Tips Mencegah Stretch Mark

by Ummi on January 15, 2014

Keluhan yang sering dialami ibu hamil pasca melahirkan adalah munculnya stretch marks. Tanda parut yang berupa guratan-guratan putih yang memanjang dan berbentuk tidak beraturan tersebut biasa muncul di bagian perut, paha dan juga lengan. Hal ini tentu sangat mempengaruhi kecantikan bumil dan menurunkan rasa percaya diri. Stretch mark terjadi karena adanya peregangan pada kulit, yang membuat jaringan elastis dibagian bawah kulit menjadi robek.

Tips Mencegah Stretch Mark

Kita bisa meminimalkan kemungkinan munculnya stretch mark dengan menggunakan beberapa cara alami di bawah ini :

  • Cukupi kebutuhan cairan setiap hari dengan perbanyak minum air putih minimal 8 gelas per hari untuk membantu menjaga elastisitas kulit.
  • Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayur yang mengandung banyak serat.
  • Lakukan olahraga ringan agar memperlancar sirkulasi darah dan oksigen di dalalm tubuh.
  • Kendalikanlah kenaikan berat badan selama hamil. Jangan sampai mengalami kenaikan secara drastis yang akan semakin membuat kulit meregang.

Tapi jika stretch mark sudah terlanjur muncul, ibu hamil juga bisa menggunakan ramuan herbal alami yang dapat menyamarkan dan menghilangkan stretchmark. Diantaranya dengan menggunakan minyak kelapa murni. Caranya, gunakan 1 butir kelapa yang sudah diparut dan diambil santannya. Masak santan tersebut sampai mendidih sehingga menjadi minyak kelapa (virgin coconut oil). Lalu, balurkan minyak tersebut di sekitar kulit perut 2 kali sehari setelah mandi.

Selain dengan minyak kelapa, untuk mengatasi stretch mark juga bisa menggunakan lidah buaya, wortel, lemon dan lain sebagainya yang sudah dijelaskan secara tuntas dalam artikel ‘Cara menghilangkan stretch mark secara alami’..