≡ Menu
werno-werno.com

Tips Mencukur Bulu Rambut Agar Tidak Iritasi

Mencukur bulu wajah, kaki atau ketiak dapat menyebabkan kulit kamu terasa terbakar jika kulitmu terlalu sensitif. Dan kecuali jika kamu mulai melakukan hal-hal untuk mencegah hal ini, hal itu akan terus terjadi. Sayangnya, tidak ada jalan keluar yang mudah. Mencukur dengan kulit sensitif itu cukup sulit, dan butuh beberapa saat sebelum kondisinya kembali membaik. Dan sayangnya pula, mencukur bulu rambut seolah menjadi rutinitas wajib di zaman sekarang, sehingga tidak bisa dihindari lagi.

cara bercukur yang tepat

Apakah kamu pernah merasakan sensasi perih setelah bercukur karena kulitmu terlalu sensitif? Atau kamu melihat terlalu banyak warna kemerahan di kulit? Jika iya, berikut akan kami ulas tentang Tips mencukur bulu rambut untuk kulit yang sensitif.

Mencukurlah saat dalam kondisi paling waspada

Pernahkah kamu melihat ada orang-orang yang datang ke kantor dengan luka gores segar di wajah mereka? Kemungkinan mereka memutuskan untuk bercukur saat mereka tidak merasa terlalu terjaga. Luka gores akibat mencukur sering terjadi pada kita setiap kali kita merasa lelah dan tidak fokus. Karena itu, sebaiknya selalu mencukur pada saat kamu merasa paling waspada. Ini adalah aturan emas jika kamu memiliki kulit sensitif, agar bisa lebih berhati-hati. Jika kamu memutuskan untuk mencukur dengan cepat meski merasa lelah, lesu dan berkabut, maka kamu akan membuat kesalahan yang bisa menyebabkan iritasi.

Lakukan eksfoliasi terlebih dulu

Salah satu alasan bercukur bisa menyebabkan lecet adalah karena kulitmu terlalu kasar. Ada terlalu banyak sel kulit mati dan rambut di permukaan. Sehingga pisau cukur akan terus menangkap semuanya, itulah yang menyebabkan iritasi. Untuk menghentikan hal ini terjadi, kamu harus melakukan eksfoliasi terlebih dulu. Sebelum bercukur, ambillah scrub pengelupas kulit (kami menyukai scrub kopi) dan bersihkan wajahmu dengan lembut. Jangan terlalu agresif – bersikaplah lembut dan luangkan waktumu. Tujuannya adalah untuk mengangkat sel kulit mati. Jadi jangan lupa untuk melakukan pengelupasan kulit mati setiap sebelum bercukur.

Jangan menekan terlalu dalam

Pernah merasa jengkel bila ada beberapa helai rambut yang sepertinya tidak bisa kamu hilangkan? Mereka sangat sakit! Akhirnya, kamu akan jadi sangat kesal sehingga kamu menekan ke bawah terlalu keras.

Sebenarnya ini adalah ide yang buruk, karena akan semakin mengiritasi kulit sensitifmu. Ini akan memperburuk keadaan. Dan biasanya, biang keroknya adalah pisau berkualitas buruk yang menyebabkan kita menekan terlalu dalam. Jadi solusinya, temukan pisau berkualitas terbaik – yang hanya memerlukan tekanan ringan untuk menghilangkan rambutmu.

Oleskan minyak atau krim cukur dengan benar

Jika kamu memijatkan krim atau minyak cukur di kulitmu dengan jari-jarimu, mungkin kamu berpikir bahwa kamu sudah memperlakukan kulitmu dengan baik. Sayangnya, yang benar adalah kebalikannya. Bukannya akan mengurangi risiko iritasi, kamu justru malah meningkatkannya!

Ada cara mudah untuk mengubah hal ini, dan itu tidak berarti kamu harus berhenti menggunakan minyak atau krim cukur. Sebagai gantinya, kamu hanya perlu memijatnya ke kulit dengan sikat yang sesuai (sikat badger khusus cukur akan bekerja dengan baik) dan bukan menggunakan jari-jari. Sikat mudah dibersihkan, dan juga sangat lembut – lebih lembut daripada jarimu! Selain itu, bulu halus dari sikat badger melapisi kulit dengan lebih baik dari apa yang kamu bisa lakukan dengan jarimu.

Jaga kebersihan pisau cukurmu

Terkadang, kita salah terhadap kulit sensitif kita dengan tidak menjaga agar pisau cukur kita selalu bersih. Anda mungkin tidak menyadarinya – atau mungkin Anda memilih untuk mengabaikannya – tapi pisau cukur dapat dengan cepat tertimbun oleh rambut, krim, dan kotoran pada umumnya. Hal ini akan mencegah pisau cukur Anda melakukan pekerjaan yang mulus, yang bisa menyebabkan ruam.

Lembutkan bulu-bulu rambutmu terlebih dulu

Ada beberapa bagian kulit yang lebih sulit dicukur dibanding yang lain, karena daerah ini lebih sensitif. Dan itu sudah menjadi pemberian. Dan bila daerahnya lebih sensitif, maka lebih sulit untuk mengeluarkan rambut dengan lancar. Ini hanyalah seperti matematika dasar,  rambut yang lebih lembut, maka akan semakin memerlukan sedikit pertarungan terhadap pisau cukur. Ini akan ditaklukkan dengan lebih cepat.

Untuk mendapatkan awal permulaan pada hal yang satu ini, maka ambil handuk dan rendam dalam air panas. Kemudian, tekan handuk ke wajahmu selama sekitar lima menit sebelum dicukur. Ini akan melebarkan pori-pori dan melembutkan rambutmu. Mata pisau dari pisau cukur kemudian bisa memotong rambut dengan lebih baik, tanpa harus terlalu menekan. Kamu juga kemudian perlu mengambil shave aid dan menerapkannya. Ini akan menambah perlindungan antara pisau dan kulit Anda – yang berarti kamu akan jauh lebih sedikit mengernyit!

Pastikan pisau cukurmu sudah sesuai dengan jenis bulu rambutmu

Jika kamu bekerja dengan pisau cukur yang tidak sesuai dengan bulu rambutmu, maka kamu akan menyebabkan gesekan yang tidak perlu terhadap kulit. Hal ini pada gilirannya akan menyebabkan banyak iritasi. Memang, semua cukuran menyebabkan gesekan, tapi kamu bisa mengurangi kerusakan dengan memilih pisau cukur yang tepat. Bagaimana kamu melakukan ini? Kamu perlu menentukan lebih dulu jenis rambutmu – terutama jika kamu memiliki kulit sensitif. Jika kamu memiliki tipe rambut lurus dan halus misalnya, maka gunakan pisau cukur yang memiliki tiga atau hanya dua mata pisau. Jika kamu memiliki rambut yang kasar, maka harus menggunakan pisau cukur tunggal.

Ikuti arah tumbuhnya rambut

Jika kamu memiliki kulit sensitif, maka jangan pernah mencukur melawan arah tumbuh rambut mu. Jika iya, ini bisa menjadi hal yang menyebabkan kamu mengalami iritasi. Ini sebenarnya adalah kesalahan sederhana yang banyak orang buat. Tapi sementara orang yang tanpa kulit sensitif bisa lolos begitu saja, mereka yang memiliki kulit sensitif tidak bisa. Ikuti selalu arah tumbuh rambut mu.

Bilas kulitmu usai bercukur

Terakhir, kamu harus selalu membasuh kulit Anda dengan air dingin setelah bercukur. Hal ini akan meminimalkan peradangan dan menutup pori-porimu.

0 comments… add one

Leave a Comment