Tips Membeli Wig Yang Tepat

by Ummi on May 29, 2016

Kini, wig sudah menjadi bagian tersendiri dari dunia fashion. Orang-orang tak lagi menggunakan wig untuk menutupi kekurangan rambut asli akibat kebotakan atau kerontokan, namun mereka menjadikan wig sebagai salah satu item fashion untuk mempercantik penampilan. Wig sendiri pun juga telah hadir dalam berbagai macam bentuk dan bahan. Sekarang, wig bahkan bisa terbuat dari helai rambut manusia asli yang terbaik, dan banyak pula wig yang menjanjikan ultra kenyamanan bagi mereka yang memiliki kulit kepala sensitif akibat kemoterapi. Namun, apapun alasan yang mendasarimu memakai wig, berikut adalah tips yang berguna untuk memilih wig yang tepat :

tips memilih wig

Pelajari tentang istilah dan fitur wig

Apa kamu tahu tentang arti istilah lace front, wefted, synthetic, Remy, feather-light, atau silk cap dari wig? Sekarang adalah saat yang tepat untuk belajar tentang berbagai istilah dan fitur wig serta bagaimana mereka dapat bermanfaat untuk jenis rambutmu. Kamu juga harus mulai belajar tentang mengapa wig tertentu memiliki harga yang lebih tinggi daripada yang lain.

Jadilah natural

Tip yang baik bagi pemakai wig pertama kalinya adalah untuk bercermin pada rambut aslimu ketika itu tampak kelihatan terbaik. Jadi, pilihlah model dan bentuk wig yang mirip dengan rambut aslimu. Kamu dapat menyimpan gaya wig yang baru dan berbeda untuk pembelian wig berikutnya. Untuk saat ini, pilihlah wig yang terlihat sehat dan alami dulu.

Usahakan agar wig yang kamu beli sudah fit

Sejumlah toko wig menawarkan wig secara online, dan setelah kamu memiliki ide yang baik dari jenis wig yang kamu cari dan apa yang berhasil untukmu, ini bisa menjadi pilihan yang bagus. Untuk saat ini, bookinglah wig fitting untuk mencoba gaya yang berbeda dan melihat bagaimana masing-masing wig akan terasa di kepalamu. Orang yang sudah lama bermain dalam perdagangan wig sering sangat fasih dalam dunia wig dan rambut rontok, dan dapat membantumu menentukan wig mana yang akan menjadi yang terbaik untukmu.

Konsultasikan dengan teman

Ajaklah teman kepercayaanmu atau keluarga saat mencoba wig yang fit untukmu sehingga dapat menjadi bantuan yang besar. Itu selalu baik untuk memiliki seseorang yang mendukungmu dan memberikan komentar yang jujur. Berbagilah tawa, atau menangislah – dan kamu akan memiliki seseorang di sana yang akan membantumu menemukan wig yang tepat untukmu.

Jangan berpikir wig yang lebih mahal berarti lebih baik

Jangan hanya berasumsi bahwa wig yang lebih mahal harganya akan menjadi yang terbaik untukmu. Teknologi wig dan desainer mutakhir kini banyak yang telah menghasilkan sejumlah pilihan wig dengan harga murah yang akan tampak sangat alami.

Ketahuilah bahwa kamu masih bisa pergi ke penata rambut

Sebuah wig yang terbuat dari rambut asli manusia juga dapat dipotong dan ditata seperti halnya rambut normalmu, sehingga kamu masih dapat mengunjungi penata rambut untuk tampilan baru sekali-sekali. Beberapa wig sebenarnya akan bermanfaat jika di tata dengan potongan rambut yang tepat yang mengambil bentuk wajahmu sebagai bahan pertimbangan.

Pertimbangkan untuk memiliki wig dan headwear tambahan

Apa yang akan kamu pakai saat wig mu sedang dicuci? Akankah kamu akan tetap memakainya di sekitar rumah maupun di luar? Banyak wanita yang tetap nyaman tanpa wig saat di rumah, tetapi kamu masih bisa menggunakan topi lembut atau turban untuk dipakai saat tidur, atau hanya sekedar untuk tetap hangat. Syal, topi, atau kombinasi dari keduanya juga dapat digunakan pada hari-hari ketika kamu sedang merasa malas memakai wig. Juga, perlu diingat bahwa wig bisa memakan waktu hingga 24 jam untuk sepenuhnya kering setelah dicuci, sehingga kamu mungkin ingin memiliki wig cadangan atau headwear untuk digunakan selama waktu itu.

Pelajari perbedaan antara wig sintetis dan wig dari rambut asli

Wig rambut manusia dapat dipotong dan ditata dengan alat pemanas, mereka bisa dipisahkan dengan cara yang berbeda, dan yang paling sering memiliki renda-depan, sehingga membuat garis rambut yang alami. Wig sintetis memiliki hairlines kurang alami dan seringkali tidak dapat dipisah atau ditata ulang (alias apa yang kamu lihat adalah apa yang kamu dapatkan). Wig sintetis juga kering lebih cepat setelah dicuci (6-7 jam vs hingga 24 jam) dan memerlukan shampoo khusus wig. Mereka juga cenderung lebih murah daripada wig rambut asli.

Dengan pertimbangan yang tepat, membeli wig untuk pertama kalinya tidak harus membuat saraf tegang. Pilih salah satu yang membuat kamu merasa percaya diri dan nyaman untuk kulit kepala dan jenis rambut rontokmu.