≡ Menu
werno-werno.com

Tips Mengalahkan Cuaca Panas Di Musim Kemarau

Saat cuaca sedang panas-panasnya, dan terik matahari sangat terasa menyengat, kita merasa seperti sedang dipanggang. Keringat bercucuran, tenggorokan kering, rasa haus yang meronta, dan suhu tubuh yang memanas, semakin membuat kita merasa tidak nyaman di puncak musim kemarau. Jika kamu ingin tetap merasa nyaman dan sejuk selama musim kemarau, berikut adalah Tips Mengalahkan Panas Di Musim Kemarau yang bisa kamu ikuti :

Buatlah semprot teh peppermint

Seduhlah seteko teh peppermint, lalu masukkan ke dalam kulkas. Saat sudah berubah menjadi dingin, maka tuangkan ke botol spray dan semprotkan larutan tersebut ke tubuhmu. Lebih baik dari air, mentol dalam teh akan membuat kulitmu terasa semriwing dan sejuk.

Seduhlah teh bunga krisan

Entah itu dalam kondisi panas atau dingin, teh cryshantemum disajikan khusus untuk menurunkan suhu tubuh. Teh ini juga konon bisa menenangkan ruam akibat panas.

Bernafaslah seperti yogi

Lain kali saat kamu merasa kepanasan, lakukan beberapa menit pernapasan yoga. Gulung lidahmu dengan menarik kedua sisi ke atas ke arah tengah, lalu hirup udara masuk melalui mulutmu. Tahan napasmu, dan perlahan keluarkan napas melalui hidungmu. Ulangi langkah ini lima sampai 10 kali.

Buatlah pendingin ruangan (AC) buatan sendiri

Bekukan beberapa botol air dan letakkan di depan kipas lantai atau meja, dan kamu akan menikmati angin yang lebih sejuk dengan AC daruratmu. Tambahkan pula garam ke air terlebih dahulu sebelum dibekukan untuk mengalahkan panas lebih lama; kamu juga bisa mengganti botol es beku tadi dengan semangkok air es.

Lidah buaya

Kamu tentu tahu bahwa lidah buaya secara alami bisa menenangkan sengatan matahari, dan sifat pendinginannya juga bekerja untuk membantu mengalahkan panas. Untuk membuat ramuannya, buatlah spray dari bahan gel lidah buaya yang digabung dengan minyak witch hazel dan peppermint.

Makan makanan pedas

Jika kamu sudah berkeringat, mengapa kamu tidak mau berkeringat lebih banyak sekalian? Profesor ilmu makanan di Penn State University Luke LaBorde menawarkan jawaban ini: Mengonsumsi makanan pedas bisa meningkatkan sirkulasi darah dan membuatmu berkeringat, jadi kamu akan merasa lebih sejuk saat keringat telah mengering. Dr Oz menjelaskan bahwa capsaicin dalam paprika panas mendorong tubuh untuk berkeringat lebih banyak tanpa menaikkan suhu tubuh.

Penekanan pada titik-titik tertentu

Salah satu larutan untuk menurunkan suhu tubuh adalah dengan mengoleskan botol berisi air dingin di atas titik-titik tertentu seperti pergelangan kaki, pergelangan tangan, atau di belakang lutut.

Pakailah selimut dingin

Dinginkan tempat tidurmu dengan cara melipat seprai dan sarung bantal, lalu tempatkan di dalam kantong plastik, dan masukkan di lemari es selama beberapa jam. Kemudian tatalah tempat tidur ‘dingin’ ini sebelum kamu tidur agar terasa sejuk selama tidur.

Mandilah air dingin

Saat semua tips belum juga berhasil mengalahkan panas, maka mandilah air dingin secara teratur untuk menjaga suhu tubuhmu tetap rendah dan membilas keringat.

0 comments… add one

Leave a Comment