Tips memutihkan gigi dengan cepat tanpa bleaching

by Ummi on January 9, 2015

Siapa yang tak ingin tampil mempesona dengan senyum yang putih menawan? Sebagus apapun pakaian yang kamu kenakan, tak akan ada artinya jika tidak ditunjang dengan senyum yang menawan. Namun, kita semua tahu, perawatan pemutihan gigi (bleaching) membutuhkan dana yang tidak sedikit dan juga menimbulkan efek samping seperti menyebabkan gigi menjadi sensitif. Agar gigimu tampak terlihat lebih putih tanpa harus menggunakan bahan kimia dan melakukan perawatan yang mahal, berikut ini adalah beberapa tips praktis agar gigi terlihat lebih putih:

Tips memutihkan gigi dengan cepat tanpa bleaching

  1. Pilih nuansa lipstick yang tepat

Tahukah kamu? Beberapa warna lipstick bisa benar-benar membuat gigimu terlihat putih secara signifikan, atau sebaliknya justru terlihat lebih gelap. Untuk itu, pelajari cara memilih nuansa lipstick yang tepat untukmu. Jika kamu memiliki gigi berwarna keabu-abuan, hindari lipstick yang berwarna merah dengan tone biru, serta cobalah lipstick dengan warna yang lebih dingin dengan dasar coklat. Yang terbaik adalah warna nude pink dengan corak kecoklatan. Jika warna gigimu kuning atau putih tulang, maka hindari lipstick bernuansa gelap, mendalam, atau cerah. Hindari pula pemakaian lip gloss yang terlalu mengkilap. Cobalah nuansa nude, atau pink yang memiliki nada kebiruan.

  1. Konsumsi makanan berserat

Sementara beberapa makanan seperti saus kedelai, buah berrie, dan kare bisa menodai enamel (lapisan permukaan) gigi, makanan yang kaya serat seperti apel, wortel, brokoli, bayam, dan kubis justru benar-benar ampuh untuk menghilangkan noda dengan mengelupas noda sebelum molekul noda tersebut semakin merasuk lebih dalam ke permukaan gigi. Itu semua layaknya seperti ‘scrub’ untuk gigi.

  1. Pilih perhiasan berwarna perak

Perlu alsan lain untuk semakin menambah kilauan pada penampilanmu? Menggunakan perhiasan dan aksesoris yang terbuat dari perak, emas putih, dan berlian bisa menonjolkan kesan putih pada gigimu. Hindari perhiasan emas yang berwarna kuning (yellow gold), karena akan semakin memperparah warna kekuningan pada enamel.

  1. Gunakan baju yang tepat

Memakai baju berwarna putih terang, hanya akan semakin menonjolkan warna gigimu yang kurang putih. Sebaliknya, pilih baju dengan nuansa putih tulang atau krem, karena dengan mengurangi kontras akan menghasilkan tampilan gigi yang lebih putih.

  1. Minum dengan sedotan

Anggur merah, jus strawberry, atau minuman apapun yang memiliki warna terang dan kental, cenderung akan meresap ke enamel gigi. Maka dari itu, minumlah dengan menggunakan sedotan. Atau, segera sikat gigimu sesaat setelah meminum minuman yang bisa meninggalkan noda sehingga tidak ada kesempatan untuk menempel di gigi.

  1. Gunakan sikat gigi elektrik

Investasikan uangmu untuk membeli sikat gigi elektrik, karena merupakan alat yang paling efektif dalam menghilangkan noda gigi yang membandel yang tertanam pada bagian luar permukaan gigi, serta ampuh untuk menghilangkan hasil dari sisa-sisa makanan, asap rokok, anggur, dan sumber yang lain.

  1. Pakailah pasta gigi yang tepat

Mungkin banyak produk pasta gigi pemutih yang menjanjikan menjaga kilau putih cemerlang dari gigi. Yang benar adalah, pasta gigi itu sendiri tidak akan bisa memutihkan gigi. Itu hanya akan membantu menghapus noda sebelum benar-benar menetap dan merubah warna enamel gigi. Untuk itu, pilih pasta gigi yang berbahan baking soda agar lebih efektif dalam menghilangkan noda. [Baca juga; jangan remehkan menyikat gigi]

.