≡ Menu
werno-werno.com

Tips Mengecilkan Pori-pori & Mengendalikan Kulit Berminyak

Tahukan kamu? Wajah kita ditutupi oleh lubang-lubang kecil yang tak terhitung jumlahnya yang disebut dengan pori-pori, yang menyimpan minyak alami yang akan menjaga kulitmu tetap terlihat lentur dan sehat. Meski begitu, saat pori-pori mulai memproduksi minyak yang berlebih atau sebum, maka pori-pori bisa menjadi tersumbat dan menyebabkan munculnya jerawat. Beberapa pori-pori yang ada di hidung, pipi, dan dahi bisa menjadi terasa membesar seperti kulit jeruk, dan ketika mereka menjadi tersumbat dengan sebum berlebih, hasilnya adalah munculnya jerawat dan komedo yang berukuran besar pula. Untuk mencegah terjadinya peristiwa yang memalukan ini, maka cobalah untuk mengecilkan pori-porimu dan mengendalikan kulit berminyakmu di rumah, dengan mengikuti langkah-langkah berikut :

mengecilkan pori-pori yang besar

Langkah 1

Cuci mukamu dua kali sehari dengan teratur saat pagi hari dan sebelum tidur dengan menggunakan pembersih wajah yang ringan dan bebas sabun. Hindari menggosok wajahmu dengan keras saat mencuci muka, karena bisa mengiritasi kulit dan membuat jerawatmu semakin parah.

Langkah 2

Usapkan bola kapas yang direndam dengan astringent atau toner ke atas bagian wajah dimana minyak berlebih dan pori-pori besar berada, seperti dagu, hidung dan dahi. Astringent akan membantu mengurangi jumlah minyak di wajahmu sambil memperkecil pori-porimu.

Langkah 3

Oleskan losion pelembab pada kulit yang sudah bersih. Pilih produk pelembab bebas minyak yang berlabel “non comedogenic” atau “non acnegenic”.

Langkah 4

Terapkan masker wajah berbentuk clay ke wajahmu, minimal satu kali seminggu. Masker clay akan dengan lembut menghilangkan minyak berlebih dari kulitmu sambil mengurangi ukuran pori-porimu. Biarkan masker clay tetap berada di kulit sesuai dengan aturan pakainya, atau selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Langkah 5

Tekankan kertas penyerap minyak ke setiap area wajahmu, dimana kamu melihat pori-porinya berukuran besar dan mengkilap yang terkait dengan kelebihan minyak. Kertas penyerap minyak sudah banyak tersedia di toko peralatan kecantikan atau toko obat.

Langkah 6

Bicaralah ke ahli kulit tentang resep obat dan perawatan yang tersedia untuk mengatasi kulit berminyak atau mengurangi tampilan pori-pori yang besar. Biasanya dermatologist akan meresepkan krim oles yang mengandung tazarotene dan accutane, yang akan mengecilkan pori-pori dan mengurangi jumlah sebum di wajahmu.

0 comments… add one

Leave a Comment