Tips Memilih Hijab Sesuai Bentuk Wajah

by Siti Eka Kurniyati on January 23, 2016

Berhijab merupakan sebuah kewajiban para muslimah, hal ini untuk menjaga aurat wanita tetap tertutup. Sekarang, hijab bukan hanya menjadi salah tren fashion di tanah air. Banyak sekali model hijab atau kerudung yang beredar di pasaran.

tips memakai hijab sesuai bentuk wajahNamun, tidak semua model kerudung atau hijab akan sesuai dengan bentuk wajahmu. Karena setiap wanita tentunya pasti memiliki bentuk wajah yang berbedah entah itu bulat (round), lancip (sharp) dan yang lainnya. Nah, untuk kamu para pemakai hijab, kamu bisa membaca tips di bawah ini.

Jenis Hijab Untuk Wajah Bulat (Round)

Bagi kamu yang memiliki wajah bulat atau bundar, pakailah inner (dalaman) sampai menutupi telingamu dan usahakan inner hijab jangan sampai terlihat atau menutupi kening. Pilihlah hijab yang terbuat dari bahan loose (yang jatuh) karena akan membuat efek wajahmu tampak ramping. Jika kamu memakai jilbab model scarf atau pasmina, kamu bisa melilitkan hijab tersebut membingkai wajah dan tulang pipi untuk memberikan kesan agar wajahmu terlihat lebih oval. Selain itu, jika kamu juga memiliki rambut yang panjang, kuncirlah rambut dengan tali yang tidak terlalu besar atau tebal yang akan menyebabkan efek sanggulan yang besar. Juga hindari aksesoris kerudung seperti pin atau bros yang terlalu besar juga jangan menggunakan bandana. Pakailah make up dengan shading di daerah pipi untuk menyiasati pipi kamu yang chubby atau tembem.

Jenis Hijab Untuk Wajah Lancip / Lonjong / Panjang (Sharp)

Bandana bisa menjadi aksesoris yang akan membuat kamu yang memiliki wajah yang panjang dengan dagu yang lancip. Bandana akan memeberikan efek volume pada wajahmu. Selain itu, kamu juga bisa menutupi sedikit bagian dahimu untuk dengan inner atau menggunakan hijab model turki. Buat juga sanggulan yang tidak terlalu tinggi dan hindari menggunakan hijab atau pasmina dengan gaya menumpuk pada bagian depan karena akan semakin menambah kesan panjang pada wajahmu.

Jenis Hijab Untuk Wajah Oval

Bagi kamu yang memiliki wajah oval, kamu cocok menggunakan hampir semua jenis hijab. Kamu tinggal memadukan warna hijabmu sesuai warna pakaian dan warna kulit.berbagai model hijab bisa kamu terapkan jika kamu memiliki wajah oval seperti hijab turki yang bertumpuk atau turban atau model lilit yang berlapis.

Jenis Hijab Untuk Wajah Persegi / Kotak (Square)

Jika kamu memiliki wajah persegi atau kotak, sebaiknya kamu jangan memakai aksesoris berupa bandana karena bandana akan membuat wajahmu tampak lebih lebar. Pilih model hijab yang membulat dan akan membingkai wajahmu sehingga menyamarkan garis tajam di area rahang. Tarik sedikit hijab maju ke depan hingga menutup tulang rahang yang tegas.

Jenis Hihab Untuk Wajah Segitiga atau Hati

Bentuk wajah ini hampir sama dengan oval namun memiliki dagu yang runcing. Dengan bentuk wajah seperti ini kamu akan cocok dengan hijab yang longgar karena hijab yang terlalu ketat akan membuat dahimu tampak lebar. Jangan terlalu menarik hijab ke arah depan karena akan membuat dagumu sangat runcing.