≡ Menu
werno-werno.com

Tips Menggunakan Alat Tes Kehamilan

Saat tubuh sudah mulai merasakan gejala dan tanda awal kehamilan, ada baiknya jika memastikannya sendiri dengan menggunakan alat tes kehamilan. Alat ini sangat mudah digunakan dan dijual bebas di apotek. Alat tes kehamilan saat ini dikatakan sudah mampu mendeteksi kehamilan pada 1-5 hari setelah terlambat menstruasi. Keakuratan dari alat ini juga sangat terpercaya. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakannya di rumah, diantaranya adalah:

Tips Menggunakan Alat Tes Kehamilan

  • Masa kedaluarsa

Sangat penting untuk memastikan tanggal kedaluarsa yang tertera pada kemasan. Jadi, baca terlebih dahulu kapan tanggal, bulan, dan tahun kedaluarsanya.

  • Tempat penyimpanan

Jika alat ini disimpan di tempat yang terlalu lembab, seperti kamar mandi atau terkena langsung paparan sinar matahari, sebaiknya jangan digunakan lagi. Belilah alat tes yang baru, karena dikhawatirkan alat tersebut sudah rusak.

  • Nilai sensitifitas

Masing-masing alat tes memiliki nilai sensitivitas berbeda. Semakin sensitive sebuah alat tes, maka semakin akuratlah pendeteksian kehamilan dari alat tersebut. Sensitivitas diukur dengan mIU/ml, artinya seberapa rendah jumlah HCG dalam urine yang dapat membuat hasil tes positif.

  • Aturan pakai

Ikuti dengan benar setiap instruksi yang tertera dalam kemasan. Ada dua tipe alat tes kehamilan, ada yang digunakan dengan cara memasukkan strip ke dalam urine yang sudah ditampung dan ada juga yang langsung dengan meneteskan urine pada kertas indikatornya.

  • Waktu pengambilan urine

Sebaiknya, jangan terlalu dini menggunakan alat tes kehamilan. Proses implementasi (menempelnya) embrio ke dinding rahim pada tiap wanita berbeda-beda. Setidaknya memerlukan waktu antara 6-12 hari setelah pembuahan. Dokter biasanya menyarankan minimal menggunakan alat tes setelah satu minggu keterlambatan menstruasi. Selain itu, alat tes tersebut paling akurat jika digunakan pada urine yang pertama kali keluar, yakni di pagi hari setelah bangun tidur..

1 comment… add one

Leave a Comment