berbagai kotoran. Kamu juga jangan menggunakan dulu body lotion agar sisa body lotion tidak menempel di softlens. Cucilah tanganmu dengan bersih dengan air bersih atau sabun anti kuman lalu keringkan dan jangan menyentuh zat lain sebelum kamu memasang softlens.

Cara Memakai Softlens Yang Benar

Gunakan ujung jari telunjukmu untuk mengangkat softlens. Sementara tangan yang lainnya membantu mengangkat kelopak matamu sedangkan jari tengah di sebelah telunjuk yang memegang softlens digunakan untuk menarik kelopak mata bagian bawah. lihatlah ke atas kemudian dengan lembut dan perlahan letakkan softlens di bagian bawah bola mata. Usap dengan lembut kelopak mata kemudian tutup mata kamu. Berkediplah sebanyak 5 kali untuk membuat softlens tidak bergeser.

Waktu Pemakaian

Dalam sehari, kamu sebaiknya tidak lebih dari 8 jam pemaiakaian softlens. Pemaiakaian yang terlalu lama akan membuat mata tidak nyaman dan bakteri yang akan berkembang. Perhatikan pula tanggal kadaluarsa yang tertera di kemasan. Umumnya, softlens hanya bisa dipakai selama 6 sampai 12 bulan. Dan jikapun masa kadaluarsa masih ada tetapi softlens yang kamu gunakan sudah terasa tidak nyaman, sebaiknya segera ganti dengan softlens yang baru.

Melepas Softlens

Softlens bisa menjadi sebuah sarang berkembangnya kuman dan virus yang bisa membahayakan mata. Oleh sebab itu, ketika kamu mandi atau ingin berenang, hendaknya kamu melepaskan softlens. Softlens yang terkena air saat mandi ataupun berenang bisa jadi tertempel oleh zat tertentu yang bisa membahayakan mata.

Perlengkapan Softlens

Gantilah wadah softlens minimal 3 bulan sekali, dan juga gantilah cairan yang ada di wadah tiap kali kamu mau menyimpan softlens meskipun cairan tersebut terlihat bersih.

Itu dia tadi beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat menggunakan softlens agar terhindar dari iritasi atapun infeksi. Baca juga cara memilih warna softlens yang tepat sesuai warna kulit agar penampilanmu tidak tampak aneh.