≡ Menu
werno-werno.com

Tips Memilih Softlens Yang Tepat

Apakah kamu seseorang yang memiliki masalah dengan penglihatan mata yang minus atau plus dan memerlukan kacamata sebagai alat bantu penglihatan? Selain kacamata, softlens juga menjadi salah satu pilihan yang bisa kamu gunakan untuk membantu penglihatanmu.

tips memilih softlensSelain untuk membantu penglihatan mata, ada juga jenis softlens yang biasanya digunakan hanya sebagai aksesoris untuk mempercantik mata. Semakin maraknya softlens yang beredar di pasaran denngan berbagai warna serta ukuran, kamu perlu berhati-hati dalam memilih softlens yang ingin kamu beli. Orang-orang tidak bertanggung jawab mencurangi softlens yang sudah layak pakai alias kadaluwarsa untuk diperjual belikan. Tentu saja akan sangat berbahaya jika kamu menggunakannya, kamu bisa saja terkena iritasi dan terkena masalah mata lainnya. Untuk itu, kami akan membagikan tips memilih softlens yang aman. Apa saja criteria yang bisa kamu gunakan untuk memilih softlens yang nyaman serta aman bagi matamu? Simak tipsnya berikut ini.

Periksa ke Dokter

Jika kamu ingin memakai softlens untuk membantu penglihatanmu, sebaiknya kamu periksakan dulu masalah matamu ke dokter dan konsultasikan softlens yang cocok untukmu. Pemakaian softlens yang tidak cocok atau tidak sesuai dengan masalah matamu akan menyebabkan ketidaknyamanan pada matamu.

Kadar Air pada Softlens

Pilihlah softlens dengan kadar air yang tinggi. Ini dimaksudkan agar mata tidak mengalami iritasi karena kekeringan. Pilihlah kadar air yang senilai 48% atau lebih (maksimal 80%). Semakin besar kadar air yang dikandung softlens maka akan akan semakin nyaman dipakai. Perhatikan benar-benar bagian kemasan yang menunjukkan kadar air. Kadar air yang rendah pada softlens bisa menyebabkan mata cepat kering sehingga terasa perih dan menyebabkan mata kemerahan. (baca : cara mengatasi mata merah)

Ukuran Diameter Softlens

Bagi kamu yang memiliki mata sipit atau kecil, pilihlah ukuran diameter seoftlens yang sedang yaitu 14 – 15 mm. Dan bagi kamu yang yang memiliki mata besar dan bulat, kamu bisa memakai softlens dengan ukuran diameter 15 mm atau lebih

Warna Softlens

Pemilihan warna soflens juga menjadi salah satu hal paling penting. Karena, jika kamu salah memilih warna maka matamu akan terlihat aneh. Dan bagi kamu yang memiliki masalah mata minus, plus ataupun silinder lebih baik menggunakan softlens yang tanpa warna (bening). Lalu, jika kamu menginginkan softlens dengan warna yang sangat mencolok, konsultasikanlah dengan dokter, softlens mana yang akan aman untuk kamu dan tidak akan merusak mata.

Tanggal Kadaluarsa

Softlens adalah benda yang nantinya akan kita pakai di bagian mata atau retina, bagian tubuh yang paling sensitive. Perhatikanlah tanggal kadaluarsa softlens sebelum membelinya. Dan jika kamu memakai softlens lalu matamu terasa tidak nyaman meski tanggal kadaluarsa masih lama, segera lepas dan ganti dengan softlens yang baru.

0 comments… add one

Leave a Comment