Tips Mengobati Jari-jari Tangan Yang Bengkak

by Ummi on May 7, 2016

Selain kaki bengkak, jari-jari tangan bengkak juga merupakan salah satu masalah yang kerap kita alami. Kita menggunakan jari-jari tangan hampir secara terus menerus tiada henti, sehingga bengkak atau sakit yang ringan sekalipun bisa menyebabkan banyak ketidaknyamanan, atau yang lebih buruk lagi, membuat kita sulit untuk menggerakkan jari sama sekali.

cara mengobati jari bengkak

Ada banyak alasan mengapa jari-jari tangan bisa mengalami bengkak, dan kebanyakan dari mereka tidaklah berbahaya. Biasanya, ini merupakan akibat dari inflamasi (peradangan) atau penumpukan cairan.

Jari bengkak bisa disebabkan oleh gigitan serangga, cidera seperti jari terkilir, ruam, retensi cairan, infeksi, paparan suhu ekstrim, asupan garam tinggi atau perubahan hormon dalam tubuh. Hal ini juga dapat menjadi akibat dari masalah kesehatan yang mendasarinya, seperti bursitis, carpal tunnel syndrome, selulitis, kista ganglion, infeksi jamur di sekitar kuku, osteoarthritis, rheumatoid arthritis dan artritis septik, untuk beberapa contoh.

Seiring dengan pembengkakan, mungkin ada gejala lain, seperti kemerahan, memar, kelelahan, nyeri, benjolan di sepanjang jari, mati rasa atau sensasi kesemutan dari kompresi saraf, berkurangnya rentang gerak, kekakuan dan bengkak sendi. Kasus jari bengkak yang ringan bisa sembuh dengan berjalannya waktu. Untuk mengurangi pembengkakan dan rasa sakit lebih cepat, kamu dapat mencoba beberapa pengobatan rumahan. Namun, jika pembengkakan disertai dengan sakit parah, pegangan yang lemah atau demam, maka segeralah berkonsultasi ke dokter karena dapat disebabkan oleh trauma berat atau masalah mendasar yang serius.

Berikut ini akan kami ulas tentang cara mengobati jari tangan bengkak secara alami :

Contrast hydroterapy

Baik perawatan menggunakan air dingin ataupun hangat, keduanya sudah populer dikenal sebagai hydroterapy (terapi air), yang dapat membantu mengobati jari bengkak. Air hangat membantu meningkatkan sirkulasi dan air dingin memainkan peran kunci dalam mengurangi bengkak dan inflamasi.

  • Isilah dua mangkuk kecil dengan air, yang satu dengan air dingin dan yang satunya dengan air hangat.
  • Pertama-tama, rendam jarimu yang bengkak di dalam air hangat selama 3-4 menit.
  • Lalu, taruh jarimu ke air yang dingin selama 1 menit.
  • Lanjutkan langkah ini secara bergantian selama 15 hingga 20 menit.
  • Ulangi perawatan ini 3 atau 4 kali sehari hingga kamu merasa mendingan.

Menaikkan jari yang bengkak

Sirkulasi darah yang buruk merupakan salah satu alasan kunci dibalik bengkak yang terdapat di setiap bagian tubuh, termasuk jari-jari. Untuk mengurangi bengkak akibat sirkulasi yang buruk, maka angkat tanganmu dan jari-jarimu diatas batas dada. Hal ini akan membantu meningkatkan sirkulasi darah dan meringankan rasa tidak nyaman seperti bengkak, nyeri, dan peradangan.

Jagalah agar jarimu yang bengkak tetap terangkat naik di atas batas dada. Duduklah di kursi yang tinggi, angkat tanganmu ke atas dan letakkan mereka di atas tepian kepala kursi. Untuk menjaga agar jarimu tetap terangkat ketika tidur, maka letakkan beberapa bantal di atas tanganmu. Jaga pula tangan dan jari-jarimu terangkat selama beberapa kali sehari.

Pijatan minyak hangat

Pijatan minyak hangat yang lembut juga bisa sangat membantu dalam mengurangi bengkak. Pijat bisa membuat rileks otot-otot yang kaku, menstimulasi otot dan meningkatkan sirkulasi darah di area yang terdampak. Sebagai bonusnya, pijat juga akan mendorong pengeluaran kelebihan cairan, yang menjadi penyebab utama bengkak.

  • Hangatkan minyak zaitun didalam microwave.
  • Oleskan minyak hangat tersebut ke bagian jari yang bengkak.
  • Gunakan jari jempol dan telunjuk dari salah satu tangan, dan pijatlah dengan lembut bagian jari yang bengkak dari tangan yang satunya, mulai pemijatan pada ujung jari dan bergeraklah terus ke bawah.
  • Pijat jarimu selama 5 menit.
  • Lakukan pijat ini selama beberapa hari.

Catatan : jika dengan memijat justru menyebabkan sakit yang lebih parah, maka hentikan dan berkonsultasilah ke dokter.

Menggerakkan jari

Jika jarimu bengkak akibat sirkulasi darah yang buruk, tegang atau retensi cairan, maka cobalah untuk melatih menggerakkan jari untuk mengurangi bengkak. Latihan akan menyebabkan lebih banyak darah yang mengalir ke area jari, yang akan merangsang tekanan untuk mengurangi retensi cairan. Latihan juga akan mengurangi ketegangan di otot-otot di sekitar jari yang bengkak. Meregangkan jari adalah salah satu latihan terbaik untuk dicoba.

  • Lepaskan setiap cincin sebelum melatih jari-jarimu.
  • Pelan-pelan kepalkan jarimu membentuk tinju dan tahan selama 1 menit.
  • Perlahan-lahan, buka tinjumu dan regangkan jarimu keluar.
  • Ulangi putaran ini beberapa kali.
  • Lakukan latihan ini beberapa kali sehari.

Kunyit

Kunyit mengandung bahan aktif curcumin, yang menawarkan khasiat antioksidan dan anti inflamasi. Kunyit membantu berbagai macam kondisi kesehatan, seperti arthritis, otot keseleo, dan cidera lain yang menyebabkan jari bengkak. Studi 2012 yang terbit di Therapeutic Advances in Musculoskeletal Disease menunjukkan hasil positif dari kunyit dalam merawat dan mengendalikan rasa sakit.

  • Campur ½ sendok teh bubuk kunyit dengan sedikit minyak zaitun untuk membuat pasta.
  • Oleskan pasta ini di atas jari yang bengkak.
  • Biarkan mengering selama beberapa waktu, lalu bilas dengan air hangat.
  • Ulangi dua kali sehari untuk mengobati rasa sakit dan bengkak.

Cuka sari apel

Cuka sari apel juga bisa menghilangkan rasa tidak nyaman dari jari bengkak. Kandunagn potassiumnya yang tinggi membantu mengurangi retensi cairan, yang menjadi penyebab umum dari bengkak. Faktanya, salah satu gejala serius dari defisiensi potassium adalah edema. Asam acetic yang terdapat dalam cuka sari apel membantu mempertahankan keseimbangan pH yang tepat dalam tubuh dan juga membantu mencegah tingginya kadar asam urat dalam tubuh.

  • Rendam handuk kecil ke dalam larutan yang berisi air hangat dan cuka sari apel dalam jumlah yang sama. Peras sisa air dan bungkus jari yang bengkak dengan menggunakan handuk ini selama 10 menit. Lakukan proses ini beberapa kali sehari.
  • Juga, tambahkan pula 2 sendok makan cuka sari apel ke dalam segelas air. Tambahkan sedikit madu dan minum dua kali sehari.

Kurangi asupan garam

Asupan garam yang tinggi adalah faktor lain yang berkontribusi dalam pembengkakan di bagian tubuh yang berbeda, termasuk jari-jari. Jumlah sodium yang tinggi bisa membuat tubuh mempertahankan kelebihan cairan, yang pada gilirannya menyebabkan pembengkakan karena edema. Dengan membatasi asupan garam, kamu akan mengurangi kemungkinan mempertahankan cairan ekstra. Cobalah untuk makan kurang dari 2.300 mg sodium (atau sekitar 1 sendok teh garam) setiap hari.