Tips Mencegah & Mengurangi Jetlag Bag. 2

by Ummi on May 16, 2016

Melakukan penerbangan selama berjam-jam dan melintasi berbagai zona waktu yang berbeda, bisa membuat kita mengalami jetlag. Efek jetlag juga bisa bermacam-macam, mulai dari susah tidur, sakit kepala, kelelahan, mual, diare, hingga kehilangan nafsu makan.Pada artikel sebelumnya, sudah kita bahas tentang beberapa cara mencegah & mengurangi jetlag Bag. 1. Kali ini, akan kami ulas lebih mendalam tentang bagaimana cara mengatasi jetlag dengan menggunakan cara-cara yang lain berikut ini;

Pertimbangkan untuk meminum Melatonin

Melatonin adalah hormon yang diproduksi tubuh secara alami di sekitar jadwal waktu tidurmu. Bahkan, hormon ini juga mengendalikan jam internal tubuh dan mengirim sinyal ke tubuh tentang kapan waktunya kamu perlu untuk tidur dan kapan waktunya kamu untuk bangun. Dengan meminum suplemen melatonin, kamu bisa mereset kembali jam internal tubuhmu. Dan suplemen ini sebaiknya diminum sebelum tidur selama beberapa hari setelah tiba di zona waktu yang baru untuk meringankan proses transisinya.

Sebuah studi 2002 yang terbit di the Cochrane Database of Systematic Reviews menyatakan bahwa melatonin sangatlah efektif dalam mencegah dan mengurangi jetlag, dan penggunaan suplemen untuk jangka pendek sesekali tampaknya masih tergolong aman.

Penggunaan suplemen melatonin disarankan bagi para penumpang dewasa yang melintasi lima atau lebih zona waktu, terutama ke arah timur. Meski begitu, sangat penting pula bagimu untuk berkonsultasi ke dokter lebih dulu sebelum meminum suplemen melatonin untuk memastikan bahwa hal itu aman bagimu.

Batasi minuman berkafein dan alkohol

Beberapa hari sebelum jadwal perjalananmu, dan juga selama kamu di penerbangan, batasi asupan minuman berkafein dan beralkohol. Minuman seperti itu bisa meningkatkan kecapekan dan kelelahan. Plus, minuman semacam ini bisa membuat tubuhmu mengalami dehidrasi, yang hanya akan menambah kesengsaraan saat kamu tiba di tempat tujuan.

Jadi, seberapapun menggiurkan kelihatannya untuk mengambil kesempatan penuh dari layanan trolley yang disajikan pramugari selama penerbangan, tetap pastikan untuk menghindari minuman yang berkafein dan beralkohol. Meski begitu, kamu bisa meminum minuman berkafein seperti kopi, espresso, dan soda ketika sudah mendarat, untuk membantu mengimbangi kantuk di siang hari. Tapi ingat, untuk menghindari kafein yang berlebihan.

Berjalanlah sesering mungkin

Bangunlah dan berjalan-jalanlah ketika kamu sedang dalam penerbangan. Ketika sedang melakukan penerbangan jarak jauh, pastikan untuk melakukan jalan-jalan di sekitar kabin selama 10 menit untuk mencegah sirkulasi darah yang buruk. Sering berjalan-jalan juga akan membantu mengurangi resikomu terkena trombosis vena dalam.

Disamping itu, lakukan pula latihan twisting kecil dan stretching di kursi dudukmu untuk mengurangi rasa tidak nyaman, terutama pembengkakan di kaki dan betis. latihan stretching juga membantu mengurangi kekakuan dan nyeri otot saat mendarat. Turunlah dari pesawat saat transit jika memungkinkan, dan lakukan beberapa latihan ringan dan jalan-jalan.

Gunakan alat bantu tidur selama penerbangan

Kamu sedang melakukan perjalanan semalaman atau terbang dari barat ke timur, jadi pastikan kamu bisa tidur cukup selama penerbangan. Bepergian bisa menjadi sangat melelahkan bagi sebagian orang. Oleh karena itu, semakin banyak tidur dan istirahat yang bisa kamu dapatkan selama rute perjalanan, maka tubuhmu akan semakin siap untuk mengatasi gejala jetlag.

Meski begitu, tidur dalam penerbangan tidaklah mudah. Untuk membantumu mendapatkan tidur yang berkualitas, gunakanlah penutup mata dan penutup telinga atau headphone untuk menghalangi cahaya dan kebisingan. Memakai bantal leher juga akan membuat postur tidurmu lebih nyaman. Kamu bahkan juga bisa melepas sepatumu untuk meringankan tekanan di kakimu.

Mandilah

Bepergian ke lintas negara bisa membuatmu sangat-sangat lelah. Untuk mengatasi kelelahan ini, mandi adalah apa yang kamu butuhkan. Pilihlah untuk mandi air hangat jika kamu sudah mencapai tempat tujuan dan sudah mendekati jam tidur di zona waktu tersebut. Mandi air hangat bisa meredakan otot yang kaku akibat bepergian dan membantumu untuk bersantai dan istirahat. Penurunan drastis suhu tubuh seusai mandi air hangat juga akan membuatmu mengantuk.

Jika kamu mendarat di tempat tujuan di pagi hari, atau selama siang hari, mandi air dingin akan menjagamu untuk tetap terbangun dan waspada sehingga kamu akan merasa lebih baikan untuk sisa hari.

Gunakan baju berlapis yang nyaman dan longgar

Berpakaianlah secara bijaksana selama waktu perjalananmu, terutama ketika kamu terbang dalam jarak jauh. Memakai baju berlapis yang nyaman dan longgar sangatlah penting. Suhu di dalam kabin pesawat bisa fluktuatif dengan drastis. Selain itu, udara kering di kabin bisa membuatmu gatal-gatal dan tidak nyaman. Dengan memakai pakaian yang berlapis, akan membantumu menanggalkan atau menambahkan pakaian untuk tetap menjagamu nayman seiring dengan perubahan suhu. Sampai dan kecuali kamu merasa nyaman di pesawat, maka tidak mungkin kamu bisa tidur, yang mana ini bisa memperparah gejala jetlag.