≡ Menu
werno-werno.com

Tips Mengobati Mata Kering Secara Alami

Mata kering, atau yang biasa disebut dengan dry eye syndrome, terjadi ketika air matamu tidak menyediakan cukup lubrikasi (pelumasan) bagi matamu. Hal ini bisa menyebabkan banyak sekali ketidaknyamanan dan menghasilkan beberapa tanda dan gejala.

Beberapa tanda dan gejala dari mata kering adalah sensasi menyengat atau terbakar di mata, munculnya lendir yang berselaput di atau di sekitar mata, kelopak mata yang saling menempel ketika bangun tidur (belekan), peningkatan kepekaan terhadap cahaya, kemerahan di mata, sensasi memiliki sesuatu yang mengganjal di mata (terutama saat mengenakan lensa kontak), kesulitan mengemudi di malam hari, dan penglihatan kabur atau kelelahan mata.

Mata kering dapat disebabkan oleh faktor medis dan lingkungan. Biasanya, mata kering disebabkan oleh kurangnya produksi air mata yang memadai. Tapi bukan air mata akibat dari menangis, melainkan air mata yang dihasilkan oleh kelenjar air mata untuk menjaga permukaan mata tetap halus dan jernih, serta membantu melindungi mata dari infeksi. Kelenjar air mata dapat menghasilkan air mata yang tidak memadai sebagai akibat dari penuaan, kondisi medis (diabetes, rheumatoid arthritis, lupus, scleroderma, gangguan tiroid dan kekurangan vitamin A), obat-obatan tertentu, operasi laser mata dan kerusakan kelenjar air mata akibat dari peradangan atau radiasi.

Kadang-kadang, peningkatan penguapan air mata atau ketidakseimbangan dalam susunan air mata juga dapat menyebabkan masalah ini. Hal ini dapat disebabkan oleh paparan angin, rokok atau udara kering; udara panas yang bertiup; kurangnya berkedip sambil berkonsentrasi pada beberapa pekerjaan seperti saat mengemudi atau bekerja di depan komputer; dan beberapa jenis masalah kelopak mata.

Faktor risiko tertentu dapat meningkatkan kesempatanmu untuk memiliki mata kering. Diantaranya adalah berusia lebih tua dari 50 tahun, menjadi seorang wanita (karena perubahan hormon), alergi kronis, tidur dengan mata sedikit terbuka, memakai lensa kontak, makan diet yang rendah vitamin A dan asam lemak omega-3. Jika tidak segera diobati, mata kering dapat mengakibatkan komplikasi. Berikut adalah beberapa tips untuk mengobati mata kering secara alami :

Rajin Mencuci mata

Orang dengan mata kering cenderung terus menggosok mata mereka, yang mana itu justru harus dihindari untuk mengurangi peradangan. Untuk meringankan ketidaknyamanan ini dan menjaga kebersihan mata yang tepat, direkomendasikan bahwa kamu harus sering mencuci kelopak mata beberapa kali sehari.

  1. Masukan beberapa tetes sampo bayi pada ujung jarimu yang bersih.
  2. Dengan mata tertutup, pijat dengan lembut kelopak mata yang ada di dekat pangkal bulu matamu.
  3. Bilas sabunnya sepenuhnya dari kelopak mata dengan menggunakan air suam-suam kuku.
  4. Lakukan ini sekali atau dua kali sehari.

Kompres air hangat

Sebuah cara yang sangat nyaman mengatasi mata kering adalah dengan menggunakan kompres hangat. Panas dari kompres meningkatkan sirkulasi darah ke daerah tersebut dan meningkatkan produksi air mata. Hal ini juga akan menenangkan iritasi mata dan meringankan gejalanya.

  1. Rendam kain lap bersih yang lint-free ke dalam air panas dan peras kelebihan airnya.
  2. Letakkan kain yang hangat, lembab ini di atas kelopak mata yang tertutup hingga 10 menit sekali waktu (tidak lebih dari itu). Pastikan untuk membasahi lagi kainnya dengan air hangat ketika sudah mendingin.
  3. Terakhir, berikan matamu bilasan yang baik dengan air suam-suam kuku.
  4. Gunakan perawatan ini setidaknya dua kali sehari sampai gejalanya mereda.

Catatan: Bila menggunakan kompres untuk matamu, jaga suhunya berada di 108 derajat Fahrenheit dan tidak lebih tinggi dari itu.

Makan lebih banyak makanan kaya Omega-3

Mata kering juga dapat disebabkan kurangnya asam lemak esensial dalam dietmu, terutama asam lemak omega-3. Omega-3 membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dan juga merangsang produksi air mata dan menaikkan kualitas air mata. Selain itu, asam lemak merupakan komponen penting dari molekul lemak, yang menjaga matamu tetap sehat.

Sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam International Journal of Ophthalmology menyimpulkan bahwa asam lemak omega-3 memiliki peran positif untuk sindrom mata kering serta dalam kondisi medis tertentu, seperti blepharitis dan penyakit kelenjar meibom.
• Sertakan makanan yang kaya asam lemak omega-3 dalam dietmu. Sumber yang baik dari nutrisi ini mencakup lemak ikan dan minyak ikan, bubuk biji rami dan minyak biji rami, biji chia, biji wijen, almond, dan kenari.
• Kamu juga dapat mengambil suplemen omega-3, setelah berkonsultasi dengan doktermu.

Minyak kelapa

Minyak kelapa dapat bertindak sebagai agen pembasahan untuk mata dan memainkan peran kunci dalam mengurangi gejala mata kering. Selain komposisi asam lemak di dalamnya banyak membantu, minyak kelapa juga bertindak sebagai lapisan pelindung di atas lapisan film air mata untuk membantu mengurangi penguapan air mata. Plus, memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan oleh mata kering.

Sebuah studi 2015 yang diterbitkan dalam Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine menyimpulkan bahwa minyak kelapa murni bisa bertindak sebagai tetes mata pembasahan yang aman dan tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan dalam parameter terukur dibandingkan dengan obat tetes mata merek komersial dan garam. Namun, penyelidikan lebih lanjut harus dilakukan untuk menentukan kemanjurannya untuk terapi mata kering.

  • Rendam bola kapas dalam minyak kelapa. Tempatkan langsung pada kelopak mata yang tertutup selama 15 menit. Gunakan obat ini secara teratur sepanjang hari.
  • Juga gunakan minyak kelapa untuk melakukan oil pulling, setiap hari di pagi hari pada waktu perut kosong untuk menghilangkan racun dari tubuh yang dapat memberikan kontribusi untuk mata kering.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

0 comments… add one

Leave a Comment