Tips Mengendalikan Asupan Kalori

by Ummi on November 17, 2016

Dengan mengurangi asupan kalori tidak hanya berarti menghilangkan beberapa kilo berat badan saja namun juga menurunkan resiko terkena penyakit, menstabilkan gula darah, dan meningkatkan kesehatan jantung dan masih banyak lagi. Meski kedengarannya itu masuk akal, namun banyak orang masih banyak berjuang saat berurusan dengan bagaimana menurunkan asupan kalori mereka. Hal inilah yang menjadikan tujuan penurunan berat badan menjadi tugas yang sangat sulit. Dan kamu perlu ingat, bahwa penurunan berat badan hanya terjadi jika asupan kalorimu lebih sedikit atau sama dengan jumlah kalori yang mampu kamu bakar dengan aktifitas fisik.

Berikut adalah beberapa tips sederhana dan efektif yang bisa kamu terapkan ke dalam rutinitas harianmu untuk membatasi dan mengendalikan asupan kalori :

Makanlah dalam piring yang lebih kecil

Hanya dengan mengubah perangkat makanmu ke dalam ukuran yang lebih kecil, bisa membuatmu makan lebih sedikit, sehingga membantu menurunkan berat badan. Porsi makanan akan terlihat lebih besar dalam piring yang lebih kecil dan minuman tampak menjadi lebih banyak jika di taruh dalam gelas yang lebih ramping dan tinggi.

Selain ukuran, warna dari perangkat makanmu juga berpengaruh. Pilihlah piring dengan warna yang kontras dengan makanan yang biasanya kamu makan. Jadi, dengan menggunakan piring yang lebih kecil dan gelas yang lebih tipis dapat memainkan peran penting dalam mencegah makan berlebihan yang tidak disengaja dan asupan kalori tinggi.

Minumlah banyak air putih

Untuk mengurangi asupan kalori serta rasa lapar, mulailah minum segelas besar air putih sebelum makan. Air adalah salah satu minuman tersehat di dunia dan benar-benar bebas kalori. Sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism melaporkan bahwa ada pengaruh positif dari air dalam pengeluaran energi dan pemanfaatan bahan bakar. Bahkan, pentingnya asupan air harus diakui sebagai faktor pengacau yang kuat dalam studi metabolisme.

Perhitungkan jumlah kalori makanan penutup yang kamu makan

Banyak dari kita yang merupakan penyuka makanan manis dan berakhir dengan makan lebih banyak makanan penutup daripada yang seharusnya. Ini akhirnya secara drastis meningkatkan asupan kalori kita. Dalam laporan 2015, the Dietary Guidelines Advisory Committee telah mengutip bahwa gula sebagai salah satu masalah kesehatan terbesar dan melaporkan bahwa gula membuat 10 persen atau kurang dari asupan kalori harian kita. Gula dalam makanan penutup meningkatkan risiko berbagai penyakit serius, termasuk obesitas, diabetes dan penyakit kardiovaskular.

Jadi, terlepas dari berapa banyak kamu akan ketagihan sesuatu yang manis, cobalah dan batasi jumlah makanan manis yang kamu makan. Hanya makan makanan manis sekali seminggu bisa membuat perbedaan besar dalam upaya status kesehatan dan penurunan berat badan.

Makanlah telur untuk sarapan

Makan telur untuk sarapan adalah sesuatu yang setiap orang harus ikuti, terutama mereka yang memperhitungkan kalori mereka. Bahkan, memulai hari dengan sarapan protein berkualitas tinggi seperti telur adalah cara yang bagus untuk mempromosikan rasa kenyang tahan lama dan mengurangi konsumsi kalori. Dengan hanya 70 kalori, telur merupakan sumber protein berkualitas tinggi serta vitamin D dan lemak. Makan telur membantu mempertahankan tingkat energi dan membuatmu puas sampai makan siang.

Bawa selalu minuman dan camilan pilihanmu

Makanan ringan yang tidak sehat dan minuman ringan tinggi kalori harus kamu hindari untuk menjaga dirimu tetap tampil ideal. Namun, ketika kamu berada di luar menghabiskan waktu dengan teman-teman dan keluarga, kecenderungan mungkin tinggi untuk makan makanan dan minuman yang tidak sehat. Kamu dapat dengan mudah mengambil burger atau botol cola, dan itu praktek yang sudah umum juga.

Untuk mencegah diri dari mengunyah makanan ringan yang tidak sehat atau minum minuman bersoda, mulailah selalu membawa botol air besar dan beberapa makanan ringan yang sehat ke manapun kamu pergi. Membawa bersama minuman dan makanan ringan pilihanmu sendiri bekerja sebagai pengingat bahwa kamu sedang berada di sebuah misi dan tidak akan merusak motivasimu untuk mencapai tujuanmu.