Tips Memilih & Menggunakan Bedak Yang Tepat

by Ummi on September 9, 2016

Bedak adalah salah satu peralatan makeup yang menjadi andalan utama setiap penata rias. Bedak membantu untuk menetapkan makeup, dan tak peduli dimanapun kamu memakainya, bedak bisa menjadi langkah yang paling penting dalam ruutinitas makeup mu.

jenis-jenis bedak

Bedak akan menetapkan blush on, terutama blush jenis krim. Bedak juga bisa membuat lipstick menjadi bernuansa matte (tidak mengkilap) dengan cara menaruh tissue di atas lipstick lalu sapukan bedak di atas tissue. Membedaki di atas pensil lipstick juga memberikan pemakaian yang menakjubkan. Luminous powder juga bisa untuk menyoroti bagian dada. Nah, agar kamu bisa tahu lebih jelas tentang bagaimana cara memilih dan menggunakan bedak yang tepat, simak ulasannya berikut ini :

Tips memilih warna bedak yang tepat

Bedak tembus pandang (translucent) paling bagus digunakan untuk setting dan blending. Jika kamu hanya menggunakan bedak saja, tanpa memakai foundation atau concealer, maka gunakan bedak translucent atau gunakan bedak yang berwarna sesuai dengan warna kulitmu dan tidak tampak saat diterapkan. Namun jika kamu menggunakan bedak diatas foundation dan concealer, maka pilih bedak yang warnanya agak sedikit lebih terang. Ketika meletakkan bedak diatas makeup jenis liquid atau krim, maka bedak bisa saja berubah menjadi agak lebih gelap, sehingga memilih bedak yang lebih terang akan menjadi lebih aman.

Pilih bedak tabur (loose powder) atau bedak padat (compact)?

Bentuk dari bedak dan bagaimana cara kamu menerapkannya akan menentukan seberapa tipis nanti jadinya. Bedak tabur (loose powder) sangatlah tipis,  sementara bedak padat (compact) bisa menjadi tak tembus pandang. Loose powder biasanya dilengkapi dengan puff, namun menggunakan kuas bedak akan lebih baik bagi sebagian besar tugas bedak. Ketika kamu menggunakan loose powder untuk menetapkan area yang lebih kecil,  maka sesuaikan ukuran kuasnya untuk mendapatkan kontrol yang lebih baik. Missal saja, dibawah mata, gunakan kuas eye shadow besar, celupkan ke loose powder dan kibas-kibaskan, lalu sapukan. Saat kamu melakukan sapuan terakhir ke seluruh wajah, gunakan pula kuas bedak yang besar.

Catatan : Compact powder adalah jenis bedak yang sangat cocok digunakan untuk dibawa ke mana-mana. Karena bentuknya praktis, dan mudah digunakan.

Dimana kamu harus menerapkan bedak?

Bedak disapukan ke seluruh wajah untuk menetapkan foundation dan krim concealer. Menetapkan makeup jenis ini sangat penting karena produk berupa krim secara harfiah bisa saja meleleh (luntur) setelah melewati sepanjang hari. Jadi, bedak bisa diibaratkan layaknya ikat pinggang yang akan mempertahankan makeup mu tetap pada tempatmya.

Menyapukan bedak ke seluruh wajah juga bisa menghilangkan kilap. Jika bedaknya cukup tipis, kamu akan masih memiliki kilau kulit yang tampak alami dan sehat.

Trik menggunakan bedak

Ada beberapa trik menggunakan bedak yang belum pernah dipikirkan sebelumnya. Katakanlah jika kamu sudah selesai dengan menerapkan foundation dan concealer, maka kamu akan melangkah ke makeup mata.  Maka akan sangat mengerikan jika ada serpihan pensil mata jatuh ke kulit wajah yang baru saja sudah ditata. Kamu akan mencoba untuk menghapusnya, dan masalahnya bisa menjadi bertambah besar. Jadi, triknya adalah : sebelum kamu melakukan aplikasi makeup mata apapun, sapukan bedak ekstra dibawah mata. Ini akan menjadi lapisan pelindung yang akan mengumpulkan apapun yang mungkin jatuh dari kuas atau pensil eye shadow mu. Dan saat kamu sudah selesai menerapkan makeup mata (termasuk alis), maka cukup sapu “lap” bedak ini pergi.

Ada satu lagi trik penggunaan bedak : kelopak mata! Kamu bisa menempatkan lapisan foundation di atas kelopak mata. Sekarang bedaki mereka jika menggunakan eye shadow bubuk. (Jika kamu menggunakan eye shadow jenis krim, maka kamu tidak perlu memakai bedak. Krim akan meluncur terbaik di atas foundation saja.) kelopak mata yang dibedaki akan membuat bubuk eyeshadow berjalan dengan mulus, tanpaharus menarik atau “menyeret” pada kulit halus di sekitar mata.