≡ Menu
werno-werno.com

Tips Mencerahkan Wajah Yang Kusam

Siapa yang tidak ingin mempersembahkan tampilan wajah yang terbaik ke semua orang? Bagi beberapa orang, kulit wajah yang cerah dan bersinar sering diartikan sebagai wajah yang sehat dan bahagia. Sebaliknya, jika wajahmu tampak kusam dan dekil, tampilan wajahmu mungkin akan memberikan kesan bahwa kamu lelah, tidak gembira, sakit, atau tampak lebih tua dari umurmu yang sebenarnya. Melakukan prosedur kosmetik dengan harga selangit seperti suntik botox, operasi face lift, atau teknik laser, bukanlah satu-satunya cara yang bisa ditempuh untuk mengatasi kulit yang tidak sehat.

mencerahkan wajah kusam

Jika kulit majahmu tampak kusam, jangan menyerah! Berpalinglah dari cermin dan temukan cara terbaik yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan kembali kilau mudamu serta kesehatan pada wajahmu. Masih ada banyak cara yang lebih efektif dan cukup terjangkau yang bisa kamu lakukan untuk membantu mencerahkan kulit kusammu, seperti perubahan pola makan dan gaya hidup, melakukan perawatan kulit secara teratur, dan menggunakan ramuan alami untuk mencerahkan kulit wajah. Berikut akan kami ulas secara lengkap cara-cara yang bisa kamu ikuti untuk mencerahkan kulit kusam dan meningkatkan kesehatan kulit secara menyeluruh ;

Perubahan gaya hidup untuk kulit wajah yang lebih cerah

Meski ada pepatah bilang, ‘jangan menilai buku dari sampulnya’, namun kamu bisa menilai kesehatan bagian dalam tubuhmu dengan melihat kesehatan kulitmu. Kulit yang sehat, dimulai dengan pola makan yang sehat pula. Memakan makanan yang bergizi seimbang dan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh, tidak hanya akan meningkatkan kesehatan fisikmu, namun juga penampilan psikismu. Secara umum, makanlah sayur dan buah-buahan dalam variasi warna yang beragam, sertakan pula biji-bijian utuh, untuk meningkatkan asupan nutrisimu.

Khusus untuk kulit, konsumsilah makanan yang terbaik untuk kesehatan kulit, yang mengandung vitamin A yang berfungsi untuk memperkuat sel kulit, dan biasa terdapat pada sayuran yang mengandung beta-karotene seperti wortel dan labu kuning, berbagai produk olahan susu yang rendah lemak, serta makanan yang kaya akan antioksidan, terutama flavonoid seperti buah berry, cherry, jeruk, anggur merah, dan lemon. Selain itu, makanan yang mengandung vitamin C seperti aneka buah citrus dan vitamin E  seperti minyak zaitun dan kacang-kacangan juga bagus untuk melawan radikal bebas. Selain itu, makanan yang mengandung asam lemak esensial seperti salmon, kenari, minyak zaitun,dan minyak Canola juga bisa mendorong kesehatan membrane sel yang berfungsi untuk mengikat kelembaban didalam sel kulit.

Meminum cairan dengan jumlah yang memadai, terutama air putih, bisa menaikkan beberapa aspek kesehatanmu. Manfaat Air putih bisa meningkatkan kelembaban kulit dan membantu menggelontorkan limbah dan racun dari dalam tubuh. Perbanyak pula meminum teh hijau yang merupakan salah satu teh terbaik untuk kesehatan kulitmu yang bisa memberikan manfaat anti inflamasi dan melindungi membran selmu. Yang terpenting, semakin sehat pola makan yang kamu jalani, maka akan semakin sehat pula tampilan dari kulit wajahmu.

Rajin melakukan eksfoliasi

Saat kamu sudah meningkatkan pola makanmu, tentu kamu juga ingin memastikan bahwa kulit sehatmu segera tampak. Salah satu cara untuk meningkatkan tampilan wajah cerahmu adalah dengan mengelupas kulit mati pada wajah. Kulit kita memiliki beberapa lapisan. Lapisan teratas yang disebut dengan epidermis, terdiri dari lima lapisan tambahan. Lapisan teratas dari epidermis, yang dikenal dengan ‘stratum corneum’ sebenarnya adalah sel kulit mati. Sel kulit mati yang terdapat pada lapisan ini berfungsi untuk melindungi sel kulit hidup dan sehat dibawahnya.

Biasanya, sel kulit mati akan terkelupas dan tergantikan dengan sendirinya sekitar setiap dua minggu sekali. Nah, proses eksfoliasi inilah yang akan membantu mempercepat proses pengelupasan ini dan mencegah sel kulit mati untuk menumpuk. Kamu bisa menemukan banyak jenis scrub kulit dan bahan eksfoliasi di toko-toko obat atau kosmetik terdekat. Selain, itu, kamu juga bisa menggunakan bahan alami seperti gula dan oatmeal sebagai bahan eksfoliasi.

Melakukan mouisturizing (melembabkan)

Sel kulit yang mati tidak akan bisa menyerap kelembaban dengan baik, jadi dengan eksfoliasi akan mempersiapkan kulitmu untuk mendapatkan manfaat maksimal dari penggunaan pelembab. Perlu dicatat, kamu juga perlu menemukan dan memilih pelembab yang tepat untuk wajahmu, karena ada banyak sekali pilihan produk yang beredar di pasaran. Lalu apa fungsi dari pelembab untuk kulit? Normalnya, lapisan tengah kulit yang disebut dengan ‘dermis’, akan mengalirkan air naik ke lapisan terluar kulit alias epidermis. Saat sudah mencapai permukaan, air akan menguap. Saat jumlah air yang mengalir terlalu rendah, kulit akan mulai mengering.

Pelembab akan membantu epidermis untuk mengikat air dan mempertahankan kilau sehat kulit untuk waktu lebih lama. Usahakan kamu mengetes dulu pelembab tersebut ke wajah, untuk mengetahui apakah terjadi reaksi kulit atua tidak. Saaty menggunakan moisturizer, pastikan kamu menerapkannya saat kulit masih dalam kondisi basah untuk membantu memerangkap air di dalam sel kulit.

 

2 comments… add one

Leave a Comment