Tips Memilih Kacamata Sesuai Bentuk Wajah, Kulit & Rambut

by Ummi on May 7, 2014

Selain anting, kacamata termasuk salah satu aksesoris yang penting dalam menunjang penampilanmu. Namun, kamu harus berhati-hati dalam memilih kacamata, karena model, bentuk dan jenis kacamata sangatlah beragam. Salah pilih, justru akan memperburuk penampilanmu secara keseluruhan. Untuk itu, simak tips dan cara memilih kacamata yang tepat berikut ini:

Tips Memilih Kacamata Sesuai Bentuk Wajah, Kulit & Rambut

Ukuran kacamata seharusnya disesuaikan dengan ukuran dan bentuk wajah. Ini berarti, kacamata yang lebih kecil adalah pilihan terbaik bagi orang yang berwajah kecil pula. Kacamata lebih besar untuk wajah yang besar. Sedangkan untuk bentuk frame atau bingkainya malah harus kontras dengan bentuk wajahnya, yakni harus berkebalikan dengan bentuk wajah.

1. Memilih kacamata berdasarkan bentuk wajah

Bentuk wajah oval: Hampir semua model kacamata cocok untuk orang berwajah oval. Cobalah penampilan baru dengan model wraparounds atau perisai, atau juga kacamata dengan frame berbentuk persegi dengan ujung bulat tipis. Saran untuk frame: frame bentuk apapun cocok untuk wajah oval.

Bentuk wajah bundar: Sebaiknya pilih frame yang membuat tampilan wajah tampak lebih panjang dan kecil. Secara umum, carilah frame yang lebarnya sama atau sedikit lebih besar dari bagian wajah terlebar. Minimalkan lengkungan, dan tambahlah penentuan dengan bentuk yang lembut, bersiku, persegi panjang atau alis dobel. Pelipis yang lebih tinggi bisa menciptakan tampilan profil yang lebih panjang. Kacamata dengan palang alis juga bisa  membuat mata tertarik ke atas, sehingga wajah tampak lebih panjang. Saran untuk frame: pilih frame yang agak lebar dengan model siku atau persegi panjang.

Bentuk wajah berlian: Bentuk wajah ini memiliki tulang pipi yang tinggi dan lebar dengan dahi dan dagu yang sempit. Kacamata berbentuk oval akan melunakkan kontur wajah, meski kacamata dengan lengkung yang halus dan frame persegi juga cocok dipakai. Pastikan bentuk kacamata tidak lebih lebar dari tulang pipi bagian atas. Saran untuk frame: pilih yang berbentuk oval atau persegi.

Bentuk wajah persegi: Bentuk wajah ini terdiri dari dahi yang lebar, rahang yang kuat serta tulang pipi yang luas. Kurangi angle ini dengan kacamata yang melengkung lembut yang akan membuat wajah lebih spesifik seperti kacamata model mata kucing. Kacamata oval yang klasik juga cocok untuk bentuk wajah ini. Saran frame: oval, bundar, atau bentuk mata kucing.

Bentuk wajah segitiga: Bentuk wajah ini memiliki dagu yang sempit dengan dahi yang lebar. Perlembut bagian bawah wajah dengan memberi aksen pada area mata. Kacamata model mata-kucing haruslah berada diluar sudut atas mata dan cukup lebar untuk menyeimbangkan rahang. Kamu juga bisa mencoba frame logam dengan bagian bawah tanpa rim. Saran frame: bentuk mata-kucing

2. Memilih kacamata berdasarkan warna kulit

Kulit pucat (putih): Cobalah frame yang ringan dengan warna rose atau amber. Frame dengan bentuk cangkang kura-kura sangat pas untuk kulut pucat. Namun frame yang bening, berwarna hijau atau biru bisa menguras warna dari pipi.

Kulit gelap: Orang Asia atau Mediterania yang berkulit gelap atau keemasan dengan rambut hitam akan tampil memukau dengan frame berwarna perak, emas atau bening. Hindari frame berwarna hitam karena akan terlalu berat.

Kulit hitam: Semua frame berwarna metalik sanga pas bagi orang berkulit hitam, begitu juga warna amber. Hati-hati dengan frame warna hitam, karena akan tampak mengerikan.

3. Memilih kacamata berdasarkan model rambut

Keriting dan lembut: Tingkatkan penampilan dengan frame yang lembut, tanpa rim dan berwarna tembus pandang. Sangat keriting: Pilih frame yang mengikuti garis rambutmu. Frame kecil yang klasik sangat disarankan. Rambut pendek: Frame geometris, atau yang lebih bundar akan tampak sangat bagus. Sangat pendek: Pilih warna-warna dan desain yang berani, begitu juga gaya yang dekoratif. Rambut panjang: Cobalah frame pada saat rambut digerai atau ditarik ke atas. Karena perubahan gaya juga akan merubah tampilan frame..