≡ Menu
werno-werno.com

Tips Memilih Foundation Sesuai Jenis Kulit Wajah

Foundation atau alas bedak, memang merupakan salah satu alat makeup yang wajib dimiliki setiap wanita. Namun sayangnya, ketika kita memasuki toko atau gerai khusus kosmetik, kita akan disuguhi dengan berbagai macam tawaran merek dan jenis foundation, yang justru akan semakin membingungkan kita dalam memilih mana jenis foundation yang tepat sesuai dengan jenis wajah. Dua jenis foundation yang paling mendasar dan paling banyak diproduksi adalah foundation jenis liquid (cair), atau jenis powder (bubuk). Nah, untuk memudahkanmu, berikut ini adalah 5 tips untuk menemukan jenis foundation alias alas bedak yang tepat :

Jika jenis kulitmu Kering : Pilih jenis liquid foundation

Menaruh bubuk kering pada kulit yang sudah kering adalah resep untuk bencana, tapi sebaliknya, foundation cair dapat membantu memberikan kulitmu kelembaban yang sangat dibutuhkan. “Liquid foundation akan membuat kulitmu terlihat lembab, ranum, dan sehat,” ujar Joanna Schlip, salah seorang makeup artist selebriti.

Jika jenis kulitmu Berminyak : Pilih jenis powder foundation

seperti halnya kamu tidak akan mau menempatkan bubuk kering pada kulit yang memang sudah kering, menerapkan foundation cair ke permukaan kulit yang sudah licin juga bukan merupakan ide yang baik. “Kulit berminyak akan mengambil manfaat besar dari bubuk karena bubuknya akan menyerap minyak,” kata Emma Bruzzesi, penata rias untuk bluemercury. Sentuhan akhir matte dari foundation bubuk juga akan menjauhkan wajah dari kilap, kata Bruzzesi.

Jika kamu menghawatirkan keriput : Pilih liquid foundation

Bahkan tanda-tanda dari penuaan yang sedikit sekalipun dapat diperbesar dengan penggunaan makeup yang salah, jadi jika kamu ingin melihat garis seperti kaki gagak atau garis tertawa lebih sedikit, maka pilih foundation cair. “jenis bubuk benar-benar dapat memperjelas keriput dan menonjolkan mereka, tetapi produk cair bertindak seperti filler untuk sentuhan akhir yang halus,” kata Bruzzesi. Jika kanu punya pori-pori besar yang tampak oleh mata, foundatin cair juga bisa menjadi taruhan terbaikmu.

Jika kulitmu cenderung mudah berkeringat : Pilih powder foundation

“Kamu pasti ingin powder foundation untuk cuaca yang lebih hangat karena jenis yang cairakan membuatmu terlihat terlalu berminyak,” kata Marni Burton, seorang makeup artis selebriti. Tapi aturannya akan berubah ketika kamu menemukan dirimu dalam iklim dingin, yang kering, maka disana kamu tentu ingin beralih kembali ke foundation cair untuk menambahkan beberapa kelembaban ekstra untuk kulit keringmu.

Jika kamu punya masalah jerawat : Pilih liquid foundation

Jika kamu memiliki masalah kulit apapun di kulit wajahmu seperti jerawat, rosacea atau yang lain, maka jauhkan dirimu dari yang namanya foundation jenis bubuk, karena mereka hanya akan membuatnya lebih tampak kelihatan jelas, saran Bruzzesi. Foundation cair akan menambah cakupan yang lebih merata untuk masalah kulit, dan mereka akan tetap melekat lebih lama sehingga kamu tidak perlu melakukan penerapan ulang (touch up) terlalu sering. Dan jika kamu punya kulit yang berjerawat banyak dan berminyak, pilihlah untuk lapisan dasar foundation cair dan kemudian beri sentuhan akhir loose powder untuk menjaga kilap tetap menjauh.

0 comments… add one

Leave a Comment