Tips menghilangkan noda membandel pada pakaian putih

by Ummi on November 22, 2014

Noda merupakan kata yang menakutkan jika itu dikaitkan dengan ritual cuci mencuci. Apalagi, di musim penghujan sekarang ini. Aktivitas padat yang dilakukan anak-anak pasti sangat berkaitan erat dengan yang namanya kotoran dan noda. Lumpur dan kotoran merupakan noda yang tidak bisa dihindari saat mencuci. Menjaga pakaian seragam putih pada saat musim hujan sekarang ini akan sangat sulit. Untuk mengatasinya, berikut adalah tips untuk menghilangkan noda membandel pada pakaian seragam anak Anda:

Tips cara menghilangkan noda membandel pada pakaian putih

  1. Keringkan kotoran terlebih dahulu.

Jika noda itu berasal dari lumpur yang masih basah, maka biarkanĀ  noda itu kering secara sempurna. Jangan mencoba untuk mengusap noda saat dalam kondisi basah. Ini hanya akan menyebarkan noda dan semakin mengotori seluruh baju, yang akan membautnya masuk ke dalam serat kain. Setelah kotoran tadi benar-benar kering, sikat atau ambil dengan hati-hati tanpa mencoba mencampurnya dengan kain. Gunakan sikat gigi atau sikat kecil untuk menghilangkan noda dari pakaian seragam.

  1. Gunakan deterjen cair

Hal selanjutnya yang harus dilakukan untuk merawat pakaian seragam putih adalah dengan menggunakan beberapa tetes deterjen cair pada noda. Lalu, gosok noda tersebut menggunakan ibu jari dan jari telunjuk. Lalu, tambahkan beberapa tetes air dan terus gosoklah noda tersebut dengan gerakan memutar. Atau kamu juga bisa gunakan sikat untuk menggosoknya. Ulangi proses ini terus hingga noda benar-benar hilang.

  1. Perawatan kain

Setelah lumpur dikeringkan, ada baiknya untuk mengikuti intruksi dari panduan perawatan bahan kain. Hal ini akan membantumu menjaga kualitas bajumu saat kamu mencoba menghilangkan noda. Cek dengan seksama jika noda sudah benar-benar hilang. Jangan biarkan baju menjadi kering sebelum noda dihilangkan, karena akan menyebabkan noda tersebut menetap.

  1. Noda membandel

Saat noda sudah menetap dan merasuk ke dalam serat kain, maka akan cukup sulit untuk mebersihkan pakaian putih tersebut. untuk menghilangkannya, kamu bisa mencucinya secara manual dengan tangan. Kamu bisa membersihkannya dari kedua sisi pakaian. Gunakan sikat gigi atau sikat kecil untuk menggososk noda. Tapi, terlebih dahulu gunakan deterjen selama sekitar 1 jam untuk merendam pakain sebelum dicuci..