Tips Memilih Cincin Pernikahan

by Siti Eka Kurniyati on February 2, 2016

Sudah menentukan hari baik untuk menikah? Sudah menyiapkan cincin tunangan atau cincin nikah? Menyiapkan cincin kawin memang gampang-gampang susah. Pemilihan model yang yang simple demi kenyamanan seumur hidup serta model yang tidak akan terlihat kuno walau sudah 20 tahun lebih.

tips memilih cincin pernikahanNah, bagi kamu yang masih bingung menentukan model cincin nikah seperti apa yang cocok untuk dipakai di hari bahagia, kami punya tips memilih cincin nikah yang tepat. Hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih cincin kawin atau cincin tunangan? Simak tips memilih cincin pernikahan berikut ini.

Referensi

Kamu perlu mencari sumber dari berbagai referensi dari berbagai hal. Semisal bertanya pada pasangan yang sudah menikah tentang cincin bagaimana yang akan cocok dipakai. Kamu juga bisa mencari referensi dari majalah atau internet, atau bisa juga langsung menanyakan pada took perhiasan kira-kira cincin pernikahan yang cocok dipakai di jarimu dan pasanganmu.

Budget

Tentu saja kamu harus menyiapkan budget untuk cincin special yang akan dipakai oleh kamu dan pasanganmu. Kamu harus memperkirakan atau mencari tahu berapa harga emas pergramnya saat ini karena harga emas tidak terlalu stabil. Jika kamu ingin menambahkan permata maka kamu juga harus mencari referensi permata apa yang bagus serta berapa harganya agar kamu bisa mempersiapkan budget.

Model

Yang paling sulit memang sebenarnya adalah memilih model cincin pernikahan yang sedikit susah. Memilih model cincin kawin  lebih baik yang simple namun juga elegan. Pilihlah model cincin pernikahan yang tidak akan terlihat kuno meski telah dipakai lebih dari 20 tahun mendatang. Juga jangan mementingkan modelnya saja tetapi juga kenyamanan cincin yang akan dipakai. Model klasik yang biasanya dipilih para calon pengantin adalah yang memiliki satu mata berlian yang sering disebut dengan solitaire sedangkan untuk si pria adalah cincin polos tanpa mata untuk menghilangkan kesan feminine. Tapi jika kamu memutuskan untuk tampil beda, kamu juga bisa memilih cincin kawin yang unik namun masih tetap elegan agar nantinya tidak terkesan aneh. Jika kamu dan pasanganmu adalah seorang yang romantic, kalian bisa memilih cincin dengan grafir di bagian dalam dengan menuliskan masing-masing nama pasangan atau dengan kata-kata romantic yang akan selalu diingat.

Bentuk Jari

Biasanya wanita cenderung memiliki jari yang kecil dan ramping. Jika kamu juga memiliki jari dengan jenis ini maka kamu lebih baik juga memilih cincin yang ramping dan jangan memilih yang model lebar atau tebal karena akan terlihat tidak cocok di jarimu.

Mudah Dibersihkan

Pilihlah cincin yang mudah dibersihkan seperti yang minim ukirannya. Cincin pernikahan yang kotor dan susah dibersihkan tentu akan sangat mengganggu penampilan bukan? Jikapun kamu memilih cincin dengan ukiran  yang rumit, kamu lebih dulu mencari info dimana toko perhiasan yang menerima jasa pencucian serta perawatan perhiasan.

Kadar Emas

Untuk cincin pernikahan yang akan dipakai seumur hidup, sebaiknya kamu memilih cincin pernikahan dengan kadar 18 karat karena kadar tersebut dianggap yang paling kuat namun juga masih terkandung emas murni yang banyak. Jangan memilih emas murni yang memiliki kadar 24 karat karena emas tersebut akan mudah bengkok dan berubah bentuk.