Tips Memilih Hewan Peliharaan

by Siti Eka Kurniyati on December 25, 2015

Hewan peliharaan bisa menjadi sahabat terbaik bagi manusia dan akan mengajarkan pada anak-anak untuk belajar membagikan kasih sayang mereka. Memelihara hewan peliharaan memang menyenangkan, kita bisa mengajak bermain dan bercanda hewan peliharaan kita. Apa lagi jika kita sedang lelah bekerja dan sedang stress, hewan peliharaan bisa menjadi salah satu pemicu semangat kita dan menghibur kita dengan tingkah hewan peliharaan yang lucu.

tips memilih hewan peliharaan yang cocok untuk keluargaMerupakan suatu kebahagiaan sendiri memiliki hewan peliharaan sejak kecil dan bisa melihat hewan tersebut tumbuh hinga dewasa dan bahkan berkembang biak. Bila kamu berencana mulai memiliki hewan peliharaan, pertimbangkanlah lebih dulu jenis hewan peliharaan apa yang cocok untukmu dan tidak akan berdampak buruk bagi kamu dan keluargamu. Nah, di bawah ini ada beberapa tips memilihih hewan peliharaan yang cocok untuk keluarga.

Kucing

Hewan berbulu yang imut-imut ini menjadi salah satu primadona hewan peliharaan. Kucing cocok untuk dipelihara bagi kamu yang tidak memiliki halaman atau area bermain yang luas di rumah. Dan untuk itu kamu harus mempersiapkan tempat untuk kotoran kucing dan kamu juga harus rajin membersihkannya. Kucing memerlukan perawatan khusus untuk mereka yang memiliki bulu panjang seperti yang dimiliki oleh ras Persia. Kamu perlu membawanya ke salon hewan paling tidak sebulan sekali. Juga perlu diperhatikan pula kesehatannya, jadwalkan kunjungan ke dokter hewan sekali dalam sebulan. Kucing adalah hewan yang tidak memerlukan pelatihan khusus dan tidak akan rewel. Hewan ini cocok bagi kamu yang memiliki kegiatan super sibuk karena kucing mampu mengurus dirinya sendiri dan tidak akan ‘merusak’ barang-barang kamu. Kamu hanya perlu memberinya persediaan makan dan air saat kamu sedang keluar rumah dan tak perlu untuk merantai kucing. Kucing hanya akan bermanja denganmu ketika tidur dan memerlukan sesuatu yang hangat untuk tempatnya tidur. Ia akan meringkuk di pangkuanmu atau berbaring di dekatmu untuk mencari kehangatan. Sungguh hewan peliharaan yang manis dan lucu.

Anjing

Anjing merupakan hewan peliharaan yang paling setia di antara hewan peliharaan lainnya. Ada berbagai jenis anjing yang ada di dunia, di Indonesia sendiri juga sudah tersebar jenis anjing asli maupun dari rasa sing serta campuran. Kamu bisa memilih jenis anjing apa yang sesuai dengan kepribadianmu. Anjing merupakan hewan yang perlu dilatih untuk bisa dijadikan hewan peliharaan yang bagus. Mereka harus dilatih untuk buang kotoran pada tempatnya, tidak sering menyalak dan mencakari sofa atau sesuatu. Jadi bagi kamu yang memiliki sifat tidak sabaran sebaiknya mengurungkan niat untuk memelihara anjing. Tapi jika kamu telah memutuskan untuk memelihara anjing dan siap untuk melatihnya, anjing bisa jadi teman yang asyik yang bisa kamu ajak jalan-jalan ke taman atau jogging di pagi hari. Perlu diingat juga anjing perlu perawatan khusus seperti kucing, jadi bawalah anjing ke salon dan dokter hewan sebulan sekali.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2